Merapikan Bakalan Bonsai Asam Jawa

Merapikan bakalan bonsai asam jawa. Bakalan bonsai dalam pot yang akarnya sudah menembus tanah akan cenderung membesar dan tinggi seperti di alam luar. Untuk itu pemangkasan dengan tujuan untuk merapikan dan memperbaiki penampilan perlu dilakukan.

Selain itu ukuran yang tinggi tidak matching dengan pot atau wadah tanamnya sehingga terkesan lucu kecuali jika memang kita ingin mengejar besarnya batang terlebih dahulu sampai ukuran tertentu, tentu tidak menjadi masalah.

Jangan ragu-ragu untuk memotong, karena di tangan ahlinya terkadang pohon asam anda akan dipotong hingga beberapa centimeter saja dari atas media tanah, untuk kemudian ditraining ulang.

bakalan-bonsai-asam-jawa

Disini kita potong kurang lebih 40 cm saja, sambil mengganti media tanah yang sudah terlalu lama tidak diganti.

bonsai-asam-potong1

Karena tanahnya juga diganti maka sebaiknya dihabiskan saja daunnya jangan khawatir tanaman akan mati, asal setelah ditanam ulang letakkan dulu di tempat yang teduh beberapa lama.

bonsai-asam-pruning1

Hasilnya? Tunggu beberapa minggu lagi.

bakalan-bonsai-asam-jadi

 

2 thoughts on “Merapikan Bakalan Bonsai Asam Jawa

  1. Vanesha

    halo om,
    bonsai asam jawa saya habis pruning total terus sy pindah pot ama ganti media.
    sekarang kondisinya hidup ngga mati juga ngga. udah satu bulan lebih belum juga tumbuh tunas baru. Salahnya saya ngga saya taruh ditempat teduh. Apa ini masih bisa diselamatkan? Mohon masukannya biar bisa selamat

    Reply
  2. daunijo Post author

    coba diteduhin dulu tempatnya mas, dulu pernah ganti media juga tp kepanasan akhirnya mati.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *