Perlunya Pagar untuk Ternak Ayam atau Unggas

Ayam yang dibiarkan berkeliaran memang dapat meminimalkan atau mengurangi jumlah pakan yang diberikan. Ayam berkeliaran untuk mencari tambahan makan sendiri di pekarangan rumah bahkan bisa mampir ke pekarangan tetangga. Tentunya hal ini dapat mengganggu kenyamanan tetangga anda karena ayam sering buang kotoran sembarangan dan merusak tanaman-tanaman di pekarangan.

Agar ayam tidak berkeliaran, solusinya adalah dibuat pagar tinggi di sekitar kandang sehingga ruang geraknya terbatas. Pagar bisa dibuat dari bambu setinggi 3 hingga 4 meter. Pagar yang terlalu rendah dapat dilompati ayam dengan mudah karena dia juga punya sayap.

Berikut beberapa alasan perlunya pagar bagi ternak ayam kampung:
-Mencegah Ayam Hilang dan Kabur
Ayam termasuk hewan peliharaan yang mampu mengenali rumah tinggalnya dengan baik. Meskipun seharian berada jauh dari area kandang untuk mencari makan, sore hari akan kembali ke rumah juga untuk tidur dan beristirahat. Namun begitu terkadang ayam-ayam ini karena sesuatu dan lain hal tidak kembali ke kandangnya. Mungkin bergabung dengan kelompok ayam tetangga atau dimangsa hewan-hewan buas. Dengan pagar tinggi seputar kandang ayam tidak akan berkeliaran jauh-jauh dari kandang.

-Meminimalkan Gangguan Hewan Buas
Pemangsa alami ayam kampung di antaranya adalah musang atau garangan. Selain ayam, telur ayam juga sering menjadi sasaran musang. Dengan pagar tinggi dan rapat, musang akan kesulitan untuk masuk. Selain musang, kucing liar kadang suka juga makan anakan ayam. Juga anjing liar yang kelaparan tidak segan-segan makan anakan ayam.

-Menghindari Ayam Berak Sembarangan
Salah satu yang tidak disukai dari ayam adalah kotorannya. Tidak seperti kucing yang menimbun kotorannya dengan tanah, ayam biasa berak sembarangan. Jika tidak diberi pagar ayam yang berkeliaran seringkali berak halaman rumah, di teras rumah bahkan terkadang di dalam rumah. Tentu ini membuat anda dan tamu-tamu anda tidak nyaman juga menambah kerja untuk bersih-bersih kotoran ayam.

kontruksi-pagar-ayam-dari-bambu

-Tenggang Rasa dengan Tetangga
Selain kotoran ayam yang dapat mengganggu tetangga anda, kelakuan ayam sering merusak tanaman di pekarangan. Jika tetangga anda memiliki tanaman-tanaman hias atau sayuran tentu akan merasa jengkel jika sampai rusak oleh ayam anda. Solusinya buat pagar agar ayam anda tidak berkeliaran.

Kontruksi Pagar Ayam Hemat Bambu
Agar pembuatan pagar bambu lebih hemat, buat pagar secara berselang-seling panjang bilah bambunya. Bilah bambu 4 meter dapat dikombinasikan dengan bilah bambu 3 atau 3,5 meter secara berselang-seling.

kontruksi-pagar-hemat-bambu

Kontruksi pagar ayam hemat bambu, panjang-pendek berselang-seling.

Ayam yang masih berukuran kecil meskipun dapat lolos melalui lubang sebelah atas tidak akan dapat naik. Sementara itu ayam yang berukuran cukup besar meskipun dapat naik tidak akan dapat melalui lubang. Pada lubang bawah semua ayam tidak dapat lolos.

Selain pagar bambu, dapat juga dibuat pagar dari kawat besi, jaring atau waring. Tentunya dengan persiapan dana anggaran yang lebih besar dibanding pagar dari bilah bambu.

2 thoughts on “Perlunya Pagar untuk Ternak Ayam atau Unggas

  1. SAMSUDIN

    Artikel yang sangat bagus …
    Ulasan informasi yang disampaikan sangat bermanfaat …
    Terimakasih informasinya min …
    Ditunggu artikel selanjutnya …
    Salam kenal …

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *