Cara agar Induk Ikan Gabus Cepat Bertelur Lagi

daunijo.com_ Dalam satu musim pemijahan, umumnya di musim hujan, induk betina ikan gabus dapat beberapa kali bertelur / partial spawning dengan jarak yang tidak tentu. Di sini umumnya dua kali atau kadang-kadang sampai tiga kali. Dari pengamatan di kolam admin, jarak antar waktu bertelur ini bisa singkat 1-2 minggu hingga cukup lama sekitar 30-40 hari atau lebih.

Untuk mendapatkan benih dalam jumlah yang banyak, idealnya dimiliki beberapa pasang induk ikan gabus. Jika induk hanya satu pasang, untuk mendapatkan benih yang lebih cepat dapat dilakukan dengan perlakuan khusus agar induk ikan gabus segera bertelur kembali. Dengan catatan, induk tersebut masih memiliki stok telur dalam perutnya untuk bisa dikeluarkan lagi.

Mirip dengan prinsip yang diterapkan oleh peternak merpati atau ayam kampung agar segera bertelur kembali. Pada burung merpati, biasanya setelah telur menetas dan anakan dapat diberi pakan tambahan dari luar, indukan dan anakan kemudian dipisah. Perawatan anak burung dan pemberian pakan anaknya untuk selanjutnya diambil alih oleh peternak. Dengan demikian induk merpati terbebas dari aktivitasnya terkait perawatan dan penjagaan anak.

Pada ayam kampung, setelah induk ayam habis stok telur dan mulai fase mengeram, induk ayam dikarantina agar tidak mengerami telurnya. Dengan demikian fase mengeram ayam dapat dipersingkat dan fase bertelur induk ayam kembali dapat dipercepat.

Pada ikan gabus ini digunakan prinsip yang sama. Setelah proses pemijahan konsentrasi induk ikan akan tertuju pada perawatan telur dan pemeliharaan larvanya terutama penjagaan dari gangguan ikan lain. Induk ikan gabus dapat dipisahkan dari anaknya atau telurnya sehingga dapat segera terpacu untuk bertelur lagi.

Berikut video terkait cara agar induk ikan gabus cepat bertelur lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *