Pohon Mirten Bakalan Bonsai Berbunga

Tanaman bonsai akan terlihat lebih menarik jika memiliki bunga atau buah. Salah satu tanaman bakalan bonsai yang mudah untuk berbunga adalah pohon mirten. Jenis tanaman perdu dengan batang tidak terlalu besar ini cukup rajin berbunga meskipun ditempatkan di dalam pot.

Pohon mirten memiliki daun hijau yang nampak kontras antara daun warna hijaunya antara daun muda dan daun tua. Daun berbentuk kecil dan sedikit bergerigi memenuhi ranting-rantingnya yang menjulur dan memanjang.

Batang pohon mirten cukup keras, cocok digunakan untuk tanaman bonsai. Bunganya bermahkota berwarna putih dengan ornamen kuning di salah satu bagian.

bakalan-pohon-mirten

Agar bakalan bonsai mirten tumbuh lebih besar, rajin-rajinlah mengganti media tanam minimal enam bulan sekali. Dengan penggantian media dan pemupukan secara teratur, pohon mirten diharapkan tidak mandeg pertumbuhannya sehingga lebih cepat bertambah besar untuk dijadikan bonsai.

Pilihlah pot yang berukuran agak besar agar bakal bonsai tumbuh dengan optimal. Pot yang kecil akan membuat tanaman menyesuaikan dengan ketersediaan jumlah media tanam, hingga lambat membesar.

bunga-pohon-mirten

Kelebihan tanaman mirten selain bunganya adalah tidak perlu perlakuan khusus untuk menampilkan kesan pohon bonsai. Dipadu dengan bentuk pot yang tepat, bakalan bonsai mirten telah nampak indah dan kelihatan nuansa bonsainya ditunjang dari daunnya yang kecil-kecil dan batangnya yang berwarna coklat, cocok untuk penggemar tanaman semi bonsai yang tidak terlalu mementingkan detail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *