Tanam Jeruk Nipis di Pekarangan Rumah

Untuk anda yang tertarik menanam jeruk nipis, berikut gambaran pohon jeruk nipis yang ditanam di pekarangan langsung di tanah. Selain dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, jeruk nipis bisa menjadi pilihan untuk tanaman tabulampot.

Tanaman jeruk nipis ini cukup subur dengan ranting-ranting yang cukup banyak namun tidak terlalu tinggi, bahkan buahnya yang lebat bergelantungan beberapa centimeter saja dari tanah. Buahnya yang hijau bergerombol 3 atau 4 biji tiap kelompoknya dan akan berubah warna menjadi kuning jika sudah matang. Meskipun matang rasanya tetap saja masam atau kecut.

Untuk perbanyakan dapat dilakukan dengan pencangkokan. Jeruk nipis tipe tanpa biji bahkan dapat juga dikembangkan dengan cara setek batang, tinggal tancapkan potongan ranting atau cabang ke dalam tanah atau dalam polibag terlebih dahulu.

pohon-jeruk-nipis
Hasil jeruk yang dipetik dari kebun ini sebagian besar digunakan untuk menanak nasi agar tidak cepat basi. Sebagian lagi untuk obat batuk selain juga untuk mencuci piring lebih mengkilat.

buah-daun-jeruk-nipis

Cangkokan jeruk nipis, baik dilakukan di musim banyak hujan agar tidak payah dalam menyiram. Hasil cangkok biasanya akan langsung berbuah tidak terlalu lama.

cangkokan-jeruk-nipis

Jika sudah tumbuh dengan daun dan perakaran yang kuat dapat anda pindahkan ke tanah atau media yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *