Bertanam Kangkung Darat dalam Pot

Kali ini daunijo mengajak pengunjung untuk melihat tanaman kangkung darat dalam pot, sistem biasa jadi bukan  cara hidroponik. Bukan sembarang  pot namun pot dari kayu bekas bangunan yang tidak terpakai lagi. Daripada dibuang atau dibakar tentu lebih berarti kalau bisa dimanfaatkan. Bikin dulu pot kayunya, bisa secara rapi  bagus, kalau tidak cukup ala kadarnya saja.

Selain kayu, bahan-bahan lain dapat juga digunakan unutk membuat tempat penanaman kangkung ini. Batu-bata, batako, sampai karpet bekas atau pun bambu. Yang penting bisa buat menampung tanah dan dapat dibuat lubang aerasi.

Buat bentuk balok terbuka bagian atasnya. Paling-paling diperlukan 3 buah papan saja. Sisa ujungnya bisa dipotong sedikit untuk menutup sisi kiri dan kanan bangun balok ini. Untuk pembuat pot ini jangan lupa kasih  lubang dibagian bawah pot agar air lancar mengalir saat disiram.

gambar-papan-kayu-bekas

Saatnya mempersiapkan media, di sini cuma dipakai tanah pekarangan dan sedikit campuran pupuk kandang.

pot-kayu-sederhana

Tentunya kerikil atau batu-batu kecil dan pecahan genting yang ngikut dibuang dulu dari media, sambil  diaduk dengan pupuknya. Buat lubang dengan jari saja, masukkan bibit nya 1-2 biji saja berhubung potnya tidak terlalu besar. Taburkan tanah atau lembut diatas lubang tadi. Siram hati-hati.

lubang-tanam-kangkung-darat

Seminggu kemudian kangkung darat mulai bermunculan daunnya. Pindahkan ke tempat yang terkena banyak sinar matahari. Siram setiap pagi atau sore.

kangkung-umur-beberapa-hari-as-Smart-Object-1

Ini dia penampakan kangkung darat dalam pot papan kayu yang berumur 23 hari, sudah bisa  untuk dipanen.

kangkung-darat-siap-panen-as-Smart-Object-1

Jika sudah rimbun seperti ini, tanah media akan cepat kering, hingga penyiraman wajib dua kali sehari.

One thought on “Bertanam Kangkung Darat dalam Pot

  1. suparwoto

    Terima kasih artikel nya sangat membantu buat kami

    wasalam
    suparwotoniko.blogspot.com

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *