Pagar Bambu yang Berbuah Labu Waluh

Tanaman waluh termasuk suku labu-labuan yang merupakan tanaman merambat. Anda dapat menanam tanaman ini di pekarangan rumah untuk ornamen sudut rumah atau taman. Karena itu jika anda memiliki pagar bambu di rumah anda bisa sekalian dimanfaatkan untuk menanam waluh agar pagar anda berbuah waluh. Tidak sulit untuk menanam waluh, bibit bisa diperoleh dari waluh yang kita beli di pasar atau langsung pada pak tani.

Jika anda bepergian ke Boyolali kota melalui jalur alternatif yang dari jalur Klaten,  anda dapat membeli waluh di kios-kios pinggir jalan. Selain menjajakan buah khas Boyolali yaitu pepaya, di sana seringkali dijajakan panenan buah waluh ini dengan ukuran-ukuran super. Jika tidak bertemu, artinya tidak sedang musim.

Cara menanam labu waluh adalah diperbanyak dengan bijinya. Biji diambil dari buah yang sudah tua. Setelah disemai, dan muncul beberapa daun, tanaman dapat dipindahkan di tempat yang banyak sinar matahari. Tanaman ini kemudian dibuatkan rambatan dari tali atau bambu. Bisa juga sekedar dirambatkan ke pagar bambu yang sudah ada.

buah-waluh-dewasa

Pertumbuhan pucuk tanaman ini seringkali mencari arah sinar matahari, hingga kadang menjalar kemana-mana untuk itu perlu diarahkan dengan bantuan tali ke tempat rambatan yang sudah dipersiapkan.

tanaman-waluh-muda

Dari pengamatan atas tiga tanaman yang ada, bunga yang dihasilkan tanaman ini ada dua jenis. Bunga yang tidak ada benjolan di bawah mahkota bunganya tidak akan menjadi buah. Satu dari tiga tanaman tadi ada yang hanya memiliki bunga seperti ini, sehingga sampai akhir juga tidak muncul buahnya dan akhirnya ditebang saja.

bunga-waluh-tanpa-bakal-buah

Bunga yang jadi adalah bunga yang menyertakan benjolan bakal biji di tangkainya.

bakal-buah-waluh

Terkadang saking besarnya buah waluh, tangkai buah atau batangnya tidak cukup kuat untuk menahan berat buah hingga patah.  Agar hal itu tidak terjadi bisa ditambahkan tali penopang yang dihubungkan ke tiang bambu atau kayu.

Buah waluh yang masih muda ini dapat dijadikan sayur. Waluh yang sudah tua seringkali dijadikan kolak atau bahan membuat puding atau kue. Biji waluhpun dapat dimanfaatkan untuk dijadikan cemilan semacam kuaci. Buah waluh baik untuk kesehatan karena banyak mengandung serat dan beberapa jenis vitamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *