Lele dalam Drum Umur 4 Bulan Kepala Besar Badan Kecil

Ikan lele yang dipelihara dalam drum ini sisa panen lele umur 3 bulan kurang lebih sebulan yang lalu. Jumlahnya tidak lebih dari 100 ekor ikan. Kini umurnya telah 4 bulan lebih beberapa hari, dikuras habis air dalam tong untuk panen terakhir.

Kepala Besar Badan Kecil
Dari sekitar 80 ekor ikan, 53 ekor ikan sisa panen ini dapat diperoleh bobot total 6,5 kg berukuran konsumsi. Sisanya 27 ekor masih juga berukuran kecil. Saat dimasukkan ke ember sortir untuk ikan konsumsi, banyak ikan yang tersisa di ember namun tidak layak untuk dijual. Ikan-ikan ini ukuran kepalanya saja yang besar, namun badannya kecil dan pendek. Ikan-ikan lele seperti ini tentunya tidak layak untuk dijual, baik dikonsumsi sendiri saja.

Nampak beberapa ikan dalam gambar kepalanya cukup besar dengan badan kecil kurus dan pendek. Ikan yang seperti itu kemungkinan akibat kurang gizi akibat kurangnya pakan, atau karena kalah kompetisi dengan kawan-kawannya saat diberi pakan. Jika pakan yang diberikan cukup, kemungkinan ikan ini sakit atau cacingan. Jadinya makan jalan terus tapi tak gemuk-gemuk juga,..

lele-drum-sisa-panen-4-bulan

Makin Besar makin tak Enak
Lain dengan kelapa yang makin tua makin bersantan, ikan lele ini katanya makin tua makin berkurang rasa enak dagingnya. Termasuk meski ikan lele yang berukuran super besar dengan bobot 3 atau 4 kg per ekor, soal rasa kalah dengan lele standar ukuran konsumsi usia 2 atau 3 bulan. Baiknya ikan sisa panen tidak dipelihara lagi dan drum bisa dipersiapkan untuk tebar benih yang baru lagi.

lele-drum-sisa-panen-kepala-besar

27 ekor lele sisa panen akhirnya siap-siap masuk dapur penggorengan,..

Rugi?
Sayangnya kebutuhan pakan ikan lele dalam drum untuk selama 4 bulan ini tidak tercatat dengan baik, hingga tidak bisa menghitung untung rugi dari biaya dan hasil jual. Namun dari 3 ribuan ikan-ikan yang dipelihara dalam kolam terpal, masih bisa diperoleh sisa keuntungan meskipun tidak terlalu besar.

Ikan-ikan kolam terpal yang hanya mengandalkan pakan pelet pabrik tanpa pakan tambahan ini, jika dirata-rata untuk 3ribuan ekor,  pada tebar kemarin dapat diperoleh beberapa ratus ribu saja per bulannya. Atau untuk kurun waktu 3 bulan,  masih ada laba sekitar satu koma sekian juta rupiah.

Tentunya pakan alternatif tambahan, jumlah ikan yang cukup banyak, teknik cara pemeliharaan yang lebih bagus, dan harga jual yang lagi tinggi dapat memperbesar keuntungan yang didapat dari usaha ternak ikan lele ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *