Mengganti Media Bonsai Asam Jawa 1

Asam jawa atau tamarindus indica boleh jadi merupakan tanaman yang paling mudah didapat untuk dijadikan bonsai atau  bakalan bonsai. Tidak perlu berburu di alam, cukup dengan menanam bijinya saja, beberapa bulan kemudian sudah bisa dinikmati keindahannya sebagai bakalan bonsai.

Berikut ini contoh penggantian media dan repotting bakalan bonsai asam. Bonsai asam dengan medium lama dan pot lama, hampir setahun tidak diganti hingga penampilannya nampak merana.

Tanaman dari biji dan sudah berusia belasan tahun. Meskipun usianya ckup tua namun penampilannya tidak terlalu besar karena jarang-jarang diganti media tanamnya.

DSCN2250

Perempelan daun, bisa menggunakan gunting satu-satu sambil dipilih cabang-cabang yang hendak dipertahankan.

bonsai-asam-1b

Ganti media tanam dengan tanah campur pupuk kandang, ganti pot sedikit lebih besar, karena bakalan bonsainya berukuran tanggung. Pot besar untuk memudahkan perawatan, jadi tidak terlalu khawatir media menjadi sangat kering sehingga tanaman rentan mati.

bonsai-asam-ganti-media

Hasil penggantian media dan pot, setelah daun mulai berkembang kembali. Biar penampilan daun tidak terlalu besar-besar, dapat dilakukan pemangkasan ulang hingga beberapa sampai ukuran daun menjadi mengecil seperti bonsai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *