Cara Sambung Susu pada Tanaman KeLengkeng

daunijo.com-Praktek cara sambung susuan pada tanaman buah Lengkeng. Teknik sambung susu menjadi salah satu alternatif pemuliaan tanaman kelengkeng. Dengan sambung susu dapat dihasilkan tanaman buah kelengkeng yang memiliki akar kuat, dan dapat berbuah di dataran rendah. Selain itu, pohon yang ditanam dengan cara sambung susu mampu berbuah lebih cepat dibandingkan tanaman yang berasal dari biji. Kelebihan lainnya adalah jenis karakter buah yang sudah diketahui akan sama dengan buah dari induk batang atas yang digunakan.

Kelengkeng Itoh untuk Batang Bawah
Untuk mendapatkan pohon yang cepat besar dengan perakaran yang kuat serta pertumbuhan yang bagus, seorang pemilik kios bibit tanaman di kawasan Besole Klaten, menyarankan penggunaan kelengkeng berjenis itoh. Alasannya adalah jenis ini dapat cepat tumbuh besar dan memiliki akar yang kuat. “Kelengkeng itoh lebih cepat besar pertumbuhannya dibanding jenis kelengkeng lain”, katanya.

“Cuman kelengkeng ini tidak dapat berbuah jika ditanam di dataran rendah yang panas”, katanya sambil menawarkan bibit pohon kelengkeng yang belum pernah disambung untuk praktek sambung susu sebagai batang bawah. Akhirnya terbeli juga bibit kelengkeng dua biji dengan harga cukup murah.

batang-bawah-kelengkeng-sambung

 Membuat sayatan batang bawah
Batang bawah yang sudah dipersiapkan kemudian dipotong agak panjang setinggi 20 cm dari tanah. Untuk persiapan jika sambungan gagal, bisa dicoba lagi pada batang yang sama lebih sedikit dibawah sambungan yang gagal.

sayatan-batang-bawah-kelengkeng
Sayatan batang bawah

Batang disayap lancip bisa dari satu sisi saja, atau disayat dua sisi depan belakang hingga hasil sayatan membentuk prisma segitiga jika dilihat dari sisi samping.

sayatan-depan-belakang-kelengkeng

Membuat sayatan batang atas
Batang atas yang digunakan berjenis kelengkeng pingpong, yang dapat berbuah di dataran rendah maupun daerah berhawa panas. Entres atas dipilih dari pohon lengkeng yang sudah berkali-kali berbuah hingga kualitas buahnya sudah teruji bagus. Pilih ranting cabang yang memiliki ukuran sama dengan batang bawah sambungan. Sayat batang atas memanjang dengan ukuran setengah dari diameter batang. Panjang sayatan kurang lebih sama dengan sayatan yang dibuat pada batang bawah.

sayatan-batang-atas-kelengkeng-sambung-susuan
Bukaan sayatan batang atas, tampak samping.

Cara sambung susu pada kelengkeng
Selipkan batang bawah ke tengah sayatan batang atas seperti gambar photo di bawah. Setelah tepat kedua permukaan menempel segera ikat dengan tali plastik. Pastikan kedua permukaan sambungan menyatu dengan baik.

sambung-susu-kelengkeng

Hasil sambungan setelah diikat tali dengan erat. Jika polibag yang digunakan untuk batang bawah kecil dan tidak terlalu berat, polibag dapat diikat ke ranting atau cabang terdekat agar sambungan tidak terbebani bobot media polibag. Agar media dalam polibag tidak tumpah, ikat ujung polibag ke tanaman batang bawah.
ikatan-sambung-susu-lengkeng

Untuk polibag yang cukup besar dan berat dengan media, dapat dibuatkan dudukan agar posisi sambungan rileks dan tidak patah karena tertarik ke bawah. Pemberian dudukan dilakukan sebelum proses penyambungan agar pekerjaan dapat dilakukan dengan nyaman.

dudukan-sambung-susu-lengkeng

“Yang namanya sambung-menyambung tanaman itu adakalanya gagal juga mas, bukan seratus persen selalu berhasil”, imbuh bapak pemilik kios saat ditanya tentang jaminan keberhasilan proses menyambung. Sambil ditunjukkan beberapa bibit yang gagal sambung di deretan bibit buah-buahan.

Untuk perawatan sambungan, cukup dengan dilakukan penyiraman pada media batang bawah. Media yang kering kekurangan air dapat menyebabkan batang bawah mati dan gagalnya proses penyambungan.

Hasil praktek sambung susu pada kelengkeng di atas dapat dilihat disini.

4 thoughts on “Cara Sambung Susu pada Tanaman KeLengkeng

  1. nurdiyantori

    saya senang budidaya tanaman buah saya akan mencoba cara sambung sesui artikel.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *