Cara Menanam Sukun dengan Tunas Adventif pada Akar Tanaman

daunijo.com- Selain dengan cangkok dan kultur jaringan tanaman sukun biasa dikembangbiakkan dengan tunas adventif. Tunas adventif merupakan sebangsanya tunas yang tumbuh di tempat yang tidak biasa pada tanaman seperti pada daun dan pada akar. Tunas adventif pada tanaman sukun tumbuh pada akar tanaman yang dekat dengan permukaan tanah. Praktek ini sebenarnya tidak tepat untuk dibilang setek akar, karena hanya memindahkan tunas yang sudah tumbuh pada akar saja ke media yang baru.

Langkah pertama mengembangbiakkan sukun dengan tunas adventif ini adalah mencari keberadaan tumbuhnya tunas. Tunas ini seringkali tumbuh jauh dari tanaman induknya. Hal ini dapat dimaklumi karena sebaran akar tanaman ini dapat begitu luas hingga belasan meter dan juga dalam. Uniknya lagi akar tanaman ini dapat melewati pagar tembok pembatas halaman hingga sampai pekarangan tetangga. Akar tanaman yang akan tumbuh tunas adventif umumnya tidak begitu dalam dari permukaan tanah. Ciri akar tanaman ini berwarna coklat kemerahan dan terdapat bintik-bintik yang cukup jelas.

Gambar berikut adalah tunas adventif yang ditemukan di sekitar tanaman induk. Kurang lebih berjarak 7 meter dari induknya. Tunas telah ditemukan telah memiliki beberapa helai daun dan tumbuh sekitar 20 cm. Tunas adventif akar pada tanaman sukun sering tumbuh saat banyak curah hujan hingga tanah dan udara dalam kondisi cukup lembab.

tunas-adventif-akar-sukun

Tunas sukun diambil dengan mengikutkan akar tanaman tempat tumbuhnya. Sisakan beberapa centimeter di salah satu ujung dan beberapa centimeter diujung yang lain. Akan lebih baik jika dapat disertakan beberapa bagian tanah yang masih menempel pada perakaran. Dengan cara ini tunas akan lebih mudah untuk beradaptasi di tempatnya yang baru karena perakaran tidak banyak yang mengalami kerusakan.

pengambilan-tunas-adventif-sukun

Siapkan polibag lengkap dengan media tanahnya. Tanam anakan tanaman sukun ini dengan hati-hati. Ratakan media kemudian siram dengan air hingga media tanam merata menutupi akar dan rongga-rongga yang mungkin ada. Pangkas sebagian daun tanaman hingga sepertiga bagian luasnya. Cara ini untuk mengurangi penguapan hingga tanaman tidak mudah layu.

setek-tunas-adventif-sukun

Untuk sementara waktu tempatkan dahulu tanaman sukun dari tunas adventif akar ini di tempat yang teduh jauh dari sinar matahari langsung. Untuk setek akar pada tanaman sukun mungkin lain kali bisa ditampilkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *