Sistem Akuaponik untuk Nutrisi Alternatif Hidroponik

Mencari nutrisi hidroponik yang murah harganya? Banyak pecinta tanaman yang mencoba untuk hidroponik mengeluhkan mahalnya nutrisi untuk tanaman. Apalagi nutrisi-nutrisi yang kelas bagus. Harganya bisa lima kali lipat dari nutrisi dengan kelas di bawahnya untuk volume pekatan yang sama. Salah satu alternatif nutrisi hidroponik yang kiranya biasa dicoba adalah menggunakan nutrisi hidroponik dari bahan organik. Salah satunya melalui sistem akuaponik.

Sayuran Berbuah Ikan
Sistem aquaponik ini menggabungkan budidaya pemeliharaan ikan dengan pemeliharaan tanaman. Singkatnya nutrisi yang diperlukan tanaman akan diambil dari dalam air kolam. Kotoran ikan yang telah terurai dijadikan nutrisi untuk tanaman hidroponik yang ada di dekatnya. Semacam pupuk cair dari bahan organik yang encer. Dengan model akuaponik ini, dua produk diperoleh sekaligus. Sayuran segar dan daging ikan.

Pada prakteknya pengambilan nutrisi dari dalam kolam ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang langsung menempatkan tanaman ke dalam wadah-wadah yang diapungkan ke dalam kolam. Ada lagi yang memompa air dari dalam kolam kemudian dialirkan ke dalam pot-pot tanaman atau jalur perpipaan paralon yang berisi tanaman.

sistem-akuaponik-kolam-lele

Kualitas Air lebih Terjaga

Air yang dipompa ke jalur perpipaan yang berisi tanaman secara otomatis akan tersaring oleh perakaran dan media tanam. Selain itu, untuk lebih mengoptimalkan penyaringan, sistem ini dapat dilengkapi dengan filter air yang dapat ditempatkan di ujung jalur pipa sebelum kemudian masuk lagi ke dalam kolam. Dengan model akuaponik kualitas air lebih terjaga dan dapat meminimalkan pergantian air.

Faktor Penunjang

Beberapa hal yang terkait dengan penerapan model akuaponik ini diantaranya:

-Perbandingan Jumlah Ikan dan Tanaman

Agar hasilnya optimal perlu disesuaikan antara jumlah ikan yang dipelihara dengan jumlah tanaman. Tanaman yang terlalu banyak dengan ikan yang hanya sedikit tentu tidak sebanding. Tanaman akan kekurangan nutrisi dan kurus.

-Sinar Matahari

Penempatan kolam di area yang mendapat sinar matahari sangat diperlukan. Tanaman akan kesulitan berkembang jika kolam ditempat matahari yang terbatas.

-Bakteri Pengurai

Kotoran yang dihasilkan ikan perlu diuraikan dulu sebelum dapat diserap oleh tanaman. Secara alami di dalam kolam tentu sudah terdapat bakteri-bakteri atau mikororganisme pengurai ini. Namun seringkali jumlahnya terlalu sedikit dibandingkan kotoran yang dihasilkan ikan. Tambahan probiotik dapat dilakukan untuk menambah keberadaan makhluk pengurai kotoran ikan ini agar dapat dimanfaatkan tanaman dengan baik.

Pada praktek yang dilakukan oleh blog ini, untuk mikroorganisme pengurai digunakan em4 perikanan yang dilarutkan dalam air kemudian dicampurkan dengan pelet secara rutin setiap kali pemberian pakan. Pemakaian em4 ini selain untuk menguraikan sisa dari kolam, sekaligus menjaga kualitas air agar lebih tahan lama dan tidak terlalu berbau menyengat.

Ragam Model akuaponik

Aneka model yang berkembang untuk akuaponik di antaranya dengan aliran air dalam maupun tipis, rakit apung / floating raft, sistem siram atas, dan sistem pasang surut. Untuk tahap awal baik dicoba dulu yang mudah dan lebih terlihat hasilnya,  aliran air dalam pipa dan tanaman dalam netpot gelas plastik dengan tanaman yang juga mudah, kangkung darat atau selada.

Kerikil berbuah sayur

Media tanam yang digunakan untuk aquaponik ini umumnya digunakan bahan yang sekaligus dapat menyerap dan tempat menempelnya kotoran yang terkandung dalam air. Batu kerikil, pecahan genting, pasir, arang kayu, dan zeolit adalah bahan-bahan yang umum digunakan untuk bertanam secara sistem akuaponik. Dalam beberapa praktek yang pernah dilakukan, arang sekam padi juga bagus sebagai media akuaponik. Beberapa praktisi ada juga yang menggunakan akar pakis untuk media tanam akuaponik ini.

Daun dan Batang Kecil?

Jika hasil yang diperoleh dari model tanam akuaponik diperoleh ukuran atau batang sayuran yang lebih kecil dari media tanah atau hidroponik dengan nutrisi khususnya tentu dapat dimaklumi. Sumber nutrisi utama yang berasal dari sisa pakan dan kotoran ikan tentu tidak selengkap nutrisi hidroponik yang memang dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan tanaman. Jumlah ikan yang dipelihara juga perlu disesuaikan dengan banyaknya sayuran yang ditanam. Namun soal rasa, banyak yang menilai lebih enak sayuran dari hasil akuaponik ini.

Pada praktek tanaman kangkung, sawi dan selada yang pernah dilakukan, ukuran tanaman termasuk bagus dan tidak terlalu kecil. Kuncinya pada jumlah ikan yang cukup banyak.

Bagi anda yang suka berhidroponik dan memiliki kolam ikan, nampaknya sistem ini akan cukup menarik untuk dicoba. Terutama ikan lele. Ikan lele yang banyak gerak membuat nutrisi untuk tanaman tercampur dalam air relatif lebih merata dibandingkan ikan yang hanya banyak bergerak di bagian permukaan air saja. Tidak perlu membeli nutrisi hidroponik, namun perlu membeli pakan ikan.

26 thoughts on “Sistem Akuaponik untuk Nutrisi Alternatif Hidroponik

  1. Erma Vaneps

    terima kasih telah menyajikan sesuatu yang terbaik, dan ini memberikan ide buat kita semua sebuah pelajaran agar kita selalu belajar dari seseorang meskipun orang itu tidak kita kenal, dan sukses selalu buat anda yang telah menginspirasi kita semua!

    http://www.domevanjava.com/

    Reply
    1. Nur Suwanto

      Apakah eceng gondok bisa ditaruh di kolam ikan pada aquaponik gan? Untuk mengurangi kandungan amoniak kotoran ikan. Apakah jg eceng gondok akan menyerap atau mengurangi nutrisi yang di butuhkan tanaman sayurnya gan.. ?
      Makasih pencerahannya…

      Reply
      1. daunijo Post author

        Blm tau scr ilmiahnya mas, tp drpd eceng gondok mgkn lebih manfaat kl sklian dkasih rakit apung untuk tanaman kangkung saja mas.

        Reply
  2. Boestamam

    Menarik. Saya baru saja baca jadi tertarik. Sangat menambah pengetahuan

    Reply
  3. Djaka surojo

    Mau nanya Gan untuk air kolam apa perlu dikuras? dan jumlah ideal tanaman dan jumlah ikan lele berapa untuk ukuran kolam 2 x 4 ? trimakasih Gan.

    Reply
    1. daunijo Post author

      2×4 biasa sy kasih 2000 bibit lele mas, kl jml tanaman sy di tepi2 kolam saja biar lele tetap banyak sinar. Kuras kolam plg kl sortir ikan besar2 sama waktu panen saja

      Reply
  4. afi hasnan

    gan itu klo bikin kolam terpalnya 2 x 4 2000 lele kan apa air nutrisinya ngak papa klo kena sinar matahari

    trus klo mau beli air nutrisi rockwoll sama bibit sayurnya online ada gak mas situsnya apa no hpnya 😀 tolong di balas cepet ya mas soalnya saya tertarik

    Reply
  5. daunijo Post author

    Hrs kena panas mmg utk pertmbhn yg bagus, kl akuaponik ndak pk beli nutrisi mbk lgsg air kolamnya yg jd nutrisi.

    Reply
  6. rudi gunawan

    salam,saya punya 3 fishtank ukuran 1*1 tinggi air 900liter dialirkan ke growbad+floting raft uk 8mtr,sayuran tumbuh tapi daun nya kuning,tolong dibantu untk jumlah ikan berapa,saya pakai ikan nila,terima kasih

    Reply
  7. rudi gunawan

    tolong dibantu,untuk ukuran fishtank 1kali1 tinggi air 900liter jumlah ikan nya berapa?saya pakai ikan nila.sistem dari fishtank dialirkan ke growbed air ditampung naik ke flotingraft turun ke fishtank lagi,efeknya daun kuning sayurnya yg di rakit apung lama tumbuh,terima kasih

    Reply
    1. daunijo Post author

      Nila yg ada berapa ekor mas? Dari referensi yg sy baca utk nila sekitar 50 ekor per meter kubik atau per 1000 liter .

      Reply
    2. Martin

      Sama om, sy fisftank 150x80cm di isi lele 300ekor, air nya sy tanam selada sebanyak 450 titik tanam. Hasilnya tdk maksimal, byk tipburn di daun, saat sy tambah ab mix sedikit, baru ada perubahan, tapi sedikit jg. Kayaknya butuh tambahan treatment deh

      Reply
  8. Achmad

    Mas saya mau buat aquaponik ikanny ikan lele tumbuhanny daun salad. Saya mau nanya kan saya mau mnggunakan cara air ikan leleny mlalui pompa air turun k pipa yamg ada daun saladany. Nah saya mau nanya itu air ikan leleny apakah sdh ada nutrisiny jdi saya ngak bingung lgi mau ngasih nutriny soalny airny udah tercampur dlam air kolam ikanny

    Reply
    1. daunijo Post author

      nutrisinya sudah terkandung di air kolam itu mas, berasal dari sisa2 pakan dan kotoran ikan. Tanamnya dengan gelas2 di pipa atau pakai ember2 kecil mas? kalau ikan lele kayaknya subur nanti.

      Reply
  9. hulaimi

    Bagaimana cara memberikan nutrisi tamblahan pada sayuran yang tidak cukup dari kolam ikan khususnya sistem pipa air mengalir

    Reply
    1. daunijo Post author

      Kl pakai netpot gelas plastik pupuk / kompos bisa ditaruh di 1/3 bagian atas mas.

      Reply
  10. koko

    mas mau tanya kalo ikann di beri tambahan nutrisi ab mik untuk tanaman itu ikan nya mati atau tidak.trima kasih

    Reply
  11. Yuta

    Mau tanya, saya pake aquarium, ikannya juga banyak, tapi yg tumbuh hanya kangkung saja, untuk sawi hanya tumbuh 5cm habis itu udah, ga tumbuh lagi, untuk solusi tersebut bagaimana? Atau dicampur nutrisi (ABmix) di aquarium?

    Trimakasih

    Reply
  12. Danang

    mau tanya boss….air yang di gunakan untuk nutrisi tanaman aquaponik bagusnya di filter biologis dulu apa langsung dari kolam gan…. terimakasih

    Reply
    1. daunijo Post author

      blm pernah pakai filter mas jd ga tau banyak, kalau pengaruh ke air ikannya mgkn lebih bgus difilter dulu ya..

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *