Cara Sambung Celah pada Bunga Kertas untuk Cabang Besar

daunijo.com- Selain sambung celah menggunakan pucuk dengan ukuran yang hampir sama antara batang atas danĀ  bawah, sambung celah pada batang bawah berukuran besar banyak dijadikan pilihan para praktisi kebun bunga dalam menangani bunga bougenville. Dengan sambung seperti ini tidak perlu menunggu tumbuhnya pucuk-pucuk baru yang akan dijadikan batang bawah. Dari hasil pemotongan cabang-cabang yang berukuran besar dapat dilakukan sambung sisip dengan entres atas yang berukuran jauh lebih kecil.

Persiapan Batang Bawah
Batang bawah dapat diambil dari tanaman bougenville yang masih hidup atau bonggolan bougenville dari alam yang telah dipindahkan ke dalam pot. Batang bougenvile yang berukuran besar dan dibiarkan tumbuh pendek atau sering dipangkas akan memiliki percabangan yang banyak. Baiknya dilakukan pemangkasan daun sampai habis terlebih dahulu sambil dipilih cabang-cabang utama yang akan disambung saja.

Gambar calon batang bawah yang menjanjikan, besar pendek mirip tanaman bonsai. Tanaman ini bisa direpotting dan disambung dengan aneka warna bunga kertas. Jika sudah jadi, harga jualnya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tanaman bougenville berbonggol besar dengan bunga warna-warni banyak dicari untuk ornamen pusat pada taman rumah.

bougenville-batang-besar-untuk-sambung-celah

Potong cabang yang akan disambung dengan gergaji pada arah mendatar. Iris tepi batang dengan pisau atau silet yang tajam dan bersih. Perkirakan kedalaman irisan sama di sepanjang irisan. Di celah irisan ini nantinya akan ditempatkan entres atas.

Permukaan yang diiris dapat diambil dari bagian atas pada permukaan lingkaran batang atau diambil pada sisi samping seperti pada sambung sisip samping.

Jika lingkar diameter cabang yang dipotong cukup besar, irisan dapat dibuat dibeberapa tempat di sekeliling lingkaran. Dari celah irisan cabang bawah ini dapat diisi dengan beberapa entres sekaligus.

Persiapan entres atas
Proses untuk entres atas sama seperti saat melakukan sambung pucuk. Ambil cabang atas dari pohon lain yang berbeda warna bunganya. Potong dengan panjang beberapa centimeter kemudian dibuat irisan membentuk baji atau kepala kampak.

Karena panjang irisan cukup panjang, bisa disiapkan beberapa entres atas untuk kemudian dimasukkan ke dalam irisan batang bawah yang sama.

cara-sambung-celah-bunga-kertas

Proses Penyambungan
Selipkan entres atas ke batang bawah dengan hati-hati. Pada praktek ini dimasukkan dua entres sekaligus. Ikat dengan tali plastik atau cukup dengan tali rafia, jangan terlalu kuat namun juga jangan terlalu longgar. Ikatan yang terlalu kuat dapat meremukkan entres atas, sementara ikatan yang terlalu lemah membuat penempelan permukaan tidak masksimal. Gunakan feeling anda saja untuk mendapat ikatan yang pas.

Selesai pengikatan dapat dilanjutkan dengan proses sungkup plastik. Beberapa praktisi hanya membungkus sambungan dengan plastik kecil tanpa diikat, sementara ada juga yang melakukan pengikatan di ujung akhir plastik. Yang penting ditutup untuk menjaga kelembaban.

Berikut ini hasil sambung celah pada bunga kertas yang sudah hidup. Diambilkan foto gambar dari tanaman lain.

sambung-celah-bunga-kertas

Nampak pada satu cabang batang bawah ini dapat disambung pada tiga tempat sekaligus. Satu irisan dimasukkan dua entres atas.

sambung-celah-bogenville-multi-entres

Sambungan paling kiri dengan entres berukuran kecil sukses tumbuh dengan baik dan tutup plastik sudah dibuka. Nampak juga pada gambar entres atas yang diselipkan berukuran lumayan besar pada cabang yang tengah. Sambungan yang paling kanan gagal dan mengering.

7 thoughts on “Cara Sambung Celah pada Bunga Kertas untuk Cabang Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *