Cara Stek pada Tanaman Bidara

daunijo.com_ Sebelumnya kita perlu samakan persepsi terlebih dahulu tentang istilah stek. Yang saya maksud dengan stek di sini adalah proses menumbuhkan tanaman baru pada satu media dari potongan batang, cabang, ranting, daun, atau akar dari satu tanaman. Jadi bukan okulasi atau menempel ya karena sebagian kita menyamakan okulasi atau sambung dengan istilah stek. Stek tanaman bidara ini dilakukan tanpa tambahan zat atau hormon pemacu tumbuh akar, juga tanpa tambahan vitamin tertentu.

Proses stek tanaman bidara ini menggunakan media tanah saja, tanpa campuran pupuk, ataupun kompos. Proses stek dilakukan dengan metode sungkup.

Batang atau cabang stek diambil dari batang bawah dari tanaman apel india atau putsa. Jadi umumnya tanaman putsa itu adalah tanaman sambung yang mana batang bawahnya adalah tanaman bidara. Sebenarnya keduanya termasuk keluarga tanaman bidara hanya mungkin berbeda jenisnya, juga buahnya berbeda rasa.

Tanaman bidara yang batang bawah ini lebih banyak memiliki duri dibandingkan tanaman bidara putsa yang di atas. Daunnya kalau diamati juga agak sedikit berbeda bentuk dan warnanya. Saya sendiri kurang begitu tahu kenapa tanaman putsa ini seringnya disambung atau okulasi pada batang bawah tanaman bidara ini. Kemungkinan tanaman bidara ini lebih adaptif atau lebih cocok dengan tipe tanah di Indonesia, sehingga efeknya ke pertumbuhan tanaman jadi lebih bagus pertumbuhannya.

Jika batang bawah ini tidak ada tunasnya yang akan distek, silakan ganti media tanamnya terlebih dahulu. Umumnya saat terjadi pembuahan, di mana konsentrasi unsur hara mayoritas menuju buah, pertumbuhan tunas baik di bagian atas maupun bawah agak terhambat. Setelah buah dipanen, tanaman bisa dipangkas kemudian diganti media tanamnya untuk merangsang tumbuhnya tunas baik di bagian atas maupun bawah.

Tunas dari batang bawah inilah yang nanti akan dipotong dan ditanam dengan cara stek. Cara steknya sama seperti stek pada tanaman lain, hanya saja setelah ditanam akan ditambahkan penutup dari plastik atau botol plastik untuk menjaga kelembaban batang stek. Proses stek dari tanam hingga hidup siap terkena sinar matahari tanpa layu memakan waktu 1,5 hingga 2 bulan.

Hasil tanaman yang sudah hidup nantinya dapat digunakan untuk bahan okulasi, sambung pucuk atau sambung susu sebagai cara perbanyakan tanaman putsa – apel india.

Video cara stek tanaman bidara hingga tumbuh dapat dilihat di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *