Lele dalam Tong Drum Perkembangan Umur 3 Bulan

3 bulan sudah umur ikan lele yang dipelihara dalam wadah drum ini. Seperti 15 hari yang lalu saat dilakukan pengurasan air, juga ditemukan satu kerangka ikan yang mati di dasar drum. Tidak ada perlakuan yang berbeda dari perawatan sebelumnya, hanya saja volume probiotik yang diberikan saat pemberian pakan sedikit ditambah.

15 Hari tidak Ganti Air
Selama 15 hari sejak dikuras untuk pengecekan perkembangan ikan dalam drum ini, belum pernah dilakukan pergantian air secara total.Dalam 15 hari ini baru sekali dilakukan pengurangan dan penambahan volume air sekitar 30% saja.

Nampaknya pengurangan jumlah ikan lele yang dilakukan dua minggu yang lalu atau penambahan sedikit volume probiotik yang diberikan cukup berpengaruh. Meskipun warna air coklat pekat, tidak ada bau yang menyengat yang keluar dari air kolam.

Hasil Berat 3 bulan
Dari 145 ekor ikan yang tersisa, 57 ekor diantaranya telah layak untuk konsumsi dengan berat massa 7 kilogram. Jika dirata-rata, bobot satu ekor ikan telah mencapai 120 gram atau perlu 8 ekor ikan untuk isi satu kilonya. Persentase lele panen dari total jumlahnya sekitar 40%.

lele-drum-umur-3-bulan

Panjang lele-lele konsumsi ini mencapai 25-27 cm. Masih kalah besar dan panjang dari lele dalam kolam terpal yang berusia 2,5 bulan.

88 ekor ikan yang masih kecil dikembalikan lagi ke dalam drum. Beratnya ada sekitar 4 kilogram. Cukup kecil karena rata-rata bobotnya hanya sekitar 45-50 gram saja.

bobot-3-bulan-lele-drum

Total 145 lele budidaya dalam drum umur 3 bulan ini mendapatkan hasil berat 11 kg.

Kelebihan

Dibandingkan lele dalam kolam terpal, ikan-ikan lele yang dipelihara dalam drum ini relatif tidak pernah terkena penyakit dan angka kematian yang sangat kecil. Kemungkinan kematian lele dalam drum ini hanya disebabkan kanibalisame saja bukan karena penyakit. Yang kelihatan mungkin hanya 3-4 ekor saja. Sementara, lele yang dipelihara dalam kolam terpal memiliki angka kematian yang cukup tinggi.

Jumlah yang tidak terlalu banyak dan wadahnya yang kecil memudahkan perawatan dan pemeliharaan. Namun sayangnya, pertumbuhan masih kurang maksimal.

One thought on “Lele dalam Tong Drum Perkembangan Umur 3 Bulan

  1. Jefri

    Mau nanya mas, jadi gemana ya mas cara buat memaksimalkan pertumbuhan ikan lele di drum?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *