Aneka Cara Bertanam Kangkung di Lahan Sempit

Bertanam kangkung darat di rumah dapat anda lakukan dengan banyak variasi tempat dan media. Untuk skala rumahan lebih efektif jika ditempatkan dalam pot dibandingkan di tanam secara langsung di tanah.

Selain lebih mudah pengontrolan air dan pemupukannya, pilihan pot atau wadah media tanamnya dapat disesuaikan kondisi luas ruang kosong yang dimiliki. Tanaman dalam pot-pot kecil atau polybag juga mudah untuk dipindah-pindah tempat.

Tanam Kangkung dalam Pot Batu-bata
Pot batu-bata seperti ini dapat menampung lebih banyak media dan tanaman namun memakan banyak ruang. Ketinggian tumpukan batu-bata dapat diatur sesuai jumlah media tanam yang akan diisikan.

kangkung-pot-batu-bata

Tanam Kangkung dalam Pot atau Polibag
Untuk rumah dengan lahan sempit dapat dipilih polibag atau pot-pot kecil seperti gambar berikut. Kelebihan tanam kangkung dalam pot-pot kecil adalah mudah dalam perawatan termasuk pemindahan jika sekiranya diperlukan.

kangkung-dalam-pot

Pot kecil horizontal memanjang dapat juga dibuat, tentunya dengan perawatan yang lebih teliti dibandingkan pot besar dengan media tanam yang lebih besar volumenya.

kangkung-horizontal

Tanam Kangkung dalam Pot Gantung
Pilihan pot sistem vertikal atau gantung dengan tiang atau ditempelkan ke dinding tembok dapat menjadi alternatif jika lahan anda sempit.

vertikal-pot

Pot sistem vertikal bisa anda buat dari sisa-sisa bambu kemudian dilubang seperti tempat makanan ayam di kampung-kampung. Pot-pot kemudian ditata rapi model vertikal atau miring terasering untuk menghemat lahan.

pot-vertikal

Dapat juga dibuat dari sisa-sisa papan kayu seperti gambar sebelumnya, tentunya jangan berukuran terlalu besar, susah untuk digantung. Dapat juga dikreasi dari botol-botol bekas minuman yang disusun untuk difungsikan sebagai pot.

Tanam Kangkung Hidroponik
Selain model tanam dengan media tanah atau kompos, model hidroponik dapat dicoba untuk efisiensi ruang yang dimiliki. Tidak perlu lahan yang luas cukup dalam bak-bak plastik atau pipa-pipa pralon. Ketiadaan media tanah dapat diganti dengan media lain seperti rockwool dan arang sekam.

Tanam Kangkung Akuaponik
Untuk memaksimalkan ruang, kangkung dapat ditanam di atas kolam ikan atau langsung di dalam kolam ikan. Sistgem seperti ini terkenal dengan nama sistem akuaponik yang menggabungkan model perikanan dengan pertanian. Selain ikan, sayuran seperti kangkung dapat dihasilkan dari model ini.

Demikian beberapa pilihan cara menanam kangkung pada lahan terbatas yang bisa dilakukan. Model tanam alami dengan bahan-bahan yang ramah lingkungan tetnu menjadi pilihan dan pertimbangan yang bijaksana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *