Menyerbukkan Silang Adenium

Cara penyerbukan adenium. Menyerbukkan bunga adenium dengan tangan. Pada umumnya bunga adenium atau dikenal dengan kamboja jepang ini, tanpa bantuan manusia dapat terjadi penyerbukan secara alami namun tidak terlalu sering terjadi sehingga bunga-bunga adenium kebanyakan akan gugur begitu saja tanpa menghasilkan buah.

Untuk memperbesar kemungkinan bunga adenium menjadi buah dapat dilakukan penyerbukan buatan dengan bantuan manusia. Selain itu penyerbukan buatan dengan mengawinkan induk-induk yang berbeda atau persilangan diharapkan dapat menghasilkan variasi jenis adenium yang baru. Variasi ini dapat dilihat dengan makin banyaknya warna adenium yang berkembang di pasaran.
Sebelum melakukan penyerbukan buatan, ada baiknya mengamati bagian-bagian bunga adenium berikut. Bagian-bagian bunga antara lain mahkota bunga, kelopak bunga, serbuk sari, kepala putik, tangkai putik, bakal buah dan tangkai bunga.

Bakal buah terhubung dengan kepala putik melalui tangkai putik. Kepala putik bunga adenium berada dalam ruang tertutup yang berbentuk kerucut. Tepat diujung ruang kerucut bagian dalam terdapat pollen atau serbuk sari berwarna putih.

bagian-bunga-adenium

Prinsip penyerbukan buatan ini adalah meletakkan meletakkan serbuk sari ke kepala putik pada tanaman. Pada bunga adenium ini yang dilakukan adalah meletakkan pollen atau kumpulan serbuk sari yang berada di ujung kerucut ke suatu area di kepala putik, tepatnya daerah melingkar dibawah kepala.
pengambilan-serbuk-sari

Langkah pertama adalah pengambilan pollen. Bisa dilakukan dengan menggunakan kuas kecil atau dengan bantuan tusuk gigi.

Terlebih dahulu sobek mahkota bunganya dan bagian kerucut dimana pollen berada. Lakukan dengan hati-hati agar pollen adenium tidak terjatuh. Agar lebih mudah gunakan bunga indukan yang lain dan bukan bukan dari bunga yang diserbukkan. Tujuannya agar tidak terlalu banyak goncangan pada bunga yang akan diserbukkan.

menyilangkan-adenium

Oleskan serbuk sari yang telah diperoleh ke kepala putik dengan hati-hati, pastikan di daerah penerima.

area-penyerbukan-bunga-adenium

Daerah penerima pollen posisi tepat dibawah kepala putik, cekungan batas antara kepala putik dan tangkai putik.

lipat-mahkota-bunga

Untuk menjaga bunga dari gangguan luar, terakhir petal bunga dapat anda lipat membentuk area tertutup. Penyerbukan yang berhasil ditandai dengan jatuhnya mahkota bunga dan bakal polong bijiĀ  yang membesar dan tidak mengering.

buah-adenium

Saat tua polong biji adenium ini berbentuk seperti tanduk kerbau yang lurusĀ  panjang dan jika sudah kering polong akan terbuka kemudian biji-biji akan beterbangan ditiup angin, karena biji adenium ini ringan dan memiliki serat-serat halus pada kedua ujungnya sehingga mudah terbang. Karena itu jangan telat waktu panennya. Selain itu banyak ditemukan biji adenium yang mudah menjadi busuk akibat kena air hujan.

Kelebihan tanaman adenium yang disemai dari biji dibandingkan tanaman hasil setek adalah bentuk pokoknya yang bagus, dan bonggol bagian bawahnya bisa menggelembung besar lebih maksimal.

One thought on “Menyerbukkan Silang Adenium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *