Ciri-Ciri Indukan Lele Jantan dan Betina untuk Pemijahan

Pembenihan lele di kolam sendiri tentu dapat mengurangi ongkos biaya produksi ternak ikan lele. Apalagi untuk keperluan jumlah bibit lele yang banyak. Langkah awal dari pembenihan ikan lele dumbo adalah mengenal jenis kelamin indukan. Tanda induk lele jantan atau betina dapat dilihat dari bentuk tubuh dan kepalanya. Sebagian orang yang berpengalaman cukup melihat dari ukuran, bentuk kepala dan bentuk badan induk ikan lele. Biasanya ukuran induk lele jantan lebih kecil namun panjang dibandingkan ukuran induk lele betina.

Tentunya ukuran ini masih kurang pasti,  tidak bisa diprediksi dengan tepat. Tidak tertutup kemungkinan induk yang berjenis kelamin jantan memiliki ukuran yang lebih besar dari yang induk lele betina karena faktor usia yang berbeda.  Ciri yang lebih jelas dan valid dapat dilihat saja di badan lele bagian bawah. Tanda jantan atau betina terdapat di sekitar area lubang pengeluaran dan organ reproduksinya. Dibandingkan jantan betina pada ikan gabus, penentuan jantan betina pada ikan lele jauh lebih mudah. Pada ikan gabus sekilas genital luar jantan dan betina agak mirip.

Induk Lele Betina
Gambar foto di berikut adalah bagian perut indukan lele betina. Terdapat dua buah lubang yang berwarna kemerahan dengan lingkar agak hitam. Lubang yang lebih kecil di bagian depan berfungsi untuk saluran pembuangan kotoran. Lubang yang lebih besar di belakangnya berfungsi untuk reproduksi. Fungsinya untuk jalan keluarnya telur.

indukan-lele-betina-siap-pijah

Ukuran panjang induk lele betina ini dari ujung kepala hingga ujung ekor, hampir sama dengan tinggi drum yang digunakan untuk pemeliharaan lele dalam tong beberapa waktu yang lalu.

Indukan lele betina di atas terlihat memiliki bagian perut yang besar. Saat di pegang tanpa sengaja keluar beberapa telur yang berwarna kuning. Induk lele betina seperti ini perkiraan sudah siap untuk dipijahkan.

Sebagian pembenih dapat mempredikasi induk ikan-ikan mana yang telah siap pijah cukup dengan pengamatan dari atas kolam. Namun dengan kondisi air kolam indukan yang rata-rata keruh, hal ini agak sukar dilakukan pemula kecuali dengan pengurasan air kolam.

Induk Lele Jantan
Jika pada induk lele betina bagian bawah terdapat dua buah lubang, pada induk lele jantan akan terlihat adanya satu buah lubang dan satu buah tonjolan panjang yang runcing ujungnya. Lubang depan untuk buang kotoran, lubang di belakangnya untuk bagian proses reproduksi.

ciri-atau-tanda-induk-lele-jantan

Gampang-gampang Susah
Dari beberapa ekor indukan yang ada di kolam, rencananya akan dicoba untuk mengawinkan ikan lele sendiri. Metode yang dipilih adalah pemijahan yang alami saja, dengan aliran air atau tanpa aliran air. Teori yang datang dari berbagai sumber terlihat cukup mudah dalam mengawinkan indukan lele ini. Sepasang induk lele jantan dan betina yang sudah disiap untuk dikawinkan ditempatkan dalam kolam yang dipersiapkan khusus. Setelah ikan selesai bertelur, kedua induk dipisahkan dari telur-telur agar menetas sendiri. Atau, kakaban yang telah terisi telur-telur ikan lele yang dipindahkan ke kolam khusus yang telah disiapkan untuk penetasan.

induk-lele-dumbo-jantan-dewasa
Induk lele jantan super

Tentu saja praktek di lapangan nanti tidak semudah teori yang sudah ada dan banyak versi pula. Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab kegagalan pembenihan lele, dan dalam hal ini seringkali tidak diketahui dengan pasti pada bagian mana kesalahan yang terjadi sehingga pemijahan atau proses mengawinkan indukan lele menjadi gagal.

Berikut video Cara Membedakan Induk Lele Jantan dan Betina.

2 thoughts on “Ciri-Ciri Indukan Lele Jantan dan Betina untuk Pemijahan

  1. suparman/ arman

    saya ingin mengembangkan usaha kecil-kecilan tetapi belum punya ilmu tentang budi daya ikan lele tentunya menjadi kendala bagi saya rencana usaha mengembangkan ikan lele itu mohon bimbingn dan petunjukkarena saat ini istri saya juga menekuni usaha kuliner rumah makan sederhana yang berlokasi di dalam perkampungan kecil yang aksesnya kota tetapi pedalaman. langkah – langkah apa yang harus kita lakukan demi perkembangan usaha .trima kasih. sekip asri kadipiro solo wisata kampung iklim.

    Reply
  2. BeVko

    Lgsg action gan, bikin kolam tebar bibit. Sementara benih bisa beli dulu saja kl belm bisa memijahkan sendiri.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *