Tanaman Apa Saja yang Cocok untuk Akuaponik?

Berikut ini beberapa gambaran foto hasil bertanam akuaponik yang dilakukan pada kolam budidaya ikan lele dumbo. Kolam ikan berukuran 2 x 4 meter dengan kedalaman air kurang lebih setengah meter dan kepadatan ikan saat awal tebar benih 3000 ekor. Hingga kini jumlah ikan tersisa sekitar ratusan ekor.

11 jenis tanaman berbeda ini ditanam dalam jalur instalasi akuaponik dari pipa pralon dengan menggunakan netpot dari bekas gelas plastik air mineral. Usia tanamanĀ  dan media yang digunakan berbeda-beda.

Kesuburan dan perkembangan tanaman di sini tentu tidak dapat dijadikan acuan, bisa jadi lebih subur saat ditanam di tempat anda.

Kangkung
Ditanam dari biji, langsung disemai dalam netpot yang berisi media pecahan genting tanah liat. Sangat subur. Sudah beberapa kali dipetik daunnya dan makin rimbun.

kangkung-darat-aquaponik

Seledri
Pindah tanam dari semai media tanah, ke media arang sekam akuaponik. Cukup subur.

seledri-aquaponik

Tomat
Pindah tanam dari tanah, media pecahan genting rumah. Kurang begitu subur. Berbuah juga 4 biji. Buah lebih kecil dari tomat sejenis di dalam polibag.

tomat-aquaponik

Bayam Merah
Pindah tanam, media dari pecahan genting hingga arang sekam. Kurang subur.

bayam-merah-aquaponik

Sawi
Pindah tanam, media arang sekam. Cukup subur. Lebih kecil dari sawi hidroponik.

sawi-bakso-aquaponik

Selada hijau
Pindah tanam, media arang sekam. Cukup subur. Apalagi jika ditanam dua batang tiap netpot. Tampilan penuh dan rimbun.

selada-hijau-keriting-aquaponik

Selada Merah
Pindah tanam, media arang sekam. Cukup subur.

selada-merah-aquaponik

Daun Adas
Pindah tanam, media arang sekam. Kurang subur. Tanaman ini biasa ditanam di daerah dataran tinggi atau pegunungan yang berhawa sejuk. Selain untuk sayur, daun adas dapat dibuat keripik atau peyek dengan tampilan cukup menarik.

daun-adas-aquaponik

Cabe Rawit
Media pecahan genting, kurang subur. Lambat beradaptasi dengan media tanam.

cabe-rawit-aquaponik

Cabe Merah
Media pecahan genting, kurang subur. Batang tanaman kecil dan pendek. Sedang berbunga. Tambahan pupuk organik pada media sedikit membantu pertumbuhan tanaman.

cabe-merah-aquaponik

Kemangi
Media tanam dari pecahan genting, kerikil, hingga arang sekam. Cukup subur dengan ukuran batang yang lebih kecil dari kemangi tanam media tanah.
daun-kemangi-aquaponik

Tanaman kangkung terlihat paling subur dan lebat, disusul oleh selada, seledri, sawi. Bayam merah, tomat serta cabe sejauh yang sudah dipraktekkan kurang begitu maksimal hasilnya. Ukuran pohon tomat yang kecil, dengan buah yang sedikit.

Tanaman cabe bahkan belum berbuah dengan pertumbuhan yang lambat. Sementara bayam merah yang biasanya dapat tinggi dan berbatang besar saat di media tanah atau hidroponik abmix, hanya tumbuh pendek dan kurang berdaun.

Selain tanaman yang ada pada daftar di atas, masih banyak jenis lain yang dapat digunakan. Terung, melon, paprika, bayam hijau dapat dicoba dijadikan tambahan tanaman kolam akuaponik. Tanaman lain yang memang banyak hidup di air seperti talas air, kangkung air tentu saja termasuk di dalamnya.

11 thoughts on “Tanaman Apa Saja yang Cocok untuk Akuaponik?

  1. misbah

    Maaf gan mau tanya,,,,bila media tanam nya tanah nanti tidak terkikis kah sama aliran air nya? Trims

    Reply
  2. daunijo Post author

    media tanah sepertinya memang kurang bagus mas, karena sering bikin lubang netpot jadi tersumbat. solusinya mungkin bisa dicoba lubang porinya agak besar dan di beri tutup pecahan genting baru diisi tanah,..pengikisan akan berhenti setelah akar tumbuh banyak.

    Reply
  3. Sony

    Selamat sore boss…. mau tanya kenapa tanaman dgn sistem aquaponik menggunakan paralon dengan media tanam rockwall/gabus/busa sy perhatikan tdk subur…?
    Gmn solusinya spy tanaman tetap subur….?
    Kalo kolam ditambah nutrisi tanaman apa ada efeknya buat ikan….?

    Reply
    1. daunijo Post author

      sore mas,..kl tak salah, salah satu faktornya kepadatan ikannya mas,… mungkin terlalu sedikit ikannya. Untuk tambahan nutrisi biasa dikasih juga, cuman sy biasa yang organik saja, dari kompos daun atau pupuk kandang. untuk media busa saat dipake hidroponikpun kurang maksimal, tapi rockwool lumayan bagus kok.

      Reply
  4. rahmat

    kalau pakcau cocok gak gan, ditanam dengan model aquaponik???

    Reply
  5. daunijo Post author

    Bakchoy, Pakchoy bisa mas

    Reply
  6. yaswendi

    Mas,bisa gk ke dalam pipanya dimasukan juga sedikit pecahan gentengnya,buat biar airnya lebih terfilter,terimakasih.

    Reply
    1. daunijo Post author

      kl filter mgkin baiknya di luar pipa tersendiri saja mas, krn prakteknya sering banyak endapan lumpurnya jd pecahan genteng bs bikin tersumbat,.

      Reply
  7. Dilla

    halo.. kalau aquaponik dg wick system atau model pasang surut kira2 hasilnya sama aja nggak mas?

    Reply
  8. Arbi Syarifudin

    karna ngga smua tanaman cocok dgn sistem NFT mas. cabe dan tomat cocoknya dgn sistem pasang surut. kalau yg sayuran hijau bru NFT dan DWC.

    klo buah2an ga bkal bgus di NFT klo medianya smpit. sdangkan akar mreka dalam dan batangnya tnggi/

    Reply
    1. daunijo Post author

      masuk akal mas Arbi, thanks infonya.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *