Daun Ijo

Ikuti

Induk Ayam ini Pengasuh Sekumpulan Anak-anak Bebek

Bagikan

daunijo.com- Beberapa hal yang diperlukan dari proses awal pemeliharaan itik diantaranya adalah kebutuhan akan mesin penetas, pengatur suhu atau penghangat ruangan anak dan pengawasan terhadap anak-anak itik yang baru menetas. Mesin tetas umumnya menggunakan listrik atau dulu dengan pemanas lampu teplok. Sementara untuk penghangat ruangan biasa diberikan dengan lampu pijar atau lampu minyak. Beberapa keperluan di atas ternyata dapat dipenuhi saat seekor induk ayam dilibatkan dalam proses.

Salah satu metode tradisional asli perdesaan dalam peternakan itik adalah penggunaan jenis unggas lain yaitu ayam. Fungsi induk ayam betina dalam pemeliharaan itik atau bebek ini difungsikan saat melakukan penetasan sebagai pengganti mesin tetas listrik.

Metode penggunaan ayam sebagai penetas telur itik termasuk metode lama yang telah biasa digunakan orang. Selain untuk bebek, induk ayam dapat juga untuk menetaskan telur entok atau angsa.

kandang-induk-ayam

Fungsi kedua adalah saat telur-telur itik telah menetas. Seperti umumnya anakan unggas, anak itik juga memerlukan suhu yang hangat terutama di malam hari yang dingin. Suhu yang hangat dapat diperoleh dari induk ayam ini sebagai ganti pemanas listrik bagi anak-anak itik. Induk ayam akan menempatkan anak-anak itik ini di bawah dekapan kedua sayapnya saat cuaca dingin.

induk-ayam-mengasuh-bebek

Fungsi ketiga, anak itik akan mengikuti kemana sang induk ayam pergi sehingga mudah dalam pengawasan terutama dalam pemeliharaan model umbaran. Induk ayam ini akan membimbing anak itik untuk belajar mencari pakan tambahan di tanah atau kebun sekitar rumah.

anak-itik-dan-induk-ayam

Dari segi keamanan anak itik dengan keberadaan induk ayam ini tentu lebih baik. Tikus, kucing bahkan musangpun akan berpikir ulang saat mencoba untuk mengganggu di saat keberadaan induk ayam ini. Anak-anak itik akan segera berkumpul di sekitar induknya saat merasa terganggu atau ada sesuatu yang membuat  mereka ketakutan. Induk ayam dengan kemampuan pengawasannya sekaligus dapat berlaku sebagai alarm keamanan bagi sang pemilik. Suara induk yang tidak wajar dapat menjadi pertanda adanya bahaya atau gangguan sehingga dapat segera dilakukan pemeriksaan.

Berikut ini tanggapan beberapa netizen tentang mengapa induk ayam mau mengasuh anak itik dari yahoo answer.

induk-ayam-itik6
induk-ayam-itik5

Tidak tahu persis apakah induk ayam ini tidak tahu kalau anak yang diasuhnya adalah anak-anak itik, atau pura-pura tidak tahu padahal sebenarnya memang dia tidak tahu,…..

Bagikan

Terkait

Latest