Aneka Ternak Unggas di Pekarangan Rumah

Berbagai jenis unggas termasuk kelompok hewan ternak yang banyak dipelihara orang. Selain pemeliharaan yang relatif mudah, berbagai manfaat dapat diambil dari jenis-jenis unggas ini. Daging, telur, bulu hingga kotoran unggas dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan termasuk untuk membuat kompos, media tanam hingga peternakan ikan.

Berikut ini beberapa unggas yang sering dipelihara orang di daerah pedesaan. Secara umum unggas-unggas ini dapat diberi makanan yang relatif sama, sehingga tidak begitu merepotkan jika ingin memelihara beberapa jenis sekaligus.

Ayam Kampung
Ayam kampung banyak dipelihara orang untuk diambil telurnya. Jamu-jamu tradisional banyak menggunakan telur ayam kampung untuk berbagai ramuan misalnya dicampur dengan madu.

Selain telurnya, bulunya dapat digunakan untuk bahan pembuat kerajinan seperti kemoceng. Kripik ceker adalah produk yang populer dari unggas ini, dan harganyapun cukup mahal.

ayam-kampung

Ayam Ketawa
Ayam ketawa dipelihara orang untuk didengar suaranya seperti orang memelihara berbagai jenis burung. Kokok ayam jantan jenis ini suaranya unik karena menyerupai orang yang tertawa atau orang yang sedang batuk-batuk di ujungnya. Karena itulah dinamakan ayam ketawa.

sepasang-ayamketawa
Sepasang ayam ketawa dewasa.

Bagi penghobi memiliki ayam ketawa yang berkualitas adalah keberuntungan karena harga jualnya menjadi mahal, apalagi jika sering menang di kontes-kontes lomba ayam ketawa yang banyak diadakan.

ayam-ketawa-berkokok
Gambar ayam ketawa sedang berkokok.

Ayam Serama
Ayam serama termasuk jenis ayam hias, jadi tujuan utama pemeliharaan tidak diambil telurnya atau dagingnya. Ciri ayam ini adalah tubuhnya yang mungil dan dada yang membusung jika sedang berjalan. Ayam serama termasuk jenis ayam hias yang juga banyak dilombakan.

sepasang-serama

Ayam Kalkun
Selain untuk hiasan ayam kalkun dapat diambil telur, daging dan juga bulunya. Penampilannya yang jauh lebih besar daripada ayam-ayam lain akan membuat anda sayang untuk menyembelihnya. Pada pagi hari ayam kalkun jantan seringĀ  mengembangkan bulu-bulunya hingga nampak seperti burung merak.

kalkun-jantan

Telur ayam kalkun memiliki ukuran beberapa kali lebih besar dari ayam lain. Ayam ini termasuk unggas yang mau mengerami telurnya sendiri, berbeda dengan ternak bebek yang banyak dititipkan untuk dierami ayam kampung.

kalkun-betina-mengeram

Entok atau Menthok
Unggas berbulu putih bersih ini banyak dipelihara orang untuk diambil dagingnya. Daging mentok banyak dicari orang terutama menjelang hari raya lebaran.

Tidak semua mentok berbulu putih. Terkadang ada juga mentok yang berbulu hitam atau campuran putih dan hitam.

entok

Bebek atau Itik
Selain dengan sistem gembala, itik dapat dipelihara di pekarangan rumah. Tidak perlu juga diberikan kolam untuk itik berenang, cukup dengan persediaan air yang tidak boleh terlambat dan rutin diganti dengan air bersih.

ternak-bebek-pekarangan

Tentunya dengan diberi pagar agar itik anda tidak hilang. Selain diambil telurnya untuk digoreng atau untuk industri rumahan telur asin, aneka olahan daging itik seperti opor bebek, bebek panggang atau bebek goreng siap menanti anda.

Jika anda tidak mau dipusingkan dengan rumput-rumput atau tanaman semak-semak dipekarangan yang selalu tumbuh kembali meskipun sudah berulangkali dibersihkan, peliharalah beberapa unggas ini dengan sistem umbaran tertutup berpagar bambu, niscaya halaman anda akan bersih dari segala jenis rumput-rumputan atau semak-semak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *