Cara Sambung Kaki pada Tanaman Buah dengan Praktek pada Tanaman Terung

daunijo.com- Untuk membuat sambungan multi kaki pada tanaman buah durian atau kelengkeng, proses menyambung kaki pada tanaman terong ini bisa dijadikan sebagai latihan. Hal yang sama dapat kita lakukan pada tanaman durian atau kelengkeng hingga memiliki tiga atau 4 kaki sekaligus. Setelah sebelumnya berhasil menambahkan satu batang sebagai kaki pada tanaman terung yang ditanam dalam polibag, rencana penambahan kaki baru dilanjutkan. Proses sambung pada terong untuk kaki yang ketiga dilakukan dengan cara yang sama, sambung susu tanpa dilepas. Sambung kaki tiga diawali dengan penanaman tiga bibit terong dalam satu garis.

Proses Penyambungan Kaki Ketiga
Sebelum melakukan proses sambung tambahan kaki, hasil sambungan yang pertama diikat kembali dengan tali. Tidak diikat total seperti awal menyambung karena hanya untuk menjaga agar sambungan tidak goyah atau bergeser lagi.

Setelah ikatan kuat sambungan yang pertama, perempelan daun pada batang tanaman calon kaki dilakukan agar penyambungan berlangsung lebih mudah. Posisi sayatan agar tidak mengganggu sambungan pertama yang belum kuat benar, diambil sedikit di bawah atau di atas sambungan yang pertama. Sayatan dibuat pada kedua buah batang, persis seperti saat penyambungan kaki yang pertama yang telah berhasil lebih dulu dilakukan. Hanya saja proses sedikit lebih susah karena bentuk batang yang tidak simetris dan berbeda kelengkungannya.

sambung-terung-kaki-dua-berhasil
Terong Kaki Dua

Sayatan selesai tinggal dilakukan proses tempel dan pengikatan dengan tali plastik. Kini tanaman terung telah memiliki tiga buah batang, alias berkaki tiga.

sambungan-terung-berkaki-tiga

Perawatan Tanaman Sambung Kaki
Perawatan yang perlu dilakukan selain memperbesar volume media tanam dan pemupukan, pemangkasan tunas-tunas muda yang tumbuh di bawah sambungan secara rutin dilakukan. Pemangkasan berguna untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman di bagian atas area sambungan dan tidak terjadi kompetisi dengan tunas-tunas di bawah sambungan.

sambung-susu-terung-berkaki-tiga
Terong Kaki Tiga

Penerapan pada Tanaman Buah Lain
Proses sambung seperti ini dapat diterapkan pada tanaman buah lain. Jenis buah yang banyak dilakukan penambahan kaki, seperti kelengkeng, durian, srikaya dan juga mangga. Umumnya setelah kaki-kaki yang banyak tersambung dengan baik, batang utama yang berada di tengah bisa dipotong. Praktis penyerapan unsur hara dari tanah melalui kaki-kaki baru yang ditambahkan yang disusun memutar.

durian-berbatang-kaki-tiga
Durian unggul berbatang kaki tiga

Jika proses pada tanaman berbatang lunak seperti terong dan tomat dapat berlangsung cepat, pada tanaman buah yang berbatang keras tentunya diperlukan waktu yang relatif lebih lama. Tingkat keberhasilan penyambungan tentu juga lebih sulit dibandingkan praktek dengan batang tanaman terung ini. Tanaman berbatang kaki banyak selain terpacu pertumbuhan dan buahnya, juga nampak unik dan eksotis untuk tabulampot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *