Aneka Macam Herbal Dedaunan atau Tanaman untuk Budidaya Ikan Lele

Sebagian peternak tidak cukup hanya memberikan pakan dan pergantian air sebagai aktivitas utama pemeliharaan ikan lelenya. Selain dua aktivitas utama tadi, tambahan bahan dari dedaunan atau herbal juga diberikan untuk berbagai tujuan. Di antara tujuan yang diberikan adalah perlindungan atau naungan pada kolam, menambah nafsu makan ikan lele, mencegah penyakit, mengobati penyakit ikan lele hingga sebagai upaya menjaga kualitas dan kestabilan pH air kolam.

Berikut ini tanaman-tanaman yang berhubungan dengan pemeliharaan ikan lele di kolam untuk berbagai keperluan tadi. Beberapa bahan atau tanaman sebagian mudah diperoleh ataupun dapat juga mulai anda kembangkan untuk mendampingi ternak ikan lele yang dipelihara jika memungkinkan.

Tanaman Pepaya
Daun pepaya utuh dapat dijadikan naungan atau tempat peristirahatan untuk benih ikan. Larva-larva ikan senang sekali berkumpul di atas daun pepaya yang diapungkan di atas air kolam. Selain istirahat, kemungkinan juga untuk lebih mudah memperoleh kandungan udara yang lebih tinggi karena dekat permukaan air. Daun pepaya juga dipercaya baik untuk kesehatan ikan.

Tanaman Pisang
Daun pisang seperti juga daun pepaya juga dapat dijadikan naungan dari terik matahari ataupun tempat peristirahatan benih ikan. Saat kepadatan kolam terlalu tinggi, dasar kolam akan hampir penuh dengan benih ikan, sebagian lagi akan lebih senang berada di atas daun pisang  seperti berada dalam rumah susun bertingkat saja. Selain daunnya, batang pisang juga dipercaya untuk kestabilan pH air kolam.

Tanaman Kelapa
Daun kelapa umumnya diberikan di atas kolam untuk naungan membatasi panas matahari yang masuk. Dari sela-sela jarak antar daun masih dimungkinkan sinar matahari masuk ke kolam hingga tidak total tanpa sinar yang masuk ke kolam. Dibandingkan dedaun yang lain, daun kelapa dapat digunakan relatif tahan lama hingga berbulan-bulan.

Tanaman Eceng Gondok
Enceng gondok selain untuk tempat naungan juga dipercaya dapat memperbaiki kualitas air kolam.  Tanaman yang dapat mengapung di air ini mengambil nutrisi dari dalam air kolam yang mengandung bekas sisa bahan atau kotoran ikan. Karena cepat berkembang biak, pertumbuhan enceng gondok dapat dibatasi hingga tidak menutup seluruh area kolam hingga menghalangi sinar matahari dan menyulitkan proses pemberian pakan.

Tanaman Ketapang
Tanaman ini dari daunnya dapat sering dimanfaatkan untuk kestabilan pH air kolam, yaitu dengan memanfaatkan rendaman daunnya.

Tanaman Mengkudu
Buah tanaman ini seringkali dicampurkan ke dalam pakan untuk pencegahan penyakit dan kesehatan ikan. Juga buah ini dipercaya mengurangi agresivitas ikan hingga kanibalisme dapat dikurangi.

Tanaman Jahe
Jahe yang biasa untuk jamu atau minuman manusia ini juga dipercaya baik untuk kesehatan ikan. Salah satunya berkaitan dengan kondisi perut ikan yang kembung.

Tanaman Temu Lawak
Temu lawak dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan pada ikan lele.

Tanaman Kunyit
Kunyit atau kunir ini pada ikan lele dipercaya dapat mengobati beberapa macam penyakit yang disebabkan beberapa jenis bakteri patogen.

Selain tanaman-tanaman di atas, banyak bagian tanaman yang dapat diberikan pada ikan lele sebagai pakan tambahan. Daun ketela rambat, daun ketela pohon hingga daun lamtoro atau metir dapat dimanfaatkan untuk keperluan ini.

2 thoughts on “Aneka Macam Herbal Dedaunan atau Tanaman untuk Budidaya Ikan Lele

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *