Contoh Rasio Konversi Pakan atau FCR pada Ikan Gabus Channa striata usia Remaja

daunijo.com_ Rasio konversi pakan pada ikan gabus ternak atau ikan gabus biasa Channa striata short period pada usia dan panjang tertentu.

Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan atau budidaya ikan adalah rasio konversi pakan atau feed conversion ratio (FCR). Semakin bagus nilai FCR semakin sedikit pula biaya yang harus dialokasikan untuk pakan.

Beberapa manfaat dengan dilakukannya uji FCR pada ikan gabus di antaranya untuk mencari benih-benih ikan gabus yang memiliki rasio konversi pakan yang bagus, selain itu secara berkebalikan uji FCR dapat dilakukan untuk mencari pakan-pakan alternatif yang bagus dan murah yang menghasilkan nilai rasio konversi pakan yang baik khususnya untuk ikan gabus.

Berikut ini adalah salah satu contoh uji rasio konversi pakan pada sekelompok ikan gabus remaja, short period saja. Panjang benih yang digunakan adalah 10-12 cm dengan wadah pemeliharaan di kolam gorong-gorong.

Data benih
Ikan gabus jenis Channa striata (Ophiocephalus striatus) jumlah 33 ekor, dengan berat awal 679 gram, panjang awal 10 – 12 cm.

Wadah pemeliharaan
Gorong-gorong tunggal lapis terpal, volume air 250 liter, untuk air digunakan air bersih yang berasal dari sumur gali tanpa persiapan khusus.

Pakan
Disediakan 500 gram pakan kering berbentuk pelet jenis terapung dengan kandungan protein 30-33 %. Pakan diberikan 2-3 kali sehari dalam kondisi kering tanpa dibibis. Pakan 500 gram habis dalam waktu 40 hari.

Pengecekan Rasio Konversi Pakan
Dari penimbangan yang dilakukan sekitar 12 jam setelah pakan terakhir diberikan diperoleh bobot total ikan gabus 957 gram, dengan tidak ditemukan ikan yang mati SR = 100%.

Dengan bobot awal 679 gram, bobot akhir 957 gram, bobot ikan yang mati = 0, bobot pakan 500 gram maka nilai FCR dari sekelompok ikan gabus pada rentang waktu 40 hari pengujian adalah sebagai berikut:

FCR = jumlah pakan yang diberikan : [(bobot akhir ikan + bobot ikan yang mati) – bobot awal ikan]
= 500 : [(957 + 0) – 679]
= 500 : 278
= 1,7986 = 1,8

Demikian salah satu sampel pengujian rasio konversi pakan pada ikan gabus pada rentang waktu tertentu, tentunya variasi kualitas benih, usia ikan dan beberapa faktor yang lain termasuk kandungan protein dan gizi pada pakan dapat memberikan hasil yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *