Daun Ijo

Ikuti

15 Pilihan Jenis Tanaman Obat dan Khasiatnya untuk Apotik Hidup

Bagikan

daunijo.com- Dari acara Hari Pangan Sedunia 2016 beberapa waktu yang lampau, salah satunya menampilkan koleksi tanaman-tanaman herbal yang dapat difungsikan sebagai obat.

Aneka tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan ini ditanam langsung diatas tanah dengan areal yang cukup luas dilengkapi dengan label manfaat dan khasiatnya.

Banyak dari jenis tanaman ini secara awam telah diketahui sebagai tanaman obat. Sebagian tanaman lagi lebih banyak dikenal masyarakat awam sebagai tanaman hias saja. Beberapa mungkin dapat dijadikan referensi tambahan untuk koleksi tanaman obat keluarga atau TOGA di rumah.

Berikut koleksi beberapa jenis tanaman obat lengkap dengan manfaat atau khasiatnya dari stand Kementrian Pertanian di HPS 2016.

1. Brojo Lintang
Tanaman dengan nama lain Belamcanda chinensis ini termasuk ke dalam famili Itidaceae. Mengandung khasiat dan kegunaan untuk antipyretik, ekspektoran, batuk, asma, radang amandel, dan nafas berbau. Bagian tanaman yang digunakan adalah akarnya.

2. Prasman
Tanaman ini memiliki nama latin Eupatorium triplinerve dan termasuk ke dalam famili tanaman Compositae. Khasiat dan kegunaan: vermifuga, diare, peluruh keringat, busung lapar dan influenza. Bagian yang digunakan dari tanaman Prasman ini adalah daunnya.

3. Cakar Ayam
Tanaman ini memiliki nama latin Selaginella doederleinii dan termasuk dalam famili tanaman Sellaginelaceae. Khasiat dan manfaatnya untuk penyakit kanker, melancarkan aliran darah, hemostatik, dan antibengkak. Bagian yang dapat dimanfaatkan adalah semua bagian tanaman.

4. Teklan
Teklan atau Eupatorium riparium termasuk ke dalam famili tanaman Compositae. Fungsinya dapat digunakan untuk meliruhkan atau mengeluarkan banyak keringat dari badan. Bagian tanaman yang digunakan adalah daunnya.

5. Sambang Darah Varigata
Tanaman dengan nama latin Excoecaria cochinchinensis ini termasuk ke dalam famili Euphorbiaceae. Dapat diambil manfaatnya untuk batuk darah, obat darah dan disentri. Bagian tanaman yang digunakan adalah daun, ranting dan akar.

6. Nona Makan Sirih
Tanaman dengan nama unik ini memiliki nama latin Clerodendrum thomsoniae dan termasuk di dalam family tanaman Lamiaceae. Bagian daunnya dapat dimanfaatkan untuk radang selaput gendang telinga pada anak-anak.

7. Som Jawa
Tanaman Som Jawa memiliki nama latin Talinum paniculatum. Tanaman yang termasuk famili Portulacaceae ini dapat berkhasiat untuk lemah syahwat, paru-paru lemah dan nyeri lambung. Bagian yang digunakan adalah akar dan daunnya.

8. Nanas Kerang
Tanaman dengan nama latin Rhoeo discolor ini lebih dikenal sebagai salah satu tanaman hias dibanding sebagai tanaman obat. Termasuk dalam famili Commelinaceae. Khasiat dan kegunaan dari nanas kerang ini untuk batuk rejan, mimisan, dan berak darah. Bagian yang digunakan adalah bunga dan daun.

9. Melati
Tanaman hias yang terkenal karena harumnya ini selain banyak digunakan sebagai campuran minum teh dan karangan bunga, ternyata juga bermanfaat untuk influenza, demam, dan susah tidur. Bagian yang digunakan adalah bunga, akar, dan daunnya.

10. Bunga Pukul 8
Tanaman dengan nama latin Turnera subulata ini dapat dimanfaatkan bagian akar dan daunnya. Adapun kegunaannya adalah untuk obat rheumatik, dan asam urat.

11. Frembosen/Rosela
Tanaman ini banyak sekali khasiat dan kegunaannya di antaranya mencegah kanker, hipertensi, melancarkan air seni, melancarkan alian darah, dan mengurangi kadar kolesterol.

12. Tahi Kotok
Tanaman yang memiliki bunga berwarna kuning ini memiliki nama latin Tagetes erecta dari famili tanaman Compositae. Bagian yang digunakan adalah bunganya untuk radang mata, sariwan, dan radang tenggorokan.

13. Beluntas
Tanaman beluntas memiliki nama latin Pluchea indica yang termasuk famili tanaman Compositae. Seluruh bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan. Adapun kegunaannya adalah menghilangkan bau badan dan gangguan pencernaan.

14. Dandang Gendis
Gendis memiliki nama latin Clinacanthus nutans. Tanaman ini tergolong famili Achantaceae. Memiliki kegunaan untuk disentri dan kencing manis. Bagian yang digunakan adalah daunnya.

15. Daun Encok
Tanaman dengan nama latin Plumbago zeylanica ini termasuk famili tanaman Plumbaginaceae. Akar dan herba tanaman ini dapat digunakan khasiatnya untuk nyeri lambung, kurap dan kanker darah.

Bagikan

Terkait

Latest