Cara Sambung Pucuk Adenium Dua Warna Model Potong Miring

Daunijo.com- Untuk mendapatkan variasi dua warna pada tanaman adenium biasa dilakukan dengan cara okulasi menempel ataupun sambung pucuk. Hasil yang diharapkan adalah satu tanaman adenium yang memiliki dua atau lebih warna. Warna yang banyak beredar di pasar adalah warna merah dengan beberapa variannya dan juga warna putih.

Pada praktek sambung batang adenium ini dilakukan dengan cara potong miring. Selain potong miring ada juga yang melakukan penyambungan dengan teknik potong lurus ataupun potong V. Berikut langkah penyambungan yang dilakukan pada adenium untuk mendapatkan dua warna pada satu pohon.

Bahan dan Alat
Siapkan silet tajam yang bersih, tali plastik atau tali rafia dan kantong plastik bening kecil.

Langkah Sambung Pucuk Adenium
Siapkan dua tanaman yang berbeda warna bunganya, merah dan putih. Dari dua tanaman ini bisa diperoleh dua hasil sambungan sekaligus, yang potongan entres atas adenium merah digabungkan ke adenium warna putih, sementara potongan atas adenium putih dapat disambungkan ke batang bawah adenium warna merah.

Agar sambungan cepat tumbuh, bakal entres atas dapat ditunaskan lebih dulu. Caranya dengan pemangkasan daun atau pemotongan pucuknya. Beberapa lama kemudian akan tumbuh tunas baru. Entres dengan tunas yang masih baru ini yang dijadikan entres atas.

sambung-adenium-batang-atas

Potong entres atas dari adenium putih dengan sudut kemiringan sekitar 45 derajad. Pemotongan sebisa mungkin menghasilkan permukaan sayatan yang rata, bisa disiasati dengan cara pemotongan  sekali sayat saja agar mendapatkan hasil permukaan sayatan yang rata.

adenium-irisan-batang-atas

Berikutnya persiapkan batang bawah dari adenium warna merah. Pilih tanaman yang memiliki jumlah cabang minimal dua sehingga satu akan berbunga putih dan satu lagi untuk bunga merah. Bagian cabang yang akan disambung dipilih yang memiliki diameter sama dengan diameter entres atas agar bisa menempel dengan baik.

sambung-adenium-batang-bawah

Langkah berikutnya segera potong cabang bawah sambungan dari adenium warna merah. Sudut kemiringan dan panjang sayatan disamakan dengan bagian atas tadi 45 derajad.

adenium-irisan-bawah

Langkah berikutnya adalah pengikatan sambungan dengan tali plastik. Pasang entres atas dengan permukaan yang tepat ke batang bawahnya.

sambungan-adenium-ikat-tali

Ikat sambungan melingkar dengan rapat dan berlapis.

tali-pengikat-batang-adenium-sambung

Selesai pengikatan bungkus sambungan dengan plastik.

tutup-plastik-sambung-miring-adenium

Tunggu beberapa minggu untuk mendapatkan hasilnya. Pada sambungan ini cabang sebelah kiri akan berbunga warna merah sementara cabang sebelah kanan akan berbunga warna putih.

adenium-sambung-miring-usia30hari

Hasil sambung pucuk adenium usia 30 hari setelah langkah penyambungan. 4 helai daun baru muncul dan tumbuh membesar, sambungan berhasil dengan baik sesuai harapan. Biarkan dulu tali pengikatnya, kemungkinan masih belum kuat betul untuk dilepaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *