Bertanam Pepaya California di Pekarangan Rumah

daunijo.com- Selain pepaya thailand, pepaya jenis kalifornia menjadi salah satu jenis pepaya favorit akhir-akhir ini. Bentuk buahnya yang tidak terlalu besar dengan rasa yang manis segar membuat pepaya california banyak dipajang di kios-kios buah hingga supermarket. Selain itu daging buahnya yang tebal, pohonnya yang ramping, tidak memakan banyak ruang, dapat berbuah pendek dan usia panen yang lebih singkat membuat daya tarik tersendiri untuk dibudidayakan. Tentu lebih menyenangkan jika bisa memetik pepaya dari pekarangan rumah sendiri.

Pemilihan Bibit Pepaya California
Dari buah pepaya kalifornia yang dibelah diambil biji di bagian tengah untuk dijadikan bibit, katanya sih biji dari bagian tengah pepaya merupakan bibit paling baik untuk bertanam pepaya. Bibit ini kemudian disemai di media campuran tanah, dan pupuk kandang. Jika memiliki persediaan polibag berukuran kecil, bibit bisa langsung ditempatkan di polibag satu-satu agar mudah saat dipindahkan dan kemungkinan hidupnya lebih baik dari pada bibit yang di tanam secara keroyokan dalam satu wadah. Ambil bibit-bibit yang pertumbuhannya baik tidak bengkok-bengkok dan tidak terserang hama.

Ciri Khusus daun Pepaya California
Jika anda ragu tentang jenis pohon pepaya yang anda tanam apakah benar berjenis california, silakan dicari tanda pada daunnya.

ciri-daun-pepaya-california

Pepaya california dewasa memiliki ciri khusus pada daunnya. Tepat di tengah diameter pertemuan urat-urat tulang daun tumbuh tangkai daun kecil beberapa centimeter dan di ujungnya terdapat daun kecil nyaris tegak seperti gambar di atas, seperti berjambul. Tidak terlihat pada semua daun, namun ada tumbuh pada beberapa daunnya.

Dari buahnya, berbentuk lonjong memanjang dengan ukuran tidak begitu besar. Biji buah berjumlah banyak dan berada dalam lubang rongga yang cukup sempit, sehingga daging buah lumayan tebal dan berwarna kemerahan. Rasa buah manis sekali.

Perlunya Pembuatan Lubang Tanam di Pekarangan Berbatu
Jika tanah cukup gembur dan tidak banyak terdapat batu atau kerikil, cukup dengan dibalik-balik pakai cangkul kemudian bisa dibuatkan lubang kecil saja. Tempat penanaman dapat dibuat bedengan agak tinggi jika ingin menanam dalam jumlah yang banyak. Bedengan dapat membuat pertukaran air yang baik sehingga media tanam tidak tergenang. Pepaya yang terlalu banyak air biasanya akan bacek kemudian batangnya busuk.

tanam-pepaya-california
Pepaya california, pekarangan berbatu tanah urug.

Untuk tanah pekarangan dari bekas tanah urug, baik dibuat lubang dulu dengan ukuran sekitar kubus panjang 40 cm atau 50 cm. Kerikil, pecahan genting atau batu-bata yang memenuhi tanah akan  membuat pertumbuhan pepaya yang ditanam tidak bagus. Setelah lubang jadi  bisa ditimbun kembali dengan tanah yang sudah dipisahkan dari barang-barang tadi. Lapisan paling bawah bisa diisi dulu dengan pupuk kandang atau kompos. Baru kemudian tanah gembur dimasukkan ke dalam lubang dan bibit siap ditanam, satu bibit untuk satu lubang.

Pemilihan Lokasi Tanam
Pepaya baik tumbuh pada area dengan panas matahari sepanjang hari. Pepaya yang tumbuh dengan intensitas cahaya cukup dan tanah yang subur lebih cepat berbuah meskipun masih pendek.

pepaya-kalifornia-di-pekarangan
Pepaya California, usia 6 bulan

Lain halnya dengan tanaman pepaya yang ditanam di pekarangan rumah ini. Selain hanya mendapat sinar matahari setengah hari, kompetisi dengan tanaman lain membuatnya cenderung tumbuh tinggi. Pemangkasan sempat dilakukan dua kali untuk mengusahakan tanaman agar dapat berbuah pendek, namun karena kurangnya intensitas sinar matahari dan tanah yang berbatu-batu akhirnya gagal berbuah pendek.

Bunga pepaya mulai muncul saat ketinggian kurang dari 50 cm pada awalnya, namun bunga pepaya baru mulai jadi buah setelah tumbuh tinggi dan berbuah pada ketinggian 1,5 meter dari atas tanah.

Perawatan Tanaman Pepaya
Selain penyiraman, tanaman pepaya perlu pemupukan. Dianjurkan menggunakan pupuk kandang atau kompos agar pepaya tumbuh subur dan berbuah lebat.

Tunas-tunas air yang keluar dari ketiak daun bisa dibuang atau dipangkas agar pertumbuhan tanaman lebih optimal.

Banyak petani pepaya mengaplikasikan pupuk kandang untuk kelebatan buah tanaman dan juga di kebun-kebun budidaya terlihat penggundukkan/penimbunan tanah disekitar pohon dan hasilnya tanaman menjadi lebih subur dan berbuah lebat.

Penjarangan Buah
Agar buah pepaya yang dihasilkan berukuran relatif normal, dapat dilakukan penjarangan buah. Buah yang tumbuh lebih dari satu pada satu tangkai dapat dipilih satu saja yang terbaik. Jika tidak, dua atau tiga buah yang berada pada satu tangkai bersamaan akan tumbuh dengan ukuran kecil.

pepaya-calina-siap-panen

Matang Pertama?
Kurang lebih 8 bulan 10 hari sejak pepaya ini ditanam, semburat warna kuning mulai terlihat pada salah satu buah di deretan paling bawah. Semburat kuning menandakan buah pepaya mulai matang dan tidak lama lagi siap untuk dipanen. Lumayan lama dibandingkan buah pepaya yang ditanam secara profesional di kebun-kebun.

Dimensi
Saat dilakukan penimbangan satu pepaya agak besar mencapai berat 1580 gram sedang satu pepaya kecil hanya 670 gram. Panjang masing-masing 24 dan 25 cm. Ada sekitar 45 buah dari bawah hingga atas yang sudah jadi pada pohon pepaya ini dan antri untuk matang secara bergiliran.  Lumayan banyak meskipun pepaya jenis ini berukuran tidak terlalu besar.

2 thoughts on “Bertanam Pepaya California di Pekarangan Rumah

  1. Petani Pepaya

    kalau pengalaman saya, ada yang 7 bln setelah tanam panen, ada juga di lahan yang berbeda 6 bln 10 hari sudah panen, sebenernya yang paling utama adalah perawatan tanaman pepaya baik pemupukan dan pengendalian hama dan penyakit tanaman, karena pepaya gampang2 susah. apalagi penyebaran penyakit pepaya dimusim penghujan begitu cepat, jadi harus waspada para petani, khususnya penyakit busuk akar.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *