Aneka Tanaman Sekitar Rumah Berkhasiat Obat

daunijo.com- Daftar 15 tanaman berkhasiat obat. Banyak tanaman di sekitar rumah yang sengaja ditanam ataupun tidak ternyata memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan dan pengobatan. Beberapa tanaman sengaja ditanam di pekarangan, untuk batas pagar, ornamen taman, atau bahkan tumbuh secara liar. Sayangnya kurangn sekali informasi yang meyakinkan tentang cara penggunaan obat-obat alami. Hal ini membuat banyak yang tidak berani menggunakan meskipun tahu kegunaannya.

Berikut beberapa macam tanaman sekitar rumah yang bisa anda coba untuk tanaman rumah. Hampir semua tanaman di sini mudah untuk ditanam.

1. Tanaman Brotowali
Tanaman brotowali tumbuh merambat dengan ciri batang yang sudah agak tua bergerigi dan daun hijau berbentuk daun cinta. Tanaman ini dapat diperbanyak dengan cara setek batang.

tanaman-brotowali

Tanaman brotowali banyak digunakan untuk industri obat herbal dan dipercaya untuk kelancaran buang air besar dan juga penambah nafsu makan. Banyak obat-obat herbal yang menggunakan bahan tanaman ini.

2. Tanaman Sereh wangi
tanaman-daun-serei

Tanaman sereh termasuk rumput-rumputan yang berbau wangi. Selain untuk membuat minuman dan bumbu masakan, kandungan tanaman ini dipercaya dapat menurunkan demam, memperlancar peredaran darah, memperlancar sistem pencernaan hingga mengatasi beberapa masalah kesehatan yang cukup berat seperti diabetes.

3. Tanaman Kunyit
tanaman-kunir

Kunyit dikembangbiakkan dengan cara menanam rizoma atau rimpangnya.

Selain dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan pewarna alami, kunyit atau kunir ternyata memiliki segudang manfaat. Diantaranya untuk penambah nafsu makan dan penurun panas demam. Selain itu beragam herbal kemasan yang beredar dengan klaim kemampuan kunyit untuk mengobati kanker, mengatasi masalah pencernaan dan banyak lagi penyakit yang lain.

4. Tanaman Jambu Biji
tanaman-jambu-biji

Jambu biji atau jambu kluthuk banyak tumbuh liar di hutan atau di kebun-kebun. Tanaman ini dapat diperbanyak dengan biji, dengan cangkok atau dengan anakan yang tumbuh dari akarnya.

Daun jambu biji biasa digunakan secara turun-temurun untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare atau mencret-mencret.

5. Tanaman Kunir Putih
tanaman-kunir-putih

Kunir putih dipercaya dapat meringankan derita penyakit maag dan lambung. Selain itu kunir putih dapat meningkatkan nafsu makan dan mampu menekan pertumbuhan sel-sel kanker.

6. Tanaman Kelor
daun-kelor-rimbun

Tanaman kelor memiliki daun kecil-kecil berwarna hijau. Dapat menghasilkan polong biji dan cara perkembangbiakannya paling mudah adalah dengan setek batang. Cukup mengambil batang kelor kemudian dipangkas daunnya kemudian tinggal ditancapkan ke dalam tanah.

Produk daun kelor banyak ditawarkan di situs-situs atau toko herbal dalam bentuk kemasan. Olahan herbal daun kelor ini diklaim dapat mengatasi masalah kesehatan yang cukup serius seperti diabetes dan kolesterol. Jika anda memiliki tanaman kelor sendiri di rumah, daunnya yang dikeringkan dapat dijadikan semacam teh untuk minuman, atau dicampurkan untuk diseduh bersama daun teh yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

7. Tanaman Buah Sirsak
tanaman-sirsak

Ekstrak daun sirsak banyak dipercaya dapat memperlancar peredaran darah dan dapat menurunkan tekanan darah. Saat ini banyak kemasan obat herbal yang menggunakan ekstrak daun sirsak sebagai bahan baku.

8. Tanaman Kencur
tanaman-kencur

Tanaman kencur dikembang biakkan dengan rimpangnya. Kencur dalam keseharian digunakan untuk membuat minuman jamu beras kencur yang dipercaya untuk meningkatkan stamina, meredakan sakit kepala, dan untuk diet mengurangi berat badan.

9. Tanaman Binahong
tanaman-binahong

Tanaman binahong tumbuh merambat, karena itu diperlukan ajir atau para-para untuk tempat perambatan jika ingin tumbuh dengan baik. Tanaman ini memiliki daun dan batang yang lunak dapat berbunga, berbiji dan dapat memiliki umbi batang atau rhizoma di dalam tanah. Perkembangbiakan tanaman ini cukup mudah yaitu dengan biji yang dihasilkan atau dengan rimpang atau umbi batangnya.

Tanaman yang berasal dari China ini banyak digunakan sebagai bahan obat herbal. Kapsul ekstrak daun binahong yang banyak beredar menawarkan beberapa khasiat diantaranya berhubungan dengan kesehatan tulang seperti rheumatik, encok dan flu tulang. ginjal, liver, luka dalam dan luar, hingga Selain itu daun binahong dipercaya dapat mengatasi penyakit asam urat.

Ada juga yang menawarkan jamu kapsul binahong untuk mengatasi masalah batu ginjal, liver, luka dalam dan luar, memperlancar peredaran darah dan air seni bahkan untuk menghaluskan kulit dan mengatasi masalah jerawat.

10. Tanaman Daun Dewa
daun-dewa

Dalam keseharian daun dewa dapat digunakan untuk pertolongan pertama pada luka memar atau gigitan serangga. Caranya dengan cara ditumbuk dan dibalutkan pada bagian tubuh yang terkena luka atau memar.

11. Tanaman Jeruk Nipis
buah-jeruk-pecel

Tanaman jeruk nipis dapat dibiakkan dengan biji. Namun kebanyakan orang lebih suka dengan cara cangkok atau okulasi agar lebih cepat berbuah.

Jeruk nipis dalam keseharian sering digunakan untuk meredakan batuk dan menurunkan demam. Selain itu beragam manfaat lain dapat diperoleh dari jeruk nipis karena kandungan vitaminnya dan kandungan asamnya.

12. Tanaman Lidah Buaya
lidah-buaya

Dalam kehidupan sehari-hari lidah buaya sering digunakan untuk mengobati luka. Cukup dengan daging daunnya yang basah dioleskan untuk menutup luka yang diderita, biasanya luka-luka kecil seperti lecet atau terkena benda tajam.

13. Tanaman Jeruk Purut
daun-jeruk-purut

Daun dan buah jeruk purut banyak digunakan untuk keperluan bumbu dapur. Selain itu seduhan buah jeruk purut dipercaya dapat meringankan orang yang sedang menderita influensa.

14. Tanaman Ceplukan
buah-ceplukan

Ciplukan banyak tumbuh liar di pekarangan atau di kebun. Tanaman ini berkembang biak dengan biji, dan karena itu tumbuhnya biasa bergermbol secara berdekatan. Sehari-hari tanaman ini digunakan untuk penyakit batuk. Tanaman ini juga banyak dijadikan bahan obat herbal dan diperjualbelikan dengan klaim dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, darah tinggi dan penyakit paru-paru.

15. Tanaman Buah Pepaya
buahpepaya

Selain sebagai tanaman buah segar dan sayuran, buah pepaya ini dapat mengatasi masalah susah buang air besar atau sembelit. Selain itu jamu daun pepaya dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan, mengatasi hipertensi hingga bahan obat untuk demam berdarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *