(Ask) Bagaimana Ya Cara Membuat Bonsai Kelapa yang Benar

daunijo.com- Ini adalah sebuah pertanyaan mungkin di antara teman-teman ada yang bisa memberi masukan. Meski telah banyak membaca beberapa tulisan yang ada, masih juga belum tercerahkan. Bonsai kelapa jenis gading di rumah yang sudah berusia belasan tahun ini sejak awal memang tidaklah mendapat cara perawatan yang khusus. Batangnya sendiri sudah cukup lumayan untuk ukuran bonsai kelapa usia belasan tahun. Penampilannya masih juga belum begitu “bonsai”.¬† Terlihat dari daunnya yang masih tumbuh terlalu besar dengan pelepahnya yang masih panjang menurut saya. Bagaimana ya agar bonsai kelapa ini daunnya menjadi jauh lebih kecil hingga terkesan¬† bonsai kelapa?

Kenapa tumbuhnya bonsai kelapa ini masih cenderung besar? Sejak awal tanam memang bonsai ini selalu ditempatkan pada pot yang cukup besar volumenya. Pot yang lumayan lebar dengan dan cukup tinggi hingga media tanam muat lumayan banyak juga. Mungkin ini salah satu faktor yang membuat bonsai ini ukurannya masih cenderung membesar, menyesuaikan wadah dan persediaan media tanamnya. Pertimbangan awalnya dipilih pot yang besar adalah biar tidak terlalu sering terlambat menyiram jika tanaman kekeringan.

Volume yang banyak tentu membuat media tidak terlalu cepat kering dibandingkan volume pot yang kecil hingga butuh pengawasan yang lebih intensif. Kepikiran juga untuk memindahkannya ke pot yang lebih lebar namun pendek, siapa tahu penampilannya kemudian berubah lebih bagus.

bonsai-kelapa-pot-besar

Kalau dibandingkan dengan bonsai tetangga, yang kelihatannya usianya lebih muda namun memiliki kecenderungan pertumbuhan yang lebih kecil. Pilihan pot yang digunakan memang berbeda. Bonsai ini diletakkan di pot yang cenderung lebar namun lebih pendek tingginya dibuat dari bekas ban luar. Terlihat daunnya memang lebih kecil meskipun masih juga terlihat pelepahnya cukup panjang, bagian batang juga tumbuh cukup kecil.

bonsai-kelapa-pot-pendekPerawatan rutin yang pernah dilakukan adalah penyiraman, pemupukan, pemangkasan pelepah daun tua dan pergantian media saja. Akar dijaga agar tidak keluar dari dasar pot masuk ke dalam tanah hingga bagian bawah pot dilandasi susunan bata. Untuk ukuran pot relatif tidak pernah berubah hampir sama besarnya. Biasanya saya lakukan pemangkasan jika daun sudah mulai lebih dari 4 atau 5 yang ada. Saat daun seperti itu, penampilan daun yang tua mulai tidak menarik.

Pemangkasan daun-daun tua beserta menyayat sisa pelepahnya sering dilakukan untuk lebih menampakkan ketinggian batang bonsai kelapa ini. Hilang satu pelepah ketinggian batang seolah naik satu strip. Hanya saja biasanya pemangkasan masih menyisakan sebagian pelepah tua yang telah dipotong di bagian bawah.

sayatan-pelepah-daun-bonsai-kelapa

Kali ini saya coba untuk membersihkan pelepah ini lebih bersih lagi. Penyayatan dilakukan pada sisa-sisa pelepah tua yang daunnya sudah dibuang sampai bersih. Tidak tahu juga apakah langkah ini dapat membuat kecenderungan tanaman menjadi lebih kerdil atau tidak ada perubahan.

Perubahan yang telah terlihat, ujung pangkal pohon yang dekat pelepah diameternya terlihat menjadi kecil tidak begitu proporsional dengan bawahnya saat masih ada pelepah. Kesannya malah menjadi tidak menarik dan kurang alami sementara ini. Apakah perlakuan seperti ini dapat memperpendek dan memperkecil pertumbuhan daun yang tumbuh kemudian?

4 thoughts on “(Ask) Bagaimana Ya Cara Membuat Bonsai Kelapa yang Benar

  1. jo

    yg disayat itu bukan pangkal batangnya tp bagian kanan kiri batangnya saja,jd tdk memotong batang tua.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *