Daun Ijo

Ikuti

Begini Ini Penampilan Ikan Lele Jika Tanpa Patil

Bagikan

Ikan lele terkenal karena sengat atau patilnya yang tumbuh di bagian depan kiri kanan kepalanya. Menangkap ikan jenis ini harus ekstra hati-hati jika tidak mau terkena patil yang cukup tajam. Lain halnya dengan sekelompok ikan lele yang dipelihara di kolam terpal di dekat rumah ini. Sekelompok ikan lele ditemukan polos tanpa patil di bagian tubuhnya. Jadinya sedikit lucu dan aneh mirip ikan kotes atau ikan gabus yang berkumis.

Bibit ikan lele tanpa patil ini dulunya merupakan pembenihan sendiri yang dilakukan beberapa waktu yang lalu. Asal-usul indukan lele dumbo ini sendiri tidak begitu jelas apakah masih berkerabat dekat atau dari indukan yang berbeda.

Memang tidak semua bibit ikan yang dihasilkan tidak memiliki patil. Namun sebagian besar tidak memiliki patil pada tubuhnya. Sebagian lagi terlihat hanya memiliki sebelah patil saja, kanan atau kiri.

lele-tanpa-patil

Saat ikan masih kecil tidak sepertinya nampak normal-normal saja. Perubahan mulai nampak terjadi saat ikan mulai tumbuh sebesar jali kelingking. Sebagian banyak sudah terlihat polos tanpa patil di tubuhnya.

lele-dumbo-tanpa-patil

Sebagian ikan lagi tetap tumbuh patil di kedua sisinya namun dengan perkembangan yang kurang proporsional. Patil berukuran kecil tidak sebanding dengan patil lele normal pada umumnya.

benih-lele-tanpa-patil

Tidak diketahui pasti apakah penyebab menghilangnya patil-patil ikan lele ini, apakah berkaitan dengan unsur genetik, karena serangan penyakit, atau sebab-sebab yang lain.

patil-lele-yang-menghilang

Yang terlihat adalah proses degradasi pertumbuhan patil pada sebagian ikan lele sehingga sehingga setelah dewasa patilnya menjadi hilang.

Bagikan

Terkait

Latest