Daun Ijo

Ikuti

Bertanam Cabe Merah Akuaponik Pipa Pralon

Bagikan

Berikut ini adalah gambaran cara tanam cabe merah yang ditanam secara akuaponik bersama-sama dengan beberapa jenis tanaman yang lain. Penanaman dilakukan pada netpot gelas plastik bekas minuman yang dilubang. Media tanam digunakan pecahan genting rumah yang telah dibuat jadi potongan kecil-kecil. Gelas plastik yang digunakan ukuran kecil sehingga media tanam yang ada di dalamnya terhitung sangat terbatas. Untuk sumber nutrisi tanaman, air dari kolam ikan di bawahnya di pompa ke atas dan dialirkan menggunakan instalasi pipa pralon berdiameter 3 inchi yang dipasang di atas kolam ikan.

Penanaman
Untuk mulai menanam cabe merah akuaponik, bibit cabe telah disemai di atas media tanah terlebih dahulu. Bijinya diambil saja dari cabe sisa masak di dapur. Bibit cabe yeng telah berdaun kemudian dipindah ke media pecahan genting.

Saat pemindahan dulu dilakukan dengan akar bersih dari media tanah, oleh sebab itu awal pertumbuhan sangat lambat karena harus banyak beradaptasi dengan media pecahan genting.

cabe-merah-akuaponik-awal-tanam
Cabe Akuaponik Awal Tanam 16 Oktober

Lain kali bisa dicoba dengan menyertakan lebih banyak media tanah yang masih menempel pada akar, sehingga tanaman cabe muda ini bisa tumbuh lebih cepat.

Perawatan
Karena tumbuh pada media dan kandungan unsur hara yang terbatas, tambahan pupuk dapat diaplikasikan pada tanaman cabe dengan media pot gelas plastik ini. Pupuk kompos dan dan sisa lumpur kolam menjadi pupuk tambahan yang diberikan pada sisa ruang yang masih ada di atas pecahan genting.

cabe-merah-akuaponik-berbunga
Cabe Akuaponik Mulai Berbunga 7 November

Hujan yang cukup deras, dapat melarutkan pupuk yang ditambahkan ini, sehingga secara berkala pupuk kompos dapat ditambahkan ulang.

Dibandingkan tanaman lain, tanaman aneka jenis cabe relatif lebih susah karena banyak hama terutama daun yang keriting. Tanaman dengan daun keriting pertumbuhannya akan terhambat susah besar dan kerdil.

Berbuah Juga
Umumnya sayuran berbuah yang ditanam secara akuaponik kurang maksimal dapat berbuah di media yang terbatas. Meskipun bunga lumayan banyak, satu pohon cabe ini cukup dapat menghasilkan 2-3 buah saja dengan penampilan buah yang lumayan baik.

akuaponik-cabe-merah-berbuah
17 Desember Cabe Dewasa Masih Hijau

Setelah panen nanti, pada akuaponik model ini tidak perlu mencari media tanam yang baru sebagai pengganti media lama. Pecahan genting yang digunakan sebagai media tidak akan banyak berkurang volumenya sehingga bisa digunakan lagi. Tinggal cuci bersih netpot dan juga media tanam pecahan genting ini, berikutnya bisa digunakan lagi tanpa harus membeli media tanam lagi. Lain halnya jika yang digunakan media sekam bakar, setelah habis diganti dan membeli media yang baru.

cabe-merah-besar-akuaponik
Cabe merah mulai memerah, 02 Januari

Cabe merah akuaponik sebagian mulai merah, siap dipetik. Selain diiris-iris untuk aksesoris sayur, cabe jenis ini banyak digunakan untuk membuat sambal dengan tingkat kepedasan tidak terlalu tinggi. Atau untuk campuran sambal cabe rawit biar tidak terlalu pedas.

tomat-akuaponik-ember-seri

Untuk akuaponik tanaman sayuran berbuah, umumnya praktisi memberikan tambahan pupuk organik pada tanaman. Jika mengandalkan dari air kolam saja, pembentukan bunga dan proses bunga menjadi buah akan kurang optimal. Selain itu perkembangan buah juga membutuhkan asupan yang lebih dari sayuran dari jenis daun. Juga umumnya digunakan pot atau growbed yang berukuran relatif lebih besar dari sekedar gelas plastik.

Bagikan

Terkait

Latest