Cara Menyemai Benih Hidroponik dengan Media Rockwool

daunijo.com- Langkah awal menanam hidroponik adalah menyediakan bibit. Bibit dapat disemai dalam jumlah banyak dengan berbagai media seperti tanah kompos, arang sekam maupun cocopeat. Benih yang disemai dalam jumlah banyak dalam satu media perlu pemisahan saat dipindah ke dalam pot. Sebagian praktisi langsung menyemai biji atau benih tanaman ke dalam media yang nantinya dimasukkan ke netpot langsung. Untuk cara ini biasanya digunakan arang sekam atau rockwool. Benih di semai untuk tiap netpot sehingga tidak perlu pembongkaran akar untuk memindahkan ke dalam netpot.

Potong Rockwool
Langkah pertama adalah memotong rockwool kecil-kecil dengan gergaji besi tanpa gagang. Besar kecilnya potongan dapat disesuaikan besarnya netpot dan jenis tanaman. Untuk sawi atau selada, biasa dipotong kecil-kecil sekitar 2 cm saja. Untuk tanaman kangkung, karena ditanam dalam jumlah banyak dalam satu netpot dapat dibuat lebih besar lagi. Atur rockwool dalam tray semai. Jika tidak ada tray semai khusus, cukup gunakan wadah dari nampan atau baki plastik.

Setelah rockwool terpotong rapi, buat lubang tanam dengan menggunakan tusuk gigi atau lidi yang diruncingkan. Kedalaman lubang baiknya minimal dua kali ukuran ketebalan biji. Dengan cara ini, jika akar tumbuh di bagian atas, biji tidak akan kesulitan menemukan bagian media semai.

potong-rockwool-kecil

Jaga Kelembaban
Basahi media dengan air, atau cukup dibuat lembab saja. Jika ingin membasahi langsung dengan larutan nutrisi, gunakan larutan yang agak encer saja. Penggunaan air biasa atau air nutrisi sama-sama dapat tumbuh.

menyemai-biji-hidroponik

Berikutnya masukkan biji-biji ke dalam lubang semai. Untuk biji berukuran kecil, dapat diambil dengan ujung lidi yang runcing tadi sebelumnya dicelup ke dalam air agar biji menempel dengan mudah. Selipkan ujung lidi ke dalam lubang, posisikan agar bagian yang mengandung biji berada di dekat dinding lubang. Tarik ke atas lidi sambil digesek ke dinding lubang agar biji tertinggal di dalam.

Tutup tempat persemaian dengan plastik agar media tetap lembab dan sinar matahari sementara tidak masuk ke dalam. Jika biji masih baru, dalam beberapa hari akan mulai berkecambah.

bibit-selada-hijau

Saat proses ini, kelembaban media harus tetap dijaga dengan pengecekan rutin. Biji-biji seringkali berkecambah tidak dalam waktu yang sama. Sambil melakukan pengecekan, biji yang mulai berkecambah dapat disatukan di wadah lain dan mulai dilatih dengan penyinaran sinar matahari. Benih yang tidak mendapat sinar akan tumbuh kecil melengkung, tinggi dan lemah. Agar media tidak kekeringan, jangan tinggalkan dalam sinar matahari sepanjang hari.

Tidak Tumbuh, Apa yang Salah?

Seringkali dari proses semai yang dilakukan tidak tumbuh bijinya. Tentu saja ini sangat mengecewakan, apalagi biji-biji tersebut telah dibeli dengan harga mahal (sering kan,..). Padahal SOP telah dilakukan sesuai petunjuk yang kurang lebih begitu-begitu juga.

Penyebab utama biasanya adalah kualitas biji. Ada kemungkinan biji yang disemai sudah kadaluarsa atau terlalu lama disimpan. Biji-biji seperti ini kalau toh mau tumbuh seringkali hanya nongol sebentar untuk kemudian busuk atau layu. Solusinya gunakan biji yang masih bagus.

14 thoughts on “Cara Menyemai Benih Hidroponik dengan Media Rockwool

  1. Rahmat

    Pak saya mau bertanya untuk penyemaian. bila benih yg disemai dlm 1 wadah hanya ada beberapa yang sprout/pecah sedangkan yg lain blum semuanya itu tetap dikenalkan ke matahari apa bagaimana trus untuk benih yg blum sprout/pecah ditruskan saja dikenalkan kematahari.terimakasih

    Reply
  2. daunijo Post author

    Bisa dipisah yang sdh tumbuh dengan yang blm mas, atau kl br dikit tunggu bebrp hari dl saja mas, ato atasnya kasih atap plstik, biar tak terlalu panas.

    Reply
  3. Mells

    Mas kalo yg saya kok kecambahnya tinggi tinggi, itu ada yg salah gak yah?

    Reply
    1. daunijo Post author

      Kl tinggi langsing kurang sinar matahari biasa mungkin mbak.

      Reply
  4. Iceu

    Masa semai…sampai daunnya 4???
    Maximal brp lama?
    Apkh buth nutrisi?

    Reply
  5. saya

    mas saya msh pemula baru nyoba nanem sawi sama selada keriting.. nah 1 lubang pada rockwool saya msukin 3-5 biji ..apa gak papa ya? apa bisa dipisah tp umur brp ya.. mohon pencerahannya..

    Reply
    1. daunijo Post author

      Utk saran, 1 lubang 1 biji saja, lebih hemat di waktu krn langsung tumbuh disitu, kl lebih nanti hrs dipisah lg, perlu waktu lg utk adaptasi lg. Mgkn spt itu.

      Reply
  6. Yena

    Mw ty, stlh 5hr benih romaine baru pecah tidak ditutup plastik tp dibiarkan ddlm ruangan (koq lama, apa yg salah, apa benih hrs drendam air bawang?), tdk smua pula, sbg busukšŸ˜¦. Kecambah yg tumbuh kurus berdaun hijau kekuningan. Mohon bantuan.

    Reply
    1. daunijo Post author

      5 hari mnrt sy termasuk sudah cepat sist,., kl sbgian tumbuh banyak yg TIDAK kmgkn kualitas benihny tak bagus.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *