Pisang Morosebo untuk Lahan Sempit

Lahan yang sempit tidak akan menghalangi anda untuk menanam pohon pisang. Alih-alih pisang kepok atau pisang raja yang memiliki ketinggian 4 meteran, anda bisa memilih jenis pisang morosebo yang tingginya hanya sekitar satu setengah meteran waktu buah.

Pisang morosebo matang berwarna mentah berwarna hijau tua dan saat matang tetap berwarna hijau namun lebih muda. Satu sisir berukuran sedang dapat berisi lima belasan pisang, yang berukuran besarĀ  bisa mencapai duapuluhan buah. Soal rasa cukup manis, pantas disandingkan dengan penganan atau jajanan kala tamu tiba.

Kekurangan pisang jenis ini adalah harga jualnya yang murah dan daunnya jarang dibutuhkan orang untuk membungkus makanan, ada kemungkinan menimbulkan rasa yang tidak enak pada makanan. Demikian juga dengan jantung pisangnya, tidak enak untuk dijadikan sayur.

pisang-raja-morosebo-matang

Kiri pisang morosebo matang, kanan pisang raja.

Pemilihan Lokasi Tanam
Pada dasarnya pisang morosebo dapat ditanam baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Jika tanah di sekitar rumah dirasa tidak cukup subur maka bantuan pemupukan berupa pupuk kandang atau kompos dapat diberikan untuk pertumbuhan pisang.

Tempat penanaman dapat dipilih di sekitar rumah yang banyak mendapat sinar matahari dengan resapan air yang cukup baik. Jika tanah pekarangan sering tergenang air dalam waktu yang lama, pertumbuhan tanaman akan kurang optimal. Solusinya tempat penanaman dapat dibuat menjadi gundukan tanah yang agak tinggi.

gambar-pisang-morosebo
Penjarangan Anakan
PisangĀ  yang ditanam akan segera membentuk rumpun bahkan sebelum mulai berbuah. Jika panenan sudah berkali-kali, rumpunnya akan terlalu lebat dan besar batang tanaman rata-rata akan mengecil sehingga tandan yang dihasilkan juga kecil. Untuk itu perlu dilakukan penjarangan anakan, disisakan tiga atau empat pohon saja dipilih umur tanaman yang usianya saling berurutan sehingga jika satu tanaman sudah panen, tanaman berikutnya akan segera menyusul.

pisang-morosebo1

Selain penjarangan anakan, daun-daun atau pelepah pisang yang sudah kering dan tidak produktif seyogyanya dibersihkan agar lingkungan sekitar rumah tetap terkesan rapi. Sampah-sampah dari pelepah daun pisang atau batang pisang yang sudah ditebang bisa dikembalikan lagi ke dalam tanah sebagai pupuk hijau.

Pengipukan Bonggol Batang Pisang

Selain pemupukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan batang pisang dapat dilakukan peng”ipuk”an (Bs Jw). Maksudnya batang pisang ditimbun sekelilingnya dengan tanah agak tinggi hingga bonggolnya tidak kelihatan. Pengipukan ini dapat memperbanyak pertumbuhan akar sehingga penyerapan unsur hara lebih tinggi. Imbasnya batang pohon pisang tumbuh lebih besar dan tandan yang dihasilkan juga bisa lebih panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *