Daun Ijo

Ikuti

Panen Kascing Perdana dari Vermicompost Cacing Pheretima Sp

oleh daunijo

Bagikan

Hampir dua bulan lebih sudah atau tepatnya sekitar 65 hari proses pembuatan kompos kascing vermicompost skala rumah tangga yang dilakukan di rumah berlangsung. Sampah rumah tangga berupa sisa-sisa potongan bahan sayur atau kulit buah-buahan dijadikan menu utama untuk cacing-cacing ini. Karena penasaran dengan berapa banyak pertambahan cacing-cacing pheretima ini, hari ini mediapun dibongkar. Selain untuk mengetahui perkembangan cacing, sekalian dilakukan pengambilan kascing untuk pemupukan tanaman.

Naik 61,7%
Dari 60 gram bibit cacing yang ditebarkan untuk proses kompos cacing ini, dalam waktu 65 hari diperoleh bobot massa cacing sekitar 97 gram. Jika dihitung-hitung terjadi penambahan massa sekitar 37 gram atau terjadi kenaikan 61,7% massa. Masih jauh dari perkiraan awal yang diprediksi dapat mencapai penambahan bobot lebih dari 100% sebagaimana banyak diceritakan orang-orang.

Banyak hal yang mungkin masih terlewatkan dari praktek memelihara cacing untuk kompos ini secara ideal. Memang di sini hanya digunakan cara paling sederhana dari pembuatan kompos dengan bantuan cacing. Namun begitu tidaklah mengapa, minimal jumlah cacing yang ada tidak berkurang jumlahnya dan masih dapat digunakan untuk proses vermin composting berikutnya.

Bertambah volume dan berkembangbiak
Pertambahan massa cacing ini, selain memang ukuran bibit cacing yang ditebar bertambah besar seiring waktu juga dipastikan karena terjadinya penambahan individu-individu cacing yang baru. Hal ini terlihat dari banyaknya cacing-cacing yang berukuran kecil-kecil atau anakan cacing. Saking kecilnya masih banyak cacing kecil yang tidak terambil dan masih berada dalam medianya.

vermicompost-siap-panen

Semut hitam dan Curut
Sejauh ini beberapa binatang pengganggu yang sering menyatroni wadah cacing ini adalah tikus cecurut atau curut (celurut). Entah untuk mencari serangga atau tertarik dengan bahan yang ada dalam wadah. Selain itu semut hitam juga senang datang, hingga membuat lubang-lubang di dalam media.

Pengambilan Kascing
Pengambilan kascing dapat dilakukan dengan cukup mudah. Dalam hal ini, yang diambil bukanlah kascingnya tetapi malahan cacingnya. Sisanya itulah kascing meskipun pada praktek ini terlihat masih banyak bercampur dengan bahan-bahan organik yang belum termakan oleh cacing.

panen-cacing-pheretima


Pheretima 65 hari composting.

Sisa-sisa bahan yang bertekstur agak keras dan berukuran besar terlihat masih banyak yang utuh. Kulit pisang yang mengering dan tongkol jagung tampak mendominasi bagian ini. Untuk itu perlu dilakukan proses pengayakan.

Media pengkomposan dapat disaring atau di ayak untuk memisahkan cacing dan medianya. Untuk skala kecil, pengambilan cacing secara manual dapat dilakukan dengan mengambil media sedikit demi sedikit dan memisahkan cacingnya. Tentunya jika anda tidak merasa geli atau jijik dengan cacing. Atau dengan cara lain yaitu memanaskan media di bawah sinar matahari.

pupuk-kascing


Kascing yang telah diayak.

Cacing yang merasa kepanasan akan turun ke lapisan media di bagian bawah. Media di bagian atas yang sudah tidak ada cacingnya sedikit demi sedikit kemudian bisa diambil hingga terakhir cacing menumpuk di lapisan terbawah.

Pupuk Tanaman
Kascing yang sudah diambil ini kemudian dapat dijadikan sebagai pupuk untuk menambah kesuburan media tanam anda, sementara itu kembalikan cacing ke dalam wadah dengan media yang baru untuk melanjutkan proses pengkomposan. Atau,  sisakan sebagian media lama untuk tempat hidup cacing jika media yang baru tidak dimiliki.

Bagikan

Terkait

Latest