Daun Ijo

Ikuti

Meningkatkan Daya Jual dan Hasil Tanaman dengan Teknik Sambung

Bagikan

daunijo.com- Bibit durian dengan harga ratusan ribu itu terlihat unik. Bibit durian dalam pot yang dipajang pada kios tanaman terkenal itu memiliki 3 buah kaki. Sementara itu di tempat terpisah satu tunggul tanaman beringin terlihat memiliki dua jenis daun yang berbeda.

Teknik sambung banyak dilakukan dengan tujuan meningkatkan nilai ekonomis atau nilai jual dari beberapa tanaman. Teknik sambung yang dilakukan berhasil memperbaiki penampilan dan juga memperbaiki kualitas hasil tanaman yang dilakukan proses sambung. Simaklah beberapa komoditas berikut yang membuahkan keuntungan financial dari proses sambung-menyambung ini.

1. Kembang Kertas

Kembang kertas atau bougenville memiliki banyak varian yang bisa dijadikan dalam satu pohon. Semakin banyak jenis bunga yang ada pada satu batang tentu lebih menarik, daya jualnya akan semakin bagus dan meningkat.

Belum lagi tunggul-tunggul kembang kertas yang berbatang besar dengan aneka warna bunga, pemilik rumah-rumah mewah yang dilengkapi taman tentu tidak keberatan membeli dengan harga yang cukup mahal sekalipun.

2) Kaktus

Pernahkah anda melihat tanaman kaktus disambung? Dengan teknik sambung dapat dibuat satu pohon kaktus yang seolah-olah memiliki mahkota bunga di bagian pucuknya.

Kaktus sambungan ini biasa dijual dalam pot-pot kecil dengan tampilan yang lebih menarik. Tanaman sukulen ini akan lebih mudah dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan kaktus polos tanpa grafting.

3) Tanaman buah

Bibit tanaman satu jenis buah yang berasal dari biji dan bibit yang sudah disambung akan memiliki harga yang jauh berbeda. Selain menjanjikan kualitas buah yang telah diketahui bagus, bibit sambung akan berbuah dalam waktu yang lebih cepat.

Tidak mengherankan bila harga jual dan daya jualnya menjadi lebih tinggi. Belum lagi dengan kreasi baru seperti menghadirkan beberapa jenis buah mangga dalam satu pohon, atau tanaman buah durian dan kelengkeng yang memiliki kaki batang yang banyak.

4) Tunggul Bonsai

Tunggul bonsai dari beberapa jenis tanaman seringkali melalui proses sambung sebelum diluncurkan pada pembeli. Selain tunggul bougenville aneka warna, ada tunggul tanaman anting putri dan tunggul beringin aneka jenis untuk peruntukan taman yang dirawat dengan perlakuan sambung.

Penerapan teknik sambung pada tunggul akan membantu tanaman mendapatkan tajuk yang rimbun sesuai rencana yang diharapkan.

5) Singkong

Sambung pada singkong tentu bukan untuk tampilan atau estetika tanaman. Sambung pada singkong dapat meningkatkan volume hasil singkong yang dihasilkan saat panen dengan signifikan. Dengan hasil singkong yang lebih banyak, petani akan memperoleh keuntungan yang lebih besar. Demikian juga dengan pembuat dan penjual bibit singkong sambung ini.

Batang kayu singkong pasca panen yang biasa dijadikan kayu atau limbah saja menjadi bernilai ekonomis jika digunakan untuk proses sambung.

Bagikan

Terkait

Latest