Cara Membuat Perangkap Lalat Buah dari Botol Bekas

Membuat perangkap lalat buah dari botol aqua air mineral. Tentunya kita akan dibuat jengkel saat tanaman yang kita tanam tengah berbuah dengan lebatnya tidak tahunya banyak yang kemudian membusuk akibat serangan lalat buah. Selain dengan metode pembrongsongan atau pembungkusan buah, alat perangkap dapat diaplikasikan untuk meminimalisir serangan lalat pada buah budidaya.

Prinsip kerja dari alat ini adalah mengundang lalat jantan dengan suatu atraktan yang memiliki bau khas agar masuk ke dalam perangkap sehingga mengurangi jumlah peredaran lalat sekaligus meminimalkan terjadinya perkawinan dengan lalat betina. Atraktan yang banyak beredar misalnya merk petrogenol buatan satu pabrik kimia di Gresik.

Alat dan Bahan
Siapkan peralatan dan alat-alat yang diperlukan antara lain:
-Pisau cutter
-Gunting
-Botol bekas air mineral ukuran 1500 ml
-Lakban
-Kawat ikat
-Tang potong
-Kapas
-Cairan atraktan lalat buah seperti Petrogenol

perangkap-lalat-buah-pare

Langkah dan Cara Kerja
Potong badan botol di bawah leher setelah bagian lengkungan, gunakan cutter atau gunting. Lepaskan tutup botol.

peralatan-membuat-perangkap-lalat

Potongan ini akan dipasang kembali pada badan botol namun dengan posisi terbalik sebagai lubang masuk lalat sekaligus perangkap.

botol-aqua-untuk-perangkap

Sebelum dipasang, pasang tali kawat pengikat di tengah botol jika hingga perangkap nanti mudah digantungkan. Pada ujung yang nantinya terletak di dalam botol buat kaitan untuk tempat kapas.

kawat-tali

Setelah itu sekalian teteskan larutan atraktan lalat buah petrogenol pada kapas hingga basah. Setelah kawat pengikat terpasang, terakhir adalah pemasangan mulut botol secara terbalik, kuatkan dengan lakban beberapa kali putaran.

Karena cairan yang digunakan termasuk cairan kimia yang berbahaya, maka dianjurkan menggunakan sarung tangan dan penutup hidung. Selain itu cuci tangan dengan air yang banyak setelah melakukan kegiatan ini.

tutup-perangkap-lalat

Perangkap lalat buah siap dipasang. Larutan atraktan dapat bertahan sekitar 4 minggu, hingga pengisian ulang pada kapas dapat dilakukan kembali jika diperlukan setelah massa tersebut.

Jika wadah atraktan sudah habis, maka tidak boleh dibuang sembarangan karena dapat mencemari lingkungan. Tanam di kedalaman tanah dan jauhkan dari sumber air untuk keamanan.

pasang-perangkap-lalat-buah

Alternatif Perangkap Model Lain
Model lain dari perangkap lalat buah  yang banyak digunakan para petani adalah botol utuh yang digantung secara vertikal seperti gambar berikut ini:

Pada sisi botol dibuat lubang-lubang untuk jalan masuk lalat. Lubang bisa dibuat dengan paku yang dipanasi api terlebih dahulu atau dengan menggunakan solder listrik.

perangkap-lalat-botol-model-tegak

Kemudian kapas yang di tetesi dengan cairan atraktan dikaitkan dan digantung dengan  kawat di tengah botol. Botol kemudian diisi dengan air beberapa centimeter kemudian digantung pada area kerja penangkapan lalat.

Perangkap model ini lebih mudah untuk dibuat dan pengisian ulang cairan petrogenol pada kapas juga lebih mudah, tinggal dibuka tutup botol dan ditarik keluar, kapas akan ikut keluar bersama kawat. Selain itu adanya air akan memperbesar kemungkinan terperangkapnya lalat.

 

4 thoughts on “Cara Membuat Perangkap Lalat Buah dari Botol Bekas

  1. rosita

    ada cairan pengganti petrogenol gak?…petrogenol itu belinya di toko apa ya?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *