Daun Ijo

Ikuti

Kehabisan Nutrisi Hidroponik? Coba Sambung dengan Air Ini

Bagikan

Salah satu alternatif larutan nutrisi untuk hidroponik yang bisa anda coba adalah nutrisi organik dari air kolam lele. Kendati hasilnya mungkin jauh dari luar biasa, minimal dapat digunakan untuk menyambung hidup tanaman saat nutrisi abmix sedang habis. Gambar di bawah adalah dua buah bibit selada yang sekitar seminggu sebelumnya ditanam dalam bak dengan nutrisi abmix. Nutrisi ABmix pada bak kemudian coba untuk diganti secara total dengan air kolam lele. Apakah tanaman dapat melanjutkan hidupnya dengan baik, bisa dilihat pada dokumentasi foto-foto di bawah.

Tanpa Pompa
Tidak seperti sistem akuaponik yang umumnya menggunakan pompa, selada dengan nutrisi air kolam ikan lele ini cukup dengan air diam tergenang, tanpa diperlukan pompa untuk mengalirkan air. Media digunakan arang sekam dengan bantuan sumbu pada netpot gelas plastik.

Air kolam yang digunakan berada pada tahap akhir masa pemeliharaan ikan, berwarna coklat pekat. Air kolam awal masa pemeliharaan pada kolam yang digunakan tadinya berwarna hijau tua dan banyak kandungan lumutnya.

pindah-bibit-selada-air-lele

Selama 25 hari pemeliharaan, air dalam bak plastik sempat diganti satu kali dan beberapa kali penambahan volume. Selain karena banyaknya jentik nyamuk juga untuk penyegaran konsentrasi larutan. Mungkin saja konsentrasi tidak merata lagi akibat terjadinya pengendapan di bagian bawah.

air-kolam-nutrisi-alternatif-hidroponik

Akar

Tidak seperti pada sistem hidroponik dengan larutan abmix yang akar-akar tanaman nampak secara agresif segera turun ke bawah melalui sumbu menuju cairan nutrisi, akar-akar selada dengan air kolam ini  nampak malu-malu dan tidak banyak yang keluar dari netpot menuju ke bawah. Meski begitu, pertumbuhan daun-daun tanaman tetap terjadi dengan cukup signifikan. Air dari bak tentu naik ke media tanam melalui sumbu kain, jika tidak media tanam sudah pasti menjadi kering setelah penanaman hampir satu bulan.

selada-air-kolam-20-hari

Foto di atas selada umur 20 hari setelah dipindahkan ke bak berisi air kolam. Tepi-tepi beberapa daun yang sedikit terbakar terjadi pada salah satu tanaman karena panas matahari yang cukup terik tanpa naungan atas.

Selada sambungan nutrisi air kolam lele umur 25 hari. Kepekatan kolam 2000 ekor ikan dalam kolam berukuran panjang 4 meter dan lebar 2 meter.

selada-nutrisi-air-kolam-25-hari

Sisa ABmix

Warna daun tanaman terlihat normal dengan ukuran yang relatif agak kecil dibandingkan tanaman lain yang  full dengan nutrisi ab mix. Memang belum dapat disimpulkan dengan pasti air kolam dalam bak diam ini dapat benar-benar secara penuh mendukung pertumbuhan tanaman dan secara layak dapat dijadikan alternatif untuk pengganti nutrisi ab mix dalam hidroponik.

Masa pemeliharaan seminggu dengan abmix sebelum pindah dalam baik air kolam, media arang sekam yang digunakan tentunya sedikit banyak telah mengandung serapan nutrisi abmix. Kandungan abmix ini tentu masih terbawa dalam media meski sudah diganti nutrisi.

Lain kali mungkin bisa dicoba, hidroponik dengan nutrisi full air kolam pada air diam tergenang atau menggunakan sistem rakit apung (floating raft) tanpa pompa. Minimal untuk sambung nutrisi, air kolam cukup dapat digunakan.

Atau, jika ingin tanpa abmix sama sekali, selada sistem akuaponik pada talang dan pipa DFT telah banyak orang coba dengan hasil yang terbilang lumayan.

Bagikan

Terkait

Latest