Cara Tanam Kemangi pada Gelas Plastik tanpa Tanah

Tanam kemangi dengan media pot konvensional atau dalam polibag tentu membutuhkan media tanah dan penyiraman rutin. Lupa menyiram alamat tanaman akan merana dan mati, lebih-lebih saat kemarau panjang. Sebagai gantinya, tanaman ini cocok ditanam tanpa media tanah dan siram manual yaitu dengan hidroponik atau akuaponik. Media cukup dengan batu atau bekas genteng rumah, cocok dilakukan di musim kemarau saat tanaman yang mudah tumbuh subur di musim hujan ini sering terlupakan.

Tanam di batu
Dengan model tanam akuaponik, kemangi dapat ditanam pada media batu sekalipun. Tentunya instalasi akuaponik yang dibuat pada kolam ikan harus disiapkan dulu. Banyak model yang bisa dipilih, mulai dari pasang surut di ember-ember, hingga aliran air di pipa-pipa.

Beberapa bibit tanaman kemangi berikut ditanam di instalasi akuaponik pipa air dalam atau DFT (deep flow technique) dengan media kerikil batu zeolit, pecahan genteng dan arang sekam.

bibit-kemangi-akuaponik

Pangkas

Agar kemangi yang ditanam tumbuh dengan banyak cabang dan tidak buru-buru menghasilkan biji, perlu dilakukan pemangkasan. Tanaman ini yang tidak dipangkas akan segera terkonsentrasi pada pembentukan bunga dan biji, hingga tumbuh nglencir tanpa banyak cabang. Apalagi pada media yang terbatas seperti netpot gelas yang dipakai ini.

kemangi-akuaponik-siap-petik

Pecahan gentengnya? Sudah ditimbun dengan lumpur kolam.

Saat batang utama mulai mengeluarkan pucuk yang mengandung bunga, tanaman ini mulai dipangkas. Hasilnya beberapa cabang keluar dari batang utama hingga tanaman menjadi terlihat lebih rimbun. Pangkas kedua dilakukan saat cabang-cabang ini mulai muncul pucuk bunga lagi. Sengaja tidak dipetik dulu untuk melihat bolehkah tanaman dapat lebih rimbun lagi dengan media tanpa tanah dan nutrisi yang terbatas berasal dari aliran air kolam saja.

Tanaman yang dihasilkan memang kecil-kecil, namun dengan jumlah gelas tanam yang banyak, tentunya lumayan juga. Satu pipa 4 meteran dapat dibuat hingga 40 lubang tanam.

Meski hanya mengandalkan nutrisi dari air kolam saja, warna daun kemangi terlihat tumbuh normal tidak jauh beda dengan kemangi tanam di atas tanah. Tentunya dengan satu kelebihan, tidak perlu repot-repot menyirami setiap hari, apalagi buat anda yang super sibuk. Dan satu lagi kelebihan kemangi akuaponik ini dibandingkan kemangi media tanah, yaitu lebih kecil,..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *