Cara Membuat Kolam Terpal Kerangka Bambu Lengkap dengan Pipa Pembuangan

Teknik Pemasangan Pipa Saluran Pembuangan Air Kolam Terpal
Pipa pembuangan diperlukan saat menguras kolam untuk pergantian air, pembersihan atau saat pemanenan ikan. Dengan lubang pembuangan yang cukup besar, proses pengurangan volume air kolam dapat berlangsung lebih cepat. Selain sebagai pembuangan air, pipa pembuangan sekaligus dapat difungsikan sebagai pengatur ketinggian level air kolam.

Model saluran pipa pembuangan ini sedikit berbeda dengan beberapa cara model saluran lain yang banyak digunakan.

Model saluran buang ini juga dapat diterapkan pada kolam terpal berbentuk bundar/ bulat maupun central drain.

bahan-saluran-pipa-terpal

Bahan yang diperlukan:
-Clamp / Klem,  berbentuk ring silinder dengan screw sekrup yang dapat dikencangkan dan dikendorkan, jika susah diperoleh di toko besi bangunan, coba cari di toko bengkel onderdil mobil atau motor, umumnya dikenal dengan nama klem selang.
-Pipa pralon ukuran 2”
-Pipa sambungan siku atau keni
-Ban dalam bekas, gunakan bekas sepeda motor yang kondisi karetnya masih bagus

Alat yang dibutuhkan
-Gunting / Cutter
-Obeng minus
-Tali
-Lem jika diperlukan

Langkah kerja
-Tandai bagian terpal yang akan dibuat tempat pipa pembuangan. Masukkan salah satu ujung keni siku ke dalam terpal. Pastikan ujung yang satu lagi yang berada di bawah terpal menghadap ke arah dimana pipa saluran pembuangan bawah akan di arahkan.

lipat-terpal-ke-keni

-Ikat terpal dan pipa dengan menggunakan ban bekas yang sudah digunting berbentuk silinder dengan tingggi sekitar 2 cm. Rapikan bagian terpal yang diikat dengan pipa tadi agar halus dan tidak banyak lekukan yang terjadi. Sedikit lekukan tidak mengapa karena memang susah untuk dihindari adanya.

ikat-terpal-dengan-ban

-Pasang klem pipa untuk memperkuat ikatan terpal dengan pipa sambungan keni. Klem pipa ini bisa dibeli di toko besi bangunan dengan harga cukup murah. Klem selang atau begel ini yang terbuat dari bahan stainless steel  tidak berkarat.

pasang-klem-pipa

-Putar screw yang ada pada clamp pipa hingga kencang menggunakan obeng. Langkah berikutnya adalah membuka terpal yang sudah ditandai tadi agar berlubang. Gunakan pisau cutter yang tajam agar pemotongan hasilnya halus. Lubang saluran pembuangan bagian atas sudah jadi. Lem bisa ditambahkan di area antara lingkaran pipa-karet-clamp agar lebih kuat.

saluran-pembuangan-kolam-terpal-bagian-atas

Pada lubang ini nantinya akan dipasang pipa untuk mengatur level ketinggian air kolam yang diinginkan.

Pipa sambungan siku bagian bawah terpal. Pada sambungan ini akan dimasukkan pipa pralon untuk pembuangan air ke arah luar kolam.

Untuk hasil yang lebih rapi, pemasangan klem selang dapat juga di bagian dalam hingga tidak kelihatan dari luar. Hasil akan lebih rapi, namun resikonya setelah dipasang jadi, klem akan berada di bagian bawah terpal sehingga susah untuk pengencangan atau pengendoran skrupnya jika suatu saat diperlukan.

pipa-saluan-keluar

Pada lokasi tempat pipa pembuangan dibuat ketinggian tanah lebih rendah dari sekitarnya agar air dapat mengalir dengan tuntas. Bersihkan area yang akan dipasang terpal dari kerikil, pecahan genting, atau benda tajam lainnya sebelum terpal dibentangkan. Jika kerikil atau pecahan genting banyak dan susah dibersihkan, dapat diberikan saja lapisan sekam beberapa cm di atas tanah.

kolam-terpal-lele-dengan-saluran

Pipa kontrol di dalam kolam
Gambar foto pipa pembuangan saluran air kolam terpal beserta pipa vertikal pengatur ketinggian air yang ada pada bagian dalam kolam, sudah jadi dan dipasang.

Diagram Saluran Pembuangan Air kolam Terpal 2

Tidak perlu dilem agar mudah dilepas atau diganti ukuran panjang pipanya.

pasang-terpal-pada-kerangka-bambu

Gambar kolam terpal kerangka bambu yang sudah jadi, siap untuk memelihara ikan lele atau ikan lain seperti nila, gurami hingga ikan koi sampai ikan gabus. Bagian akhir dari terpal diikatkan ke pagar atau patok-patok bambu dengan tali atau kawat.

saluran-pipa-di-luar-kolam

Pipa kontrol di luar kolam
Selain diletakkan di dalam kolam, pipa kontrol ketinggian air dan pembuangan dapat pula diletakkan di sisi luar kolam. Jika menggunakan pipa kontrol di luar kolam, pipa yang berada didalam berubah fungsi menjadi saringan air dan saringan ikan.

menguras-air-kolam-lele

Bagian bawah pipa yang berada di dalam kolam dibuat lubang-lubang merata sehingga kotoran dapat keluar bersama air namun ikan tidak ikut keluar. Dengan pipa buang di luar kolam, proses pembersihan air dan kotoran ikan menjadi lebih mudah tanpa harus menceburkan diri ke dalam kolam.

Diagram pipa pembuangan kolam terpal 1.

Video pemasangan saluran pembuangan dapat dilihat di sini.

Video kolam kotak dari terpal bekas lapis plastik dengan pagar besi wiremesh.

Kinerja Model Ini setelah Dua-Tiga Bulan
Dari pemakaian kolam terpal desain model ini selama hampir tiga bulan lebih, tidak terjadi masalah kebocoran pada pipa pembuangan. Tidak ditemukan rembesan air yang potensial terjadi pada area ikatan dengan ban dan klem. Selama pemakaian belum pernah terjadi hujan.

Dengan ketinggian pengisian air hampir 3/4 bagian, kontruksi masih bekerja dengan baik. Hanya terjadi sedikit lengkungan cembung ke arah luar yang disebabkan tekanan air. Lengkungan bisa diminimalkan dengan pemasangan tali kawat diantara dua tonggak bambu yang diletakkan satu di sisi kiri tengah dan sisi kanan tengah terpal.

Kolam Bundar / Bulat
Selain kolam berbentuk balok kolam dapat dibuat dalam bentuk tabung yang bundar. Untuk membuat kolam terpal dengan bentuk bundar kerangka besi atau wire-mesh dapat dibaca di sini.

Kerusakan dan Pemeliharaan
Untuk memperpanjang usia pakai kolam ini dapat diperhatikan faktor-faktor penyebab kerusakan. Kerusakan awal biasa terjadi pada tonggak bambu atau kayu yang lapuk atau dimakan oleh serangga rayap. Tonggak dapat dicat, pernis atau dilapis plastik untuk hasil lebih lama. Kerusakan kedua biasa terjadi di dinding terpal bagian atas, terutama jika salah pengambilan titik ikatan pada dinding terpal. Ikatan dengan kawat yang mengambil bagian menembus bagian dinding dapat menyebabkan sobeknya terpal memanjang arah horizontal.

Sobeknya dinding atau lantai kolam terpal  karena hal yang sepele seharusnya dapat dihindari. Kerikil atau pecahan genting yang ditemukan di lantai kemudian terinjak oleh kaki dapat mengakibatkan sobeknya terpal. Bersihkan dinding luar kolam secara berkala terutama apalagi jika mulai tampak aktivitas rayap yang mulai merusak kerangka yang ditandai dengan adanya jalur-jalur jalan rayap dari tanah pada kerangka kayu-bambu.

Saat musim hujan terutama endapan lumpur disekitar lubang pembuangan atau drainase perlu diwaspadai. Lumpur yang sudah tebal dapat  menyebabkan aliran pembuangan air tidak berfungsi hingga air naik tinggi saat hujan lebat. Dinding yang tidak cukup kuat dengan air tinggi dapat jebol sewaktu-waktu. Secara berkala saluran pembuangan air perlu dibuka  agar lumpur di sekitar lubang ikut terbuang keluar.


137 Comments on Cara Membuat Kolam Terpal Kerangka Bambu Lengkap dengan Pipa Pembuangan

  1. tinggi dinding bisa 90an cm, sy sendiri lbh suka 70 cm saja biar mudah kl masuk ke kolam, prakteknya disini air diisi sekitar 50an cm saja mas,…

  2. Terpal 5 x 8 aktualnya sekitar 490 cm x 790 cm, jika diambil tinggi = 90 cm dapat diperoleh kolam panjang = 6,1 m, lebar = 3,1 m untuk posisi kolam di atas tanah kurang lebih perlu 10-12 batang bambu Mas.

  3. Terimakasih atas artikelnya. Mudah 2an bisa untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya yang sedang merintis usaha kecil.
    Sebagai partisipasi saya membuat pisau pembelah bambunya. Mungkin bisa saling mengisi dengan maksud dan tujuan di atas.
    Bisa di lihat di youtube :

    https://www.youtube.com/watch?v=teyuAgkYbYY

    Selamat daun ijo.

    Wassalam

    • bisa juga,…sy jg coba patin di kolam terpal, puluhan ekor saja
      Cmn patin ni patilnya lebih tajam mas, kadang tembus terpal kl ambil ikanny krg hati2

  4. wa’alaikumsalaam
    karet ban dalam untuk melapisi bagian terpal yang akan diklem mas, biar ikatannya kuat tapi tidak mudah sobek.

  5. Informasi yang sangat bermanfaat mas, boleh nanya mas? Kalo buat pelihara ikan gabus bisa ngga mas? Trus benih yg ideal & umur berapa? Trims sebelumnya mas

  6. Untuk pelihara gabus sy sendiri tidak ada pengalaman, namun menurut sumber dari majalah trubus ikan gabus dapat juga dipelihara di kolam terpal dengan tambahan tutup jaring di atasnya karena ktnya si ikan gabus gemar meloncat, dengan bibit awal ukuran 5-7 cm.

    • Untuk kolam biasa / pemula biasanya 1 meter persegi untuk 200 sampai 300 ekor bibit lele, 600 ekor berarti perlu ukuran 2 m x 1,5 m atau lebih..
      Kl kolam terpal di atas (4 m x 2m) biasa sy isi 2000 ekor (250 per meter persegi), pernah jg diisi 3000 ekor tp dgn frekuensi ganti air yg lebih sering.

  7. yang pernah sy coba kl model biasa lebih dari 300 per meter kualitas air cepat turun kang krn sisa dan kotoran yang dihasilkan lebih banyak. kl sdh kondisi gitu ikan sy makannya jadi tidak nafsu, mgkn itu yang pengaruh ke pertumbuhan kang. 2 -3 hari baru balik lagi nafsu makannya. Krn sudah terlanjur akhirnya jd sering2 sy ganti airnya

  8. lebih tebal lebih baik tentunya (A12), sy biasa pake yang A8 mas, sudah lumayan baik,..ada yang sdh hampir 2 tahun setngah masih bagus, cuman posisi kolam di teras rumah jd ga terlalu panas.

  9. mas kalo ganti air nya langsung pake air bersih gitu? apa lele nya ga stress soalnya udah biasa pake air yg lama kan? ini pertanyaan muter mulu diotak saya hehe, mohon minta tutorial singkat ganti air untuk lele ini mas

  10. Makasih infonya, bermanfaat sekali. saya mau tanya untuk lele berapa hari panennya? dan lebih bagus diberi makan 3x sehari atau 4x sehari.

    terus juga bibit lele jenis apa yang paling bagus di ternak?

  11. Bagi info mas, utk masa panen lele selain pakan juga tergantung ukuran bibit mas, makin besar makin cepat. Ada yang bilang dalam 35 hari atau 50 hari memang bisa mas, tp bibitnya sendiri pasti sudah cukup besar itu mas. Prakteknya agak susah cari bibit yang ukuran itu.

    Kalau di Kampung Lele (Tegalrejo, Boyolali) saya pernah main ke sana rata-rata panen dalam 3 bulan ukuran bibit 7 cm di kolam tanah, pakan 2 kali sehari saja. Katanya itu sudah pernah dicoba antara 2x dan 3x sehari, ternyata dari segi untung lebih bagus yang 2x sehari. Meskipun 3 bulan, dalam seminggu tetap ada panen karena jumlah kolam puluhan.

    Untuk frekuensi pakan sy pernah coba di kolam terpal 2x sehari Vs 3 kali sehari memang lebih cepat besar yang 3 kali sehari. 3x Vs 4x belum pernah coba.

    Info dari seorg pembenih, yg bagus katanya lele silangan sangkuriang dengan jenis python. Benar tidaknya kurang tau persis.

  12. Kalau volume air kolamnya itu sekitar 3,14 x 1 x 1 x 0,8 = 2,5 m3 mas, tinggal padat tebar yang mau dipakai berapa [padat tebar x volume ].
    100 ekor/m3 -> 250 ekor,
    200 ekor/m3 -> 500 ekor
    250 ekor/m3-> 625 ekor
    300 ekor/m3 -> 750 ekor

  13. Makasih artikel dan infonya agan2. Saya numpang tanya itu kalau kalau bikin kolamnya lebih bagus di tempat terik atau tempat tefuh ya? Trima kasih banyak.

  14. pipa yang sama ukuran dgn pipa lubang pembuangan di lubangi pakai solder atau kawat panas mas, bs juga pakai bor listrik merata sekeliling.

  15. Kalau kedalaman bisa 1 meter, isi 500 kepadatannya sudah 300 lebih per meternya mas. Mungkin bisa dicoba 300-400 dulu saja mas jika masih tahap mencoba.

  16. Maaf numpang tanya, kalo mau bikin kolam ukuran 4 x 2 x 1 itu pakai terpal ukuran berapa yah, terus kolam seperti ukuran tersebut maksimal di isi berapa ekor n kedalaman airnya berapa.?

  17. Mas tanya dong, kalo menggunakan DRUM maksimal berapa ekor ya bisa dimasukin ke dalam DRUM ?
    dan pakan yang baik untuk anakan lele jenisnya pelet apa ya?

    • Tergantung kondisi air dan padat tebar mas, kadang 1 bln atau satu stgh bln sekli cukup. Kl ikan sedikit bs air bs sampai panen

  18. Mas, mau tanya. Saya baru mau mulai usaha lele. Saya punya kolam terpal dgn ukuran 3×3 m dan tinggi airnya 50 cm. Mau tanya worth it bibit lele yg muat brp ekor ya mas dgn ukuran kolam saya itu? Dan apakah ikan bisa mati jika siang hari saat matahari lg panas2nya menyinari kolam mas. Soalnya ikannya msh berupa bibit lele yg ukurannya plg 4-5 cm. Terima kasih.

  19. Volume air kolam mas, 3 x 3 x 0,5 = 4,5 m3. Untuk permulaan kl ambil kepadatan 200 ekor/m3 = 4,5 x 200 dapat 900 ekor mas, bulatin aja 1000 ekor,….(Sebagai perbandingan sy kolam 2 x 4 m sering sy isi 2000 ekor)
    Kl ikan mati biasa bukan krn panas mas, tp sakit atau perubahan cuaca ekstrim. Kecuali air terlalu dangkal misalnya, 50 cm dah cukup tinggi kok.

  20. Oh iya mau nanya nih mas, kalo ukuran kolam 4×6 tinggi 50 cm perkiraan benih lele berapa yah mas?
    Kalo kasih pakan lele baiknya jam berapa mas?
    Aturan kasih pakannya per1000 ekor brapa kg jika pake pelet mas ?
    Trimakasih..

    • Kl sy 4000 berani mas, kl model 2 kali sehari pakan pagi (jam 7-8) dan sore mas (jam 4-5). Jml pakan per 1000 ekor tergantung umur, sebgian ambil 9-10% berat di awal dan 3% di akhir pemeliharaan per hari.

    • Utk ikan lele lebih ke m3 maksudnya mas, kubik. Tinggi sesuai kekuatan kontruksi kolam sj, kl terpal diatas tanah biasa 50-70 cm. Kl ikan gabus mgkn lebih ke meter persegi.

  21. Kolam ukuran13mx13mx70cm berapa benih yang harus di tebar,berapa m3 airnya,,untuk ukuran 6ekor/kg berapa zak pakannya

  22. Pipa sy pake ukuran 2″ luar-dalam sama, panjang pipa tergantung jarak lubang ke tepi kolam mas, yg itu tak sampai 2 meter pipa.

  23. Mksh mas. Saya awalan mas soale. Kmaren kolam ku gak tak ksh pembuangan.
    Terpal ku 4×6 mas. Tak isi 500 wt belajar tpi kok akeh yg mati apa krena kebesaran? Ato kepanasan?

    • Kl ikan sedikit bs carikan keong, bekicot kl ikan bnyk tentu agak repot. Biasa peternk tetap pk pelet pabrik, sekaliam yg bagus sedikit mahal tp ikan cpt bsr, bs jd mlh lbh irit

  24. Mas mau nanya nih, kalo untuk kolem lele ukuran 2×1 diperlukan terpal ukuran berapa ya? Mohon di bantu, hatur nuhun

  25. gan mau tnya…klo bibit 500 ekor untuk pakan peletnya dari mulai tebar benih sampai panen kira2 habis brapa kg/karung ….terimakasih

  26. Assalamualaikum.. Mas maaf mau nanya, saya pemula, target permulaan itu ikan bawal dgn kolam terpal 3×2 atau 2×3 dgn benih sekitar 200-an ekor dgn panjang benih skitar 5-7 cm, itu terlalu sdkit atau sdah cukup mas? Trus uk. terpal yg harus sya pakai brpa mas? kira2 dri masa tebar benih smpai panen butuh pakan brpa kg trus merk apa yg bgus mas? Atau prlu pergantian pakan stelah benih agak besar?? Trus sirkulasi udara dlam airnya, sbaiknya sya pkai aerator atau pompa yg sperti akuarium mas??

    Maaf bnyak nanya mas, mohon dijawab..
    assalamu alaikum

  27. Utk ukuran terpal 4 m x 5 m sy rasa cukup, dpt tinggi sekitar 90 cm lebih. Utk ikan bawal di kolam terpal sy tdk banyak tahu, mgkn temen2 yg lain bisa berbagi informasi?

  28. Mas…..
    Numpang tanya…..
    Kira-kira kelebihan dari bambu apa si mas……???
    Knapa ga pake yang lain ajha…
    Makasi

    • Kl baru coba piara ikan pake bambu dulu gan, murah & kadang kalo bosan atau dirasa kurg prospekny kan mudah dibongkar, bs buat kayu tungku kl di rumah mas,…

  29. mas mohon nanya,tolong dijawab ya.
    untuk kolan ukuran 1×2 m. itu paling pas bibit nya berapa ekor ya,terus pas pengisian air pertama itu harus dikasih probiotik apa didiamin aja seminggu mas biar tumbuh plankton

    • 400-500 ekor cukupan mas, kl sempt bs kasih 0,5 kg pupuk kandang dlm karung posisi tenggelam + probiotik dulu seminggu sblm tebar,..

  30. oke mas makasih banyak ya mas informasinya,membantu sekali mas,makasihbanyak,ini saya skrg lg buat 3 kolam mas ukuran 1,2 x 2,3 tinggi nya 90cm.

    berarti 500 ekor an ya mas,

  31. kalau untuk penebaran pertama volum
    e air berapa cm ya mas & di hari selanjutnya nanti brp cm lg,maaf mas kalau saya banyak nanya,maklum pemula mas,hehe

  32. Ouh berarti bertahap ya mas,mas ini saya udah beli terpal nya, tapi saya bingung mau dalam nya pake warna orange/biru,
    menurut mas lebih baik warna apa mas untuk wadah/dalamnya ,?

  33. Mas mau tanya klaw mau nebar benih 1000 ikan gurame butuh kolam brp m2 mas…trus klw kolam 10×10 terpal brma Meter mas maksih sblmunya

  34. Mas kalok mau buat kolam ukuran 3×8 brapa batang bambu mas yg di perlukan? Dan apakah bambu tali cukup kuat??

    • terpal dilipat dipojok kolam mas, terus sisa ujungnya bisa ditali saja, atau dipaku tapi dibagian paling tepi biar terpal gak mudah sobek.

      • Mas saya pemula belajar ngrawat lele ,,
        Terpa saya cmam 3,5 × 4 meter ,, terus tinggi air kira” harus berapa mas dan muat lele berapa terus air nya ganti berapa hari sekali,, trimakasihh

  35. Kalau kolam tepal yg biasa, tinggi air disesuaikan saja dgn kekuatan rangka kolam mas, 50-70 cm mgkn dah cukupan. Kalau rangkanya kuat, tambah tinggi lagi jg bagus.

  36. Mas mau tanya kalo untuk ukuran 2x 4 meter butuh plastik brapa meter.dan di isi bibit lelee brapa ekor.ngasih makanya sehari btapa kilo.

  37. Tergantung tingginya mas, sy biasa pakai plastik terpal 4×6 m, sambil beljr jangan banyak2 dulu, 1000 – 2000 saja. Pakan 3 kali sehari secukupnya akan bertambah seiring usia.

  38. Tanya bos… Klo soal kondisi cuaca yg bagus panas apa teguh… Karna kolam saya ada d bawah pohon teduh…
    Dan untuk pupuk yg d masukkan ketika pertama kali isi air itu yg bagus dari sapi apa kambing..
    Dan soal antisipasi klo hujan deres bgmn caranya supaya gak banjir kolamnya klo terpal..

    • -Model biasa lebih bagus yang panas mas, lebih cepat besarnya.
      -Lebih bagus mana kurang tau mas, cmn kl sy beli bibit seringnya ditawarin pupuknya dari kambing sama pembenihnya.
      -Biar ga banjir kasih pipa kontrol ky model kolam terpal sy di atas, itu sdh ga banjir, kelebihan air langsung keluar lewat pipa.

  39. Mas, saya mw tanya tentang saluran pembuangan air. Dsitukan mnggunakan “ban bekas”, apa airnya gak terkontaminasi??
    Kira2 lele bisa hidup ga dgn air yg agak asin?? Soalnya sumur sya airnya agak asin, gak trlalu asin. Tlong dijawab ya Mas. Trimakasih

    • Sy rasa ndak mas, lgian lebar karetnya cmn kecil 1 centi an aja itupun bs tertutup sama klem dan lem.
      Kl air asin krg tau sy mas, tp peternak kdg tambahkam garam ke kolam utk kesehatan ikan, airny kan jd agak2 asin dikit ya, dicoba piara dikit dulu mas sapa tau masih tahan

  40. Misalkan sy pkai kerangka bambu, itu akan sy buat ukuran panjang 3,5 m lebar 2,5 m Mas. Jadi dapat tingginya sekitar 70 cm. (Perkiraan sy kl terpal 4 x 5 itu ukurannya 390 cm x 490 cm)
    Kl diisi air tinggi 50 cm volumnya 4375 liter atau 4,375 m^3.

  41. Asalamu’allaikum.
    Kalo terpal degan ukuran 4×6 meter apa bisa dibikin kolam bentuk bulat mas?
    Tapi rencana memakai rangkaian bambu
    Kira2 diameter libgkarNya berapa ya mas?

    • wa alaikumsalaam
      Bisa mas, hanya kurang rapi saja krn banyak lekukan nantinya. Kl dibikin bulat, perkiraan ya, 4×6 dipotong jadi persegi 4 x 4, sisa 2 m ya. Jadinya bisa diameter 2 dapat tingginya sekitar 90 cm mas sy rasa.

  42. Assalamualaikum mas klau kolam ukuran 2,5 x 4 M, ketinggian air dan jumlah bibit yg baik itu berapa yah, dan terpal yg di gunakan ukuran berapa terima kasih

  43. Assalamualaikum mas klau kolam ukuran 2,5 x 4 M, ketinggian air dan jumlah lele berapa yah, dan menggunakan terpal ukuran berapa terima kasih

  44. mohon pencerahan nya saya pemula mau coba ikan lele, saya sudah beli terpal kotak ukuran 2x1x50 itu bisa berapa ekor bibit nya mas, terus ukuran berapa bibit lele nya mas…

    mohon pencerahan nya mas???

  45. Saya mau buat kolam terpal kotak dengan ukuran P 2m x L 4m dan saya gali 1 jengkal, kira² saya harus ambil terpal ukuran brp mas?

    Kalau berkenan tolong hubungi saya di whatsapp ya mas 0822-2626-3539, kalau gak salah masnya juga jual terpal dll untuk perakitannya.

  46. klo patok yang utuh tidak di tanam di tanah, kira2 kuat tidak dari tekanan air yang di kolam, soalnya mau buat kolam di teras rumah yang sudah di keramik, makasih

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Pembuatan Kolam | arlinwijayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*