Hama Kutu Putih pada Tanaman? Gosok Saja dengan Air Sabun

Hama kutu putih atau kutu kecil-kecil berwarna hijau memang menjengkelkan. Cabe, terong atau tomat yang diserang hama ini biasanya akan keriting daunnya dan pertumbuhan menjadi terganggu. Tanaman tetap tumbuh namun susah besar alias kerdil. Produktifitaspun terganggu. Semprot dengan insektisida biasa menjadi pilihan dan jika belum terlambat tanaman akan cepat pulih. Namun jika tanaman anda hanya beberapa biji pot saja dan enggan menggunakan insektisida, cara manual dengan air sabun atau detergen bisa dicoba.

Disukai Semut
Kutu putih memiliki ukuran cukup besar hingga mudah terlihat. Sementara itu kutu hijau berukuran lebih kecil namun tetap terlihat. Kutu hijau yang berukuran lebih besar berwarna kuning dan kehitaman. Kedua hama ini biasanya bersembunyi di daun bagian bawah permukaan atau bersembunyi di dalam daun yang terlipat keriting. Sepertinya kutu-kutu ini tidak suka terkena matahari langsung.

Jika pada tanaman anda mulai banyak semut-semut kecil berdatangan, menjadi pertanda saat hama-hama ini mulai muncul. Semut-semut kecil suka sekali mengerubungi hama-hama ini. Mungkin mereka menghasilkan sesuatu entah cairan atau aroma yang disukai oleh semut, terjadi semacam simbiosis diantara mereka.

Lap dengan Air Sabun
Untuk membasmi hama ini secara manual butuh ketelatenan. Ambil kapas tebal atau kain yang halus kemudian celupkan ke dalam air sabun. Air sabun detergen tidak terlalu pekat, cukup encer saja. Sedikit diperas agar tidak belepotan di tangan. Dengan lap yang mengandung air sabun ini, bersihkan bagian daun-daun atau tempat dimana kutu-kutu bersembunyi. Lakukan beberapa kali hingga semua kutu bersih dari daun.

hama-kutu-putih-dan-hijau

Agar daun tidak sobek atau terluka, lakukan dengan halus dan pelan saja. Setelah itu dengan sprayer semprot bagian-bagian tanaman yang dilap dengan sabun tadi memakai air bersih. Selain membersihkan sisa kutu di daun juga sekaligus membersihkan permukaan daun dari bekas air sabun.

Dalam proses ini tidak semua kutu dapat dibersihkan dengan baik. Sebagian kutu akan terjatuh ke tanah dan kemungkinan akan kembali lagi. Esok hari bisa dicek lagi dan jika masih ada kutu yang menempel di daun, bersihkan kembali.

Takut Cahaya?
Informasi dari sebelah menceritakan cara lain dalam menangani kutu-kutu ini. Dengan asumsi hama ini tidak suka cahaya matahari, pada bagian bawah tanaman diberikan pecahan-pecahan kaca cermin. Pecahan kaca cermin ini berfungsi memantulkan cahaya sinar matahari sehingga bagian bawah daun menjadi terang. Kutu-kutu yang tidak suka cahaya jadi enggan bersarang dan memilih hengkang.

Sebagai ganti pecahan kaca bisa juga diberikan benda lain yang sifatnya memantulkan sinar seperti keping-keping disk atau CD bekas lagu atau film bekas yang tidak terpakai. Permukaan keping CD cukup mengkilap dan dapat memantulkan cahaya.

Hmm,. untuk jumlah satu atau dua pot mungkin patut untuk dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *