Daun Ijo

Ikuti

Tanaman Apa Saja yang Cocok untuk Akuaponik?

Bagikan

Berikut ini beberapa gambaran foto hasil bertanam akuaponik yang dilakukan pada kolam budidaya ikan lele dumbo. Kolam ikan berukuran 2 x 4 meter dengan kedalaman air kurang lebih setengah meter dan kepadatan ikan saat awal tebar benih 3000 ekor. Hingga kini jumlah ikan tersisa sekitar ratusan ekor.

11 jenis tanaman berbeda ini ditanam dalam jalur instalasi akuaponik dari pipa pralon dengan menggunakan netpot dari bekas gelas plastik air mineral. Usia tanaman  dan media yang digunakan berbeda-beda.

Kesuburan dan perkembangan tanaman di sini tentu tidak dapat dijadikan acuan, bisa jadi lebih subur saat ditanam di tempat anda.

Kangkung
Ditanam dari biji, langsung disemai dalam netpot yang berisi media pecahan genting tanah liat. Sangat subur. Sudah beberapa kali dipetik daunnya dan makin rimbun.

kangkung-darat-aquaponik

Seledri
Pindah tanam dari semai media tanah, ke media arang sekam akuaponik. Cukup subur.

seledri-aquaponik

Tomat
Pindah tanam dari tanah, media pecahan genting rumah. Kurang begitu subur. Berbuah juga 4 biji. Buah lebih kecil dari tomat sejenis di dalam polibag.

tomat-aquaponik

Bayam Merah
Pindah tanam, media dari pecahan genting hingga arang sekam. Kurang subur.

bayam-merah-aquaponik

Sawi
Pindah tanam, media arang sekam. Cukup subur. Lebih kecil dari sawi hidroponik.

sawi-bakso-aquaponik

Selada hijau
Pindah tanam, media arang sekam. Cukup subur. Apalagi jika ditanam dua batang tiap netpot. Tampilan penuh dan rimbun.

selada-hijau-keriting-aquaponik

Selada Merah
Pindah tanam, media arang sekam. Cukup subur.

selada-merah-aquaponik

Daun Adas
Pindah tanam, media arang sekam. Kurang subur. Tanaman ini biasa ditanam di daerah dataran tinggi atau pegunungan yang berhawa sejuk. Selain untuk sayur, daun adas dapat dibuat keripik atau peyek dengan tampilan cukup menarik.

daun-adas-aquaponik

Cabe Rawit
Media pecahan genting, kurang subur. Lambat beradaptasi dengan media tanam.

cabe-rawit-aquaponik

Cabe Merah
Media pecahan genting, kurang subur. Batang tanaman kecil dan pendek. Sedang berbunga. Tambahan pupuk organik pada media sedikit membantu pertumbuhan tanaman.

cabe-merah-aquaponik

Kemangi
Media tanam dari pecahan genting, kerikil, hingga arang sekam. Cukup subur dengan ukuran batang yang lebih kecil dari kemangi tanam media tanah.

daun-kemangi-aquaponik

Tanaman kangkung terlihat paling subur dan lebat, disusul oleh selada, seledri, sawi. Bayam merah, tomat serta cabe sejauh yang sudah dipraktekkan kurang begitu maksimal hasilnya. Ukuran pohon tomat yang kecil, dengan buah yang sedikit.

Tanaman cabe bahkan belum berbuah dengan pertumbuhan yang lambat. Sementara bayam merah yang biasanya dapat tinggi dan berbatang besar saat di media tanah atau hidroponik abmix, hanya tumbuh pendek dan kurang berdaun.

Selain tanaman yang ada pada daftar di atas, masih banyak jenis lain yang dapat digunakan. Terung, melon, paprika, bayam hijau dapat dicoba dijadikan tambahan tanaman kolam akuaponik. Tanaman lain yang memang banyak hidup di air seperti talas air, kangkung air tentu saja termasuk di dalamnya.

Bagikan

Terkait

Latest