Cara Sambung dengan Singkong Karet Model Sisip Samping

daunijo.com- Satu cara sambung antara singkong biasa dengan singkong karet yang bisa dicoba adalah model sisip samping. Pada model ini, singkong biasa sebagai batang bawah diambil batang yang sudah keras sementara entres singkong karet diambil yang masih muda. Persediaan entres muda singkong karet yang bisa menjadi kendala penerapan model sambung ini bisa disiasati dengan penanaman beberapa tanaman singkong karet dengan seringkali membuat perlakuan pemangkasan. Dari hasil perlakuan pemangkasan ini, singkong karet sebagai sumber entres akan bertambah cabang dan rimbun sehingga kekurangan entres pucuk muda singkong karet dapat diatasi.

Alat dan Bahan Praktek
-Batang singkong konsumsi, 25 – 30 cm
-Pucuk muda singkong karet
-Pisau atau cutter yang bersih tajam
-Tali rafia atau plastik
-Pot atau media penyemaian

Langkah kerja
Sediakan satu batang singkong yang biasa dimakan umbinya sebagai calon batang bawah. Batang singkong dipilih yang sehat dan tidak terkena kutu putih. Batang singkong yang telah cukup tua berwarna coklat.

Sediakan juga pucuk yang masih muda dari batang singkong karet. Besarnya batang kurang lebih sedikit lebih besar dari ukuran pensil. Batang muda akan terasa lunak saat diiris dan berwarna hijau. Usahakan kedua bagian yang akan disambung ini sama-sama masih segar dan sehat.

entres-atas-sisip-samping-ketela-karet

Dengan menggunakan pisau yang tipis dan tajam, buat sayatan pada sisi samping batang singkong konsumsi. Sayatan ini berguna untuk mnyelipkan entres pucuk singkong karet.

sayat-samping-batang-karet

Segera pangkal dari entres singkong karet diiris separuh membentuk sudut lancip. Irisan dibuat rata dan tidak bergelombang agar dapat menempel dengan baik pada permukaan sayatan singkong batang bawah.

sayat-entres-samping-singkong-karet

Daun-daun yang ada pada entres batang atas dipotong semua kecuali bagian pucuknya yang disisakan sedikit. Sisa daun yang masih kuncup di bagian atas yang tersisa dibiarkan untuk mempercepat rangsangan pertumbuhan.

sambung-sisip-samping-singkong-karet

Selipkan entres singkong karet ke bagian sayatan pada samping batang singkong tadi. Segera saja sambungan diikat dengan tali rafia atau menggunakan tali plastik.

tali-sisip-samping-singkong-karet

Hasil tali yang baik membuat batang yang telah disambung tidak bergeser atau bergoyang. Segera tanam di tempat persemaian yang telah disediakan. Setelah tumbuh pucuk baru pada sambungan barulah hasil sambung ini dapat dipindahkan ke lahan pertanian atau ke ladang.

sambung-ketela-karet-sisip-samping

Kelebihan
Dibandingkan model sambung miring dengan batang atas dan batang bawah yang sama-sama berusia relatif muda, sambung model ini dinilai memiliki kelebihan. Kelebihan utamanya, batang hasil sambung lebih kuat dan tidak mudah roboh saat terkena angin maupun hujan yang turun deras. Batang atas yang masih cukup muda dalam pertumbuhannya dapat mencengkeram batang bawah lebih kuat dibandingkan batang atas yang sama keras-tuanya dengan batang bawah.

Di lapangan, sambung sayat model ini biasa tanpa penutupan dengan plastik dan sambungan tetap dapat tumbuh dengan baik. Umumnya, praktek ini dilakukan saat musim kemarau sehingga gangguan akibat hujan dapat dicegah. Penutupan dengan plastik dapat dilakukan untuk mencegah sambungan kemasukan air jika dilakukan pada saat musim penghujan.

Untuk memperbesar peluang hidup bibit sambung yang ditanam di area tanam, bibit-bibit ketela sambung ini dapat disemai dulu di tempat khusus. Setelah benar-benar hidup, barulah bibit dipindahkan ke area tanam. Metode ini dapat memperbesar persentase hidup bibit yang ditanam di area, sehingga dapat mengurangi aktivitas penyulaman atau tanam ulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *