Adenium Arabicum Bonggol Besar

Untuk anda yang menyukai tampilan adenium yang mirip bonsai dan tidak mau repot-repot dalam training ataupun perlakuan-perlakuan khusus agar adenium anda menjadi seperti bonsai, adenium jenis arabicum yang berbonggol besar dapat menjadi pilihan. Cabangnya cenderung menjulang ke atas dengan daun yang tidak terlalu rimbun membuat tampilan bodynya cukup menonjol.

Gambar dibawah memiliki ketinggian sekitar satu setengah meter. Dibandingkan koleganya yaitu adenium obesum, adenium arabicum memiliki kecenderungan batang bawahnya tumbuh melebar. Ini berlaku untuk arabicum dari biji, sedangkan dari hasil setek, batang bawah tidak akan tumbuh melebar.

Untuk jenis tertentu adenium arabikum harganya lebih mahal dari obesum. Dulu pernah beli harganya hampir 1ox lipat dari harga adenium obesum.

gambar-adenium-arabicum-bonggol-besar1

Bonggol batangnya yang lebar diameternya memerlukan pot yang cukup besar. Pot dengan tinggi 40 cm pun belum cukup untuk menampungnya. Perlu pot dengan diamter yang lebih lebar lagi.

gambar-bonggol-adenium-arabikum
Bonggol membesar tanpa perlakuan khusus.

Sebagai perbandingan dapat dilihat adenium obesum bunga putih berikut. Memang dari sisi kerajinannya berbunga, adenium obesum yang ada di pekarangan ini jauh lebih rajin berbunga.

adenium-obesum-bunga1

Kekurangan dari adenium arabicum adalah pertumbuhanya yang relatif lambat, namun terkadang justru ini menjadi kelebihan karena kita menjadi tidak terlalu sering melakukan pemangkasan atau pruning. Selain itu bunganya juga kurang begitu menarik dan tidak terlalu sering muncul dibandingkan jenis obesum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *