Cara Perkembangbiakan pada Tanaman Pucuk Merah

daunijo.com- Tanaman pucuk merah banyak dicari untuk ornamen sebagai point of view atau center plant pada sebuah taman. Tanaman yang dijadikan flora khas Kota Batam ini juga cocok ditanam dalam pot sebagai tanaman mandiri. Saat ditanam berbaris rapi pada sepanjang pagar tanaman ini juga terlihat cukup indah karena ditunjang oleh bentuk yang relatif seragam. Kelebihan tanaman ini adalah pucuknya yang berwarna kemerahan saat masih muda, dan kemampuannya beradaptasi setelah dipangkas untuk bentuk tertentu.

Tanaman ini bisa ditanam agar tumbuh alami atau dengan pembentukan tajuk. Tanaman yang dibiarkan tumbuh secara alami umumnya akan berbentuk seperti kerucut atau piramida. Tanaman dapat bula dibentuk agar memiliki tajuk berbentuk kotak, atau melingkar seperti tabung maupun bola. Tanaman dengan pemangkasan ini dapat digunakan untuk mencegah tanaman tumbuh terlalu tinggi hingga tetap sesuai dengan lanskap yang ada.

Jika anda memiliki tanaman ini dan ingin memperbanyaknya ada beberapa pilihan yang bisa dilakukan. Tanaman pucuk merah dapat dikembangkbiakkan atau diperbanyak dengan dua cara yaitu secara vegetatif dan generatif.

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memperbanyak tanaman pucuk merah yang indah ini.

tanaman-pucuk-merah

A. Semai Biji
Pada saatnya dari tanaman ini bisa diperoleh bijinya. Saat bunganya mekar mirip dengan bunga jambu klutuk atau jambu air. Buah yang telah tua berwarna biru tua kehitaman dengan aroma mirip jambu-jambuan. Biji yang telah tua bisa disemaikan untuk mendapatkan bibit-bibit baru dalam jumlah banyak.

B. Setek
Proses ini dapat anda lakukan dengan cukup mudah. Cukup memotong bagian cabang atau batang kemudian ditancapkan ke dalam media tanam dan disiram. Untuk mempercepat dan meningkatkan persentase keberhasilan dapat ditambahkan sungkup plastik pada setekan. Setelah tumbuh baik dan kuat, bibit bisa dipindahkan ke taman atau tanam dalam pot-pot.

C. Kultur jaringan
Dengan teknik kultur jaringan dapat diperoleh bibit pucuk merah dalam jumlah massal. Sayangnya teknik sedikit rumit sehingga tidak semua orang bisa melakukan cara ini. Cara ini cocok dilakukan untuk skala besar dan penyediaan bibit dalam jumlah massal.

Demikian beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memperbanyak bibit pucuk merah ini. Setelah beberapa proses dilakukan dapat dilakukan sortir kualitas bibit. Bibit yang kurang baik atau tumbuh tidak sehat bisa diapkir saja dan dipilih bibit-bibit yang tumbuh baik dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *