Cara Menanam Putsa alias Apel India dalam Pot Langsung Berbuah

Salah satu calon tanaman buah dalam pot alias tabulampot yang menarik untuk dicoba adalah putsa alias apel india. Meskipun menyandang nama apel yang umumnya hidup di daerah tinggi dengan hawa yang dingin sejuk, apel india ini berbeda karena dapat tumbuh subur dan berbuah di dataran rendah. Seberapa rendah? Umumnya daerah yang sering di tanami padi sawah adalah dataran rendah dan apel india ini dapat berbuah di daerah dimana padi dapat tumbuh subur.

Kali ini saya ingin menanam apel india ini dan pengin sekali secepatnya berbuah. Targetnya tentu mencari bibit putsa yang telah berbunga sehingga setelah ditanam langsung berbuah. Ternyata tidaklah terlalu susah menemukan bibit putsa yang sudah berbunga ini.

Bayangan saya tanaman sudah tinggi dan berbatang besar. Ternyata tidak. Bibit putsa yang telah berbunga ini ternyata tidaklah terlalu besar. Dilihat dari bekasnya, sepertinya bibit ini dari hasil okulasi sisip samping.

bibit-apel-india-putsa-telah-berbunga

Bibit ini bahkan hanya ditanam dalam polibag yang cukup kecil. Batangnya hanya sebesar pensil dan tingginya beberapa puluh centimeter saja. Inilah penampakannya. Batang primer dengan beberapa cabang sekunder, belum ada cabang tersiernya.

bunga-apel-india
Langsung saya siapkan campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam. Perbandingannya saya lebihkan di bagian sekam menjadi  2 : 2 : 3. Asumsi saya cuaca seringkali hujan biar media tidak terlalu basah. Jadilah tabulampot apel india yang sudah berbunga.

tabulampot-putsa

Bunganya lumayan banyak tersebar di cabang-cabang sekunder tanaman. Masing-masing titik bisa terdiri dari beberapa bunga. Hampir semua bunga yang ada dapat menjadi bakal buah, satu dua saja yang rontok sebelum menjadi buah.

buah-putsa-apel-india-kecil

Beberapa minggu kemudian buah sudah bermunculan. Hampir 30 buah yang muncul dari semua titik bunga yang ada. Mengingat tanaman yang belum begitu besar, tentu sebaiknya buah diseleksi untuk penjarangan. Cabang yang hanya sebesar lidi ini tentu tidak akan kuat menyangga buah yang terus tumbuh membesar hingga dapat rebah ke tanah. Ajir bambu dapat dipasang untuk menopang buah. Agar tidak mengganggu dan merusak perakaran tanaman, bambu vertikal dapat dipasang di pinggiran pot saja, kiri kanan kemudian di sambung dengan bambu horizontal di bagian atas hingga membentuk huruf H.

tabulampot-apel-india-berbuah

Sayangnya hujan yang hampir terus menerus, dibarengi dengan rontoknya sebagian bakal buah. Buah yang sudah sebesar biji melinjo beberapa mulai berubah warna menjadi kuning dan akhirnya busuk. Mudah-mudahan ada juga sisanya sampai nanti tumbuh besar dan matang.

buah-apel-india-3-bulan

Buah apel india 3 bulan setelah ditanam, belum matang juga. Tinggal tersisa 5 buah saja yang berhasil tumbuh besar. Warna hijau pada buah apel mulai memudar berganti kekuningan. Mungkin sebentar lagi sudah bisa untuk dipetik. Sementara itu bunga-bunga baru langsung muncul mengiringi tunas-tunas tanaman yang tumbuh. Jumlahnya jauh berlipat lebih banyak dibanding bunga pertama. Tanaman terlihat segar dan cukup sehat. Mudah-mudahan buahnya akan bertambah banyak pada bunga kloter berikutnya ini.

Tampilan tanaman ini setelah 3 bulan dapat anda lihat Cara Menanam Putsa Apel India agar langsung Berbuah dalam Pot.

Setelah satu tahun kemudian Cara Perawatan Tanaman Putsa / Apel India Umur 1 Tahun Tabulampot

 

One thought on “Cara Menanam Putsa alias Apel India dalam Pot Langsung Berbuah

  1. gardinaanggraini

    Halo..saya jugamenanam pohon putsa,kondisi tanaman hampir sama persis spt yang anda tanam..yg mau saya tanyakan mengapa tanaman sy hanya berbunga lebat ya tp tidak mau menjadi bakal buah? Begitu terus tidak pernah jadi buah,mohon info trimakasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *