Tanaman Jahe Merah di Pekarangan Rumah

Manfaat Jahe Merah. Salah satu tanaman rumahan yang bisa anda coba tanam adalah jahe merah. Nama jahe merah diambil karena kulit jahe ini berwarna merah, akan terlihat perbedaan yang mencolok jika disandingkan dengan dengan jahe biasa yang kulitnya berwarna kuning kecoklatan. Sehari-hari jahe merah dapat dimanfaatkan sebagai bahan minuman kesegaran untuk tujuan kesehatan juga pengolahan makanan

Kenampakan tanaman jahe merah ini tidak terlalu berbeda dengan jahe biasa, namun umbinya memiliki kandungan minyak atsiri yang lebih tinggi dari jahe biasa. Jika dibuat minuman, rasa pedas yang dihasilkan minuman dari bahan jahe merah ini terasa lebih tinggi dari minuman yang dibuat dari bahan jahe biasa sehingga sebagian orang lebih menyukai jahe merah ini.

Mudah ditanam di sekitar rumah
Cara menanam dan perkembangbiakan jahe merah adalah dengan rimpangnya. Rimpang jahe yang sudah tua dapat menumbuhkan banyak tunas. Cukup di patah-patahkan rimpang menjadi beberapa bagian untuk mendapatkan  beberapa bibit baru. Bibit ini kemudian dapat ditanam di pot, polybag, karung atau langsung ditanam di lahan tanah. Bibit yang ditanam ini akan tumbuh dan membentuk rumpun-rumpun yang rimbun. Tidak ada perlakuan khusus untuk merawat tanaman ini. Jahe merah optimal panen dalam usia 9 hingga 10 bulan.

tanaman-jahe-merah-di-pekarangan

Manfaat Keseharian
Kegunaan praktis sehari-hari untuk skala rumah tangga dari jahe merah adalah sebagai bahan pembuat minuman. Aromanya yang khas dengan rasanya yang pedas akan menghangatkan tubuh. Minuman berbahan jahe dapat dikombinasikan dengan beberapa bahan lain seperti susu, madu bahkan kopi. Susu jahe, kopi jahe, sekoteng hingga minuman bandrek dapat menggunakan jahe merah. Kombinasi susu telur madu dan jahe dipercaya dapat menambah vitalitas. Selain itu jahe merah dapat digunakan sebagai substitusi jahe kuning sebagai bumbu dapur juga untuk aroma beberapa makanan dan kue rumahan.

rimpang-jahe-merah-kecil

Mengobati beberapa penyakit
Jahe merah dipercaya baik buat kesehatan tubuh  seperti memperlancar aliran darah, meredakan radang tenggorokan, meningkatkan nafsu makan, menambah stamina, hingga mengobati masuk angin dan meredakan sakit kepala.

Pasar skala besar
Industri makanan dan minuman memerlukan jahe dalam skala yang cukup besar.  Aroma jahe yang khas dapat ditemukan pada permen, beberapa macam kue dan  minuman pabrikan juga berbagai macam produk industri jamu tradisional maupun jamu kemasan pabrik. Jahe merah banyak diperlukan oleh industri obat-obatan dan juga kosmetika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *