Cara Membuat Pot dari Rangkaian Botol Bekas

Pot merupakan wadah untuk menanam berbagai jenis tanaman. Bahan pot bisa bermacam-macam, dari tanah liat, kayu, semen, hingga dari barang-barang bekas yang tidak terpakai. Barang bekas yang tidak terpakai lagi yang bisa dibuat pot diantaranya ember bekas, kaleng bekas, ban bekas hingga botol-botol bekas.

Kali ini akan dibuat sebuah pot dari bahan botol bekas. Prinsip pembuatannya adalah menyatukan empat buah botol hingga menjadi pot dengan sistem kait. Jadi di sini tidak akan menggunakan paku, kawat, lakban, tali atau bahan lain untuk menyatukan sisi-sisi potongan botol. Selain untuk mengurangi sampah yang makin menumpuk di sekitar kita juga untuk penghematan pengeluaran daripada pembelian pot baru.

Alat dan Bahan
Bahan yang diperlukan untuk membuat pot dari rangkaian botol bekas sebagai berikut, siapkan :
-4 buah botol bekas yang sejenis, lebih bagus yang terbuat dari plastik  tebal.
-Gunting
-Cutter tajam
-Plastik kresek bekas

Langkah dan Cara Pembuatan Pot Botol Bekas

bahan-pot-botol-plastik

Potong botol di ujung lehernya, sehingga tersisa bentuk tabung bagian yang lurus saja. Pemotongan dapat disesuaikan dengan ketinggian pot yang diinginkan.

potong-mulut-botol

Gunting lurus ke bawah di satu sisi botol hingga membentuk persegipanjang dengan menyisakan alas botol di bagian bawah. Alas botol nantinya berguna untuk dudukan plastik kresek yang dijadikan alas penopang media tanam. Bentangkan irisan tadi dengan cara ditekan-tekan dengan jari tangan sambil sedikit ditekuk.

bentuk-lembaran-pot

Gunting  sisi kanan persegipanjang dengan bentuk huruf T seperti gambar berikut. Pola ini nantinya berguna untuk mengaitkan satu sisi botol yang sudah dipotong dengan sisi potongan dari botol yang lain.

gunting-huruf-t

Gunting sisi kiri lurus saja, sedikit dari atas, dan sedikit dari bawah. Kedua pola irisan yang berbeda ini nantinya akan dikaitkan sehingga permukaan dua buah sisi persegi panjang menyatu.

bentuk-lembaran-pot

Dengan cara yang sama, buat pola irisan dengan gunting pada ketiga botol yang lain. Jangan terbalik kiri kanan, harus sama polanya agar bisa dikaitkan. Setelah selesai tinggal menyatukan keempat potongan botol tadi membentuk sebuah tabung pot.

gunting-lurus

Satukan 4 buah persegi panjang yang ada dengan cara mengaitkan sisi-sisnya, sisi huruf T akan dikaitkan dengan sisi yang lurus atas bawah tadi. Masukkan irisan yang lurus ke celah yang ada pada irisan berbentuk T, atas dan bawah sehingga kedua sisi menyatu seperti gambar berikut ini.

Lakukan pada sisi yang lain berurutan sehingga  sisi-sisi saling terkunci dengan pola kaitan yang tadi dibuat. Hasilnya akan akan terlihat  lingkaran  pot seperti gambar berikut.

rekatkan-sisi-botol-plastik

Pot dari rangkaian empat buah botol plastik ini masih berlubang di sisi bawahnya, untuk itu digunakan plastik kresek yang dilubangi agar air bisa mengalir. Setelah plastik diletakkan, isi dengan media tanam dari pinggir terlebih dahulu, agak dipadatkan kemudian diisi hingga penuh.

pot-botol-plastik-jadi

Pot dari hasil rangkaian empat buah botol bekas tadi sudah siap digunakan untuk menanam tanaman kesukaan anda. Agar lebih menarik, bisa ditambahkan pola guntingan berupa segitiga atau gerigi pada bibir pot tadi.

pot-tanaman-dari-botol-plastik

Jika menginginkan hasil yang lebih rapi lagi, pot model di atas dapat dibuat dari empat  buah botol plastik yang bentuknya kotak atau persegi. Selain lebih rapi, pot dari botol yang berbentuk persegi juga memiliki hasil kaitan sisi yang lebih kuat. Jika menginginkan pot yang diameternya lebih kecil, dari empat botol tadi bisa dikurangi menjadi tiga botol saja. Dari tiga botol akan diperoleh pot yang lebih kecil namun memiliki bentuk yang lebih menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *