Mengintip Hasil Sambung Susu pada Kelengkeng setelah 55 Hari

daunijo.com_ Hari ini 55 hari sudah sejak dilakukannya proses praktek sambung susu pada tanaman kelengkeng. Bagaimanakah hasilnya? Umumnya tanaman yang berhasil disambung dengan baik akan menampakkan ciri batang sambung pada ujung akhir tali terlihat menggembung atau menggelembung. Hal ini terjadi akibat pertumbuhan dan pertambahan volume kedua batang yang telah menyatu dan pulih dari lukanya dengan baik.

Lama Waktu sambung susu pada tanaman
Beberapa praktisi mematok waktu satu setengah hingga dua bulan untuk mulai membuka atau memisahkan hasil sambung susu pada tanaman. Tentunya kita tidak harus berpatokan pada ini namun tetap disesuaikan dengan kondisi tanaman yang ada. Tanaman dengan kulit dan kayu yang keras kurang getah umumnya lebih lama pemulihan pada luka sambung dibandingkan tanaman yang bertekstur lebih lunak dan basah. Jika tanaman terlihat belum siap untuk dipisahkan, berikan saja waktu tambahan.

Salah satu indikator berhasilnya sambungan adalah bagian atas sambungan nampak tanda-tanda masih hidup dan bunga yang terbentuk saat awal dilakukan penyambungan bahkan sudah berubah menjadi buah. Untuk indikator batang bawah yang hidup dapat dilihat dari munculnya beberapa tunas baru di bawah ikatan tali sambungan. Jika tunas baru tidak muncul atau sudah dipangkas, pengecekan dapat dilakukan dengan menggores, sedikit saja, kulit batang dengan kuku atau pisau. Jika tampak warna hijau segar pada kulit, tandanya batang bawah masih hidup dan bekerja dengan baik.

Mengecek Hasil Sambungan
Jika anda ingin melihat perkembangan sambungan dengan membuka tali plastiknya, terlebih dahulu berikan tambahkan tali pelindung atau tali pengaman di bagian bawah area ikatan. Tali pelindung berfungsi agar hasil sambungan tidak terungkit atau “njepat”akibat dibukanya tali sambungan. Sambungan yang terungkit akan terbuka lagi dan akan banyak gagalnya, sayang bukan.

luka-sambung-susu-yang-menutup

Berikut ini perkembangan hasil sambung susu pada tanaman kelengkeng yang pada hari ke-55. Proses sambung susu ini dapat dilihat pada artikel sebelumya “Cara Sambung Susu pada Tanaman Kelengkeng“. Permukaan yang disambung nampak sudah disatukan oleh jaringan yang baru sehingga saling merekat satu sama lain.

Cara Memutus sambung susu secara bertahap
Untuk meminimalkan kegagalan sambung susu, proses pemotongan sambungan lepas dari pohon induknya dapat dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama, batang atas yang hendak dipotong dikerat dulu kira-kira separuh bagian. Lokasi pengeratan tentunya dilakukan di bagian bawah dari tali sambungan.

kerat-separuh-batang-atas

Kira-kira satu minggu setelah pengeratan pertama, bisa dilakukan pemotongan total. Pemotongan hendaknya tetap dilakukan dengan hati-hati agar sambungan tidak goyah.

ikat-ulang-sambung-susu-kelengkeng

Sambil menunggu pemotongan atau pemisahan total alias “turun sambung”, sambungan bisa dikuatkan lagi dengan ikatan tali untuk memastikan hasil penyambungan tidak terganggu. Ikatan terutama pada bagian yang rawan lepas, yaitu bagian bawah.

Tips: Pemupukan batang bawah seminggu sebelum disambung
Beberapa praktisi di lapangan menyarankan aplikasi pemupukan untuk meningkatkan “getah” pada batang bawah yang akan disambung. Pemberian satu sendok pupuk NPK pada batang bawah dapat meningkatkan produksi getah pada tanaman. Permukaan yang lebih basah akibat kadar getah yang tinggi akan mempercepat dan mempertinggi keberhasilan proses penyatuan sambungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *