Cara Sambung Pucuk pada Tanaman Cepokak dan Terung

Sebagaimana telah diketahui cepokak atau terung pipit termasuk suku tanaman terung-terungan. Cepokak yang memiliki usia produksi jauh lebih lama daripada terung membuatnya sering dijadikan batang bawah untuk sambung pucuk dengan tanaman terung.

Sebelumnya pernah dilakukan cara sambung sisip antara terong dengan cepokak. Meskipun sambungan berhasil hidup, pada akhirnya tanaman mati saat dipindahkan. Kemungkinan penyebabnya adalah cepokak hasil setek yang digunakan jadi batang bawah belum memiliki perakaran yang cukup banyak dan kuat.

Batang bawah dari biji
Kembali daunijo mencoba lagi untuk menyambungkan pucuk terong dengan tanaman cepokak. Kali ini batang cepokak yang dijadikan batang bawah berasal dari biji dan tengah tumbuh baik. Kemungkinan hidup saat dipindah ke media yang lain akan lebih besar. Besarnya batang bawah kurang lebih sebesar pensil, cukup ideal untuk disambungkan. Tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar.

Cara Sambung
Sambung pucuk untuk berbagai jenis tanaman pada intinya hampir sama. Anda akan menemukan cara yang sama saat membaca tentang sambung tomat dan terung yang telah berhasil dilakukan sebelumnya.

cepokak-biji-batang-bawah

Siapkan bahan dan alatnya
-Silet cukur tipis yang masih baru
-Tali plastik
-Kantong plastik transparan

Cepokak dalam polibag dipotong kemudian dibelah vertikal. Ketinggian titik potong dapat anda atur sesuai keperluan. Di sini dipotong agak tinggi dengan tujuan agar di bawah sambungan dapat tumbuh tunas lain untuk keperluan sambung pucuk dengan tanaman selain terung, buah kombinasi.

cepokak-sayat-tengah

Persiapkan entres atas dari batang terung yang masih muda seperti gambar di bawah. Entres dapat diambil dari batang utama atau dari tunas cabang terung. Yang penting ukurannya hampir sama atau lebih kecil dari batang bawah cepokak. Pilih entres yang sudah membawa tunas atau daun kuncup.

terung-entres-atas

Di sini diambil tunas dari cabang dengan memotong pucuknya namun menyisakan beberapa bakal tunas yang sudah kelihatan di beberapa ketiak daun. Daun yang berukuran besar dipotong habis saja.

selipkan-terung-cepokak

Entres terung yang sudah disayat runcing model huruf V segera saja susupkan diselipkan ke dalam belahan batang cepokak foto di atas. Ikat dengan tali plastik agar permukaan yang disambung menempel dengan baik.

ikatan-tali-cepokak-terung

Tinggal menunggu hasilnya kurang lebih semingguan, dan jangan lupa untuk menutup bekas sambungan dengan kantong plastik yang transparan.

tutup-plastik-cepokak-pucuk-terung

Titik Air
Biasanya jika entres atas hidup dan mulai terjadi proses fotosintesis atau respirasi, akan muncul titik-titik air menempel di dalam dinding plastik. Jika terjadi seperti itu, kemungkinan sambungan anda berhasil cukup besar.

10 Hari
Saat diperiksa hari kesepuluh dari waktu sambung, tampak dua tunas muda telah bertambah panjang beberapa centimeter. Sambungan telah hidup dan plastik penutup dapat mulai dibuka.

cepokak-sambung-terong-berhasil

Tanaman sambung mulai dikenalkan lagi dengan sinar matahari secara bertahap. Beberapa hari lagi telah dapat ditempatkan di bawah sinar matahari penuh. Ganti polibag atau pot tanaman ini dengan ukuran yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *