Cara Sambung Tanaman Terung Berkaki Dua seperti Apa Ya?

daunijo.com- Jika tanaman kelengkeng atau durian dapat dibuat hingga berkaki banyak, dengan prinsip yang sama tentunya dapat diterapkan pada tanaman terong. Dengan tambahan kaki pada tanaman kinerja penyerapan unsur hara dari tanah menjadi lebih maksimal. Pada kelengkeng atau durian tambahan kaki ini sering dibuat untuk meningkatkan kinerja pertumbuhan dan buah tanaman menjadi lebih lebat dan besar.

Persiapan Bibit Tanaman Sambung Kaki
Siapkan sebuah polibag berukuran besar, isi dengan dua atau tiga bibit terong. Bibit-bibit ditanam pada satu garis lurus untuk memudahkan proses penyambungan kaki. Ukuran bibit yang disiapkan hendaknya berukuran seragam. Pelihara bibit ini hingga tumbuh perakaran yang kuat dan siap untuk disambungkan kakinya. Bibit yang akan digabungkan dapat pula berasal dari dua polibag yang terpisah, tentunya dengan tingkat kesulitan yang lebih saat melakukan proses sambung.

 Sambung Susu yang tidak Dilepas
Proses penambahan kaki pada tanaman terong ini sebenarnya mirip dengan proses sambung susu pada tanaman. Cara pemotongan atau penyayatan bidang sambung yang dilakukan juga sama. Bedanya hanya jika pada penambahan kaki ini, setelah berhasil penyatuan kedua tanaman baik pohon induk maupun pohon yang disusui tidak ada yang dipotong.

Pada praktek ini tiga bibit terong ditanam dalam satu polibag dan telah tumbuh cukup besar. Tanaman yang ditengah akan dijadikan tanaman induknya sementara tanaman lain adalah calon kakinya.

bibit-terong-kaki-dua

Hilangkan dulu daun-daun yang berdekatan dengan area yang akan disayat agar tidak mengganggu proses. Sayat batang terong yang tengah seperti saat menyayat pada sambung susu. Potong tanaman sebelahnya dengan lebih dulu diukur tingginya dengan cara dimiringkan menyatu dengan batang tengah agar posisinya tepat tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Setelah itu baru dilakukan penyayatan pada kaki.

sambung-susu-terong-dua-kaki

Kedua sayatan kemudian disatukan dan diikat dengan tali. Jika menginginkan kaki tambahan lebih, tanaman yang masih ada dapat dijadikan kaki yang lain. Tentunya diambil bidang sambungan sedikit di sebelah atasnya atau sebelah bawahnya.

terong-dua-kaki

Memacu Pertumbuhan dan Harga Jual Bibit
Sesaat setelah penyambungan. Jika sambungan berhasil, maka tanaman terong yang di tengah memiliki satu kaki tambahan yang dapat membantunya mencari unsur hara dari dalam tanah. Pada tanaman kelengkeng atau durian yang sudah banyak dilakukan orang, penambahan kaki-kaki ini dapat memacu pertumbuhan tanaman. Pertumbuhan yang biasa dicapai dalam waktu 2 atau 2,5 tahun, dengan tambahan kaki-kaki ini pertumbuhan yang sama dapat dicapai dalam waktu 1 tahun saja. Selain itu, bibit dengan tambahan kaki-kaki tentunya akan memiliki harga jual yang lebih tinggi dibanding bibit sambung biasa.

Hasil Penyambungan Kaki Terung
7 hari  sudah sejak proses penambahan kaki dilakukan, hari ini ikatan tali pada sambungan dicoba dibuka untuk melihat hasilnya.

sambung-terung-kaki-dua-berhasil

Terlihat proses penyatuan kedua batang berlangsung dengan baik. Permukaan luka bekas sayatan sudah mulai menutup dan menyatu. Ujung atas dari kaki yang ditambahkan juga tidak terlihat mengering, tetap hijau segar. Sambung terung berkaki dua berhasil dilakukan. Agar tanaman yang telah memiliki dua buah batang bawah ini tumbuh lebih optimal dan tidak sia-sia, sebaiknya segera dipindahkan ke wadah tanam yang lebih besar dengan media lebih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *