Euphorbia Bunga Tahan Lama

Di saat boomingnya tanaman bunga berduri ini dapat laku Rp 150.000 hingga Rp Rp200.000 untuk tiap potnya. Beberapa kolektor bahkan sempat kehilangan tanaman ini dari kebunnya karena menjadi objek  pencurian saking lakunya saat itu, ya itu sekitar tahun 2005 yang lalu saat euphorbia lagi jaya-jayanya.

Tanaman ini banyak disuka selain mudah dikembangkan juga karena bunganya yang tahan lama. Sebuah majalah pertanian melaporkan bahwa bunga euphorbia dapat bertahan tidak rontok dalam 6 hingga sembilan bulan.
Euphorbia tumbuh cenderung lurus ke atas. Sebagian bercabang terutama dari jenis euphorbia bunga kecil.  Tanaman ini selain berduri juga bergetah, konon getah ini dimanfaatkan pengobat jaman dulu sebagai bahan ramuan obat.

Euphorbia memiliki variasi warna cukup banyak. Ada merah, pink, kuning dan putih. Agar rajin berbunga uephorbia menyukai sinar matahari langsung dan media tanam yang porus. Kebanyakan air seringkali menyebabkan busuk akar.

euphorbia-bunga-pink

Perbanyakan paling mudah dengan cara vegetatif yaitu dengan setek batang. Untuk menghindari busuk pada batang yang disetek, beberapa pekebun memotong batang kemudian mengangin-anginkannya semalaman hingga getahnya mengering sebelum di tanam.

euphorbia-bunga-putih-kuning

Satu lagi yang unik dari tanaman ini, dari bunga yang dihasilkannya lama kelamaan  dapat berubah menjadi daun. Benarkah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *